Postingan

Menampilkan postingan dari 2008

Kenangan Mourinho

Gambar
Undian Liga Champions yang mengharuskan Mourinho bertemu dengan pasukan The Red Devils sepertinya akan membuka memori dia pada musim 2003-04. Pada saat itu ia sukses membawa Porto, tim yang sama sekali tak diunggulkan menjadi juara Liga Champions. Kebetulan lawan yang dihadapi pada babak 16 besar sama, Manchester United.


Jika tidak ada yang mengunggulkan Porto, salah satu faktornya adalah lawan-lawan yang dihadapi. Di babak penyisihan grup The Dragons bergabung di grup yang realtif berat bersama Real Madrid, Olympique Marseille, dan Partizan Belgrade. Madrid terakhir kali juara pada musim 2001-02 sementara Marseille juara pertama dan terakhir musim 1992-93.

Tanda-tanda Porto tak akan sukses tampak di pertandingan kedua babak penyisihan grup. Di kandang sendiri, mereka takluk 1-3 dari Madrid. Akan tetapi, itu merupakan titik balik kebangkitan Porto. Di pertandingan berikutnya Porto tak terkalahkan dan lolos ke babak knock out sebagai runner up di bawah Madrid. Tapi, Porto tetap dianggap …

Renungan Akhir Tahun

Gambar
Hanya dalam hitungan hari kita akan memperingati dua tahun baru sekaligus. Yakni tahun baru 1430 H dan tahun baru 2009 M. Memang Rasulullah SAW tidak pernah mengajarkan kita untuk merayakan tahun baru sebab setiap hari adalah baru dan kita senantiasa harus memperbaiki diri di setiap harinya. Namun di sini saya akan mencoba mereview kejadian-kejadian penting di tahun 2008 untuk diambil hikmahnya.

Sebagai pemerhati sepak bola, saya akan melihat kejadian sepak bola sepanjang tahun 2008, yang berkaitan dengan BLI dan PSSI, Persib, dan Inter Milan.

Pertama, saya menyoroti BLI. Di sepanjang tahun 2008 BLI makin tak konsisten terutama dalam menentukan jadwal pertandingan. Liga Indonesia 2007 mungkin bisa masuk Guinnes Book of Record sebagai liga terlama di dunia. Bayangkan LI 2007 dimulai tanggal 10 Februari 2007 dan baru berakhir tanggal 10 Februari 2008. Tepat satu tahun! Berikan aplaus saudara-saudara..
Karena itu Indonesia pun gagal mengirimkan wakilnya ke Liga Champions Asia. Kalau dulu ka…

Inter vs MU

Gambar
Perasaan harap-harap cemas dialami para Interisti menjelang pengundian babak 16 besar Liga Champions. Betapa tidak, prestasi Inter di Serie-A dan Liga Champions sangat bertolak belakang. Di Serie A, Inter begitu digdaya menjadi pemuncak klasemen. Namun di Liga Champions, Inter terseok-seok dan harus puas lolos sebagai runner up. Situasi ini memaksa Inter harus siap menghadapi tim yang kuat.

Sebelum pengundian Jose Mourinho berujar, "Kami telah membawa diri kami sendiri dalam situasi ini (sebagai runner up). Kami harus siap menghadapi Barca, MU, atau klub sekaliber itu."
Dan akhirnya pengundian pun dilakukan.. dan eng ing eng.. (musik tegang dong)..
Inter harus berhadapan dengan juara bertahan Manchester United.. Wow... Inter akan menghadapi MU di Giuseppe Meazza tanggal 24 Februari 2009 dan akan melawat ke Old Trafford tanggal 11 Maret 2009.


MySpace Countdowns


Sebenarnya Inter tak perlu takut menghadapi MU. Inter punya sosok Jose Mourinho yang sudah sering bertemu dengan Ferguson…

Viral Linking Tag

Gambar
I've got this Viral Linking TAG from my brother, GojiGeje. he says that this is some kind of virus... he mean it's spreading fast like a virus! Wow.... and he says that her friends got PR 2 in less than 3 months! Hmm very interesting... so i decided to join this Viral Link TAG and i will pass this along too.
{Start Copy Here}
Rules:
1. Copy paste from {Start Copy Here} to {End Copy Here}
2. Please link back to the person who tagged you and PASS this tag to many of your friends
3. If you have more than one blog, please post this to all of your blogs, the more the merrier.
4. The use of NO FOLLOW on links is not allowed, Let's all be fair!
5. Remember to come back here at JENNY TALKS (pls don't change this link) and leave the exact post url so I can add you to the master list to help increase our rankings and improve our Technorati Authority.
6. Spread the virus.. oooopps I mean the VIRAL LINKING and happy blogging!BLOGGERS:#1. Scraps & Shots#2. Simply Jen3. This and That 4…

Sang Jagoan Lokal (dimuat di Soccer)

Gambar
Ada komentar di shoutmix dari steve, bunyinya begini, hi inter bisa juara g di lc? ulas dong
Okay, sebagai penulis blog yang baik dan ingin memuaskan pembacanya saya ingin mengulas tersebut. Tapi berhubung lagi sibuk, dipending dulu yah tulisannya. Sibuk nih jadi panitia POSTER (osjurnya manajemen komunikasi), tiap hari meriksain tugas peserta terus. Sampai malam segala, kemaren mah ijin mo nonton Persib. tapi cuman menang 2-1 euy, bahaya pas tanding di dels serdang..

okay langsung aja dah.. serius sekarang mah.. mau bahas tentang jagoan lokal.. tulisannya udah aku buat sebelum osjur.


(dimuat di Loudest Voice Tabloid Soccer No 24/1X, 20 Desember 2008)

Kompetisi Liga Champions memang selalu berlangsung ketat. Butuh mental juara dan mental baja untuk memenangkan kompetisi ini. Walaupun tim bertabur bintang belum menjamin dapat meraih gelar juara.

Ada banyak klub yang begitu merajai di kompetisi domestik dalam beberapa musim terakhir. Namun kerap kali kesulitan jika bertanding di Liga Cham…

Jadwal Persib Berubah Deui!!!

Fiuh... ga nyangka nih artikel saya sebelumnya ternyata memancing keributan saudara-saudara.. membuat panas suasana.. buat mendinginkan suasana mari kita beralih dari Roma menuju kutub utara.. kan dingin tuh.. hehe..

Enggak lah.. mending bwt artikel baru aja deh. Kita balik lagi ke dalam negeri aja. Pusing amat mikirin sepak bola luar..Agak sedikit kontroversi juga nih. Mengenai Badan Liga Indonesia (BLI).

Cape deh..!! Hmm.. entah apa yang ada dalam pikiran para petinggi Badan Liga Indonesia (BLI). Mereka sepertinya memilki hobi mengubah jadwal pertandingan. Belum genap seminggu BLI membuat keputusan aneh mengubah jadwal Persib, jadwal sudah berubah lagi. Di jadwal sebelumnya, Persib baru bertanding tanggal 31 Januari di kandang Persita. Di jadwal baru Persib harus melakukan partai kandang tanggal 3 Januari melawan Persiba dan 10 Januari melawan PKT.


Menurut saya jadwal kali ini sangat merugikan PERSIB. Persib mempunyai dua kali jeda yang cukup panjang. Setelah tanding melwan PKT (10/1)…

Sang Penakluk Olimpico

Gambar
Setelah minggu lalu saya ajak pembaca kumaha anjeun berjalan-jalan ke kota Milan, kali ini saya akan pergi beberapa kilometer dari kota Milan. Ibukota Italia yang terkenal dengan Colosseum-nya, Roma. (enak yah jalan-jalan terus.. hehe..)

Di Roma terdapat dua klub yang bermarkas di Stadion Olimpico, yakni AS ROMA dan LAZIO. Meski secara prestasi duo Roma masih tertinggal jauh dari duo Milan, harus saya akui Stadion Olimpico Roma sedikit lebih megah dibandingkan Giuseppe Meazza. Stadion Olimpico terkenal angker dan sulit ditaklukkan oleh lawan-lawannya. Terbukti, Chelsea yang bermaterikan tim-tim kelas satu dipaksa menyerah oleh AS ROMA 3-1.

Namun ternyata keangkeran Stadion Olimpico tak berlaku bagi para pemain Inter. Musim ini melawan dua tim asal ibukota (Roma dan Lazio) di Olimpico Inter sanggup melesakkan 7 gol dan tanpa kemasukan satu gol pun. Serigala Roma dibuat tak berkutik lewat empat gol dari pemain La Beneamata. Pasukan ular Inter terbukti masih ganas setelah semalam menghancu…

Jalan-jalan ke Kota Milan

Gambar
Hmmm.. hari Minggu gini enaknya jalan-jalan yah.. Tapi ke mana yah? Masa ke kebun binatang? Hoho.. kalau saja aku punya pintu ajaibnya Dora Emon maka hari ini aku akan membuka pintu ajaib dan pergi ke kota Milan. Kota di mana terdapat dua klub yang memiliki sejarah besar dan segudang prestasi, AC Milan dan Inter Milan. Tak lupa aku akan mengajak Shizuka.. (lho..??)

Roma boleh saja menjadi ibukota Italia,tapi bicara sepakbola, Italia punya ibukotanya tersendiri dan dunia pun mengakuinya.Tak berlebihan jika menyebut Milan sebagai Ibukotanya sepakbola Italia. Atmosfir sepakbola sangat terasa di kota ini. Dari yang muda sampai yang tua setiap pekannya selalu sibuk membicarakan tim asal kota ini. Inter dan AC Milan. Dua klub ini mempunyai prestasi dan jumlah fans yang sama besar. Tidak seperti di Manchester, orang tentu lebih mengenal Manchester United dibandingkan Manchester City. Atau di Madrid, prestasi Atletico Madrid dan Real Madrid sangat berbeda jauh. Ga usah jauh-jauh deh. Di Bandun…

Selebrasi Sujud Ala Muntari

Gambar
Inter akhirnya sanggup mempermalukan musuh besarnya Juventus di Stadion Giuseppe Meazza (22/11). Gol semata wayang dari Sulley Ali Muntari menyambut umpan Ibrahimovic sanggup menamatkan perlawanan Si Nyonya Tua di Stadion Giuseppe Meazza yang dipadati oleh 76.000 penonton. Muntari yang direkrut Inter Milan dari Portsmouth awal musim ini dengan kontrak empat tahun senilai €16 juta sanggup membuat Interisti tersenyum.

Malam itu Inter memang tampil luar biasa. Beberapa peluang berhasil dibuat oleh Javier Zanetti dan kawan-kawan. Dapat terlihat dari shoot on goal Inter membuat 9 dan Juve hanya 2. Jika saja kiper Juventus Manninger tidak tampil luar biasa mungkin Inter bisa unggul lebih dari satu gol. Beberapa kali ia mementahkan peluang emas yang dimiliki oleh para pemain Inter.

Hal yang cukup menarik setelah mencetak gol Muntari langsung melakukan sujud syukur. Subhanallah, luar biasa sekali bisa melihat pemandangan seperti itu di Eropa. Muntari memang salah satu pemain Muslim yang dimilik…

Mengintip Peluang Persib di Putaran Kedua

Gambar
Hasil imbang 1-1 di Makassar melawan PSM (15/11) menjadi penutup pertandingan Persib di putaran pertama. Dengan hasil tersebut di paruh musim ini Persib menempati posisi kelima dengan poin 31, terpaut 8 poin dengan sang juara paruh musim, Persipura Jayapura. Klasemen lengkap ISL putaran pertama klik di sini. Persib telah mengalami empat kekalahan musim ini. Uniknya, empat tim yang berada di atas Persib, yakni Persipura, Persija, Persiwa, dan Sriwijaya adalah tim-tim yang sanggup menaklukkan Persib di putaran pertama.

Persib mengawali musim ini dengan start yang kurang begitu bagus. Meski sempat memimpin di pekan pertama setelah dengan spektakuler menaklukkan Persela 5-2, Persib justru mengalami tiga kekalahan beruntun. Persib pun terpuruk di papan tengah. Untunglah Persib sanggup bangkit dengan meraih tiga kemenangan beruntun sebelum kembali takluk dari Sriwijaya FC (9/9).

Ternyata kekalahan dari Sriwijaya FC itu menjadi kekalahan terakhir Persib di putaran pertama ini. Setelah itu laju…

Derby d'Italia

Gambar
Setelah menang dengan susah payah melawan Udinese (9/11), Inter kembali menjadi capolista. Setelah ini Inter akan diuji kemapanannya sebagai pemuncak klasemen saat menghadapi Palermo (15/11). Akhirnya Inter sanggup mempertahankan posisi puncak setelah membungkam Palermo 2-0 lewat 2 gol Zlatan Ibrahimovic. Namun ujian sesungguhnya ialah pertandingan melawan rival abadi, Juventus (22/11). Kebetulan Juventus berada dalam tren postitif setelah sempat terpuruk di awal musim. Madrid dapat dikalahkan di Santiago Bernabeu. Terakhir (13/11), Genoa pun ditekuk dengan skor 4-1.


Inter vs Juventus, selalu menarik dan dinantikan


Selalu ada drama menarik dalam pertandingan ini

Sebuah rivalitas yang sudah mengakar dan memiliki sejarah panjang.. Walaupun bukan derby tensi pertandingan ini kerap lebih panas dari pertandingan derby dan sering disebut sebagai Derby d'Italia. (sumber ada di Soccerseries Inter Milan)

Siapa yang tak tahu kalau rival besar Inter bukan hanya AC Milan. Inter masih punya lawa…

Mushola di Jalak Memprihatinkan

Gambar
Hari Sabtu (8/11) saya bersama 3 orang kawan saya menyaksikan pertandingan Persib vs Persita di Stadion si Jalak Harupat, Soreang. Pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan Persib dengan skor 2-0. Gol kemenangan Persib diciptakan oleh Nova "Ngesot" Arianto menit ke-19 dan Hilton Morreira menit ke-26. Gol-golnya keren-keren lah.. kelas dunia euy.. heehe.
Dengan hasil ini Persib pun naik ke posisi 5, dengan menyisakan satu pertandingan melawan PSM di Makassar (15/11).


Menang deui euy..!!


Mau shalat harus pake koran euy

Saya menonton di tribun timur. Ada yang berbeda kali ini. Tiketnya pakai e-card euy. Inovasi baru. Udah diterapkan sih sejak lawan Persijap. Namun harganya jadi sedikit naik. Mungkin itu yang membuat tribun di samping barat terlihat lengang. Kalo di timur sih penuh. Selain itu pertandingan ini pun disiarkan langsung oleh antv, mungkin itu yang membuat bobotoh sedikit "hoream" datang ke stadion. Berbeda saat pertandingan melawan Pelita Jaya yang begitu pen…

Skuad Muslim Best XI

Gambar
Saat ini pemain-pemain Muslim di Eropa sudah cukup banyak. Pebola Muslim di Eropa kini selain para imigran dari negara-negara Muslim, juga dari penduduk Eropa yang berpindah agama menjadi mualaf. Di Piala Eropa 2008 tercatat makin banyak pemain Muslim yang berkiprah. Piala Eropa kali ini mencatat rekor sebagai Piala Eropa dengan pemain Muslim terbanyak. Bahkan di skuad Prancis tercatat ada sembilan pemain Muslim. Salah satunya adalah Franck Ribery.

Frank Ribery terlihat berdoa sebelum bertanding

“Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam dan di luar lapangan sepakbola. Saya mengalami kehidupan yang cukup keras dan saya harus menemukan sesuatu yang membawa saya pada keselamatan. Hingga kemudian saya menemukan Islam,” kata Ribery.

Kita bisa menyusun sebuah skuad luar biasa dengan seluruh pemain Muslim. Berikut ini adalah skuad pemain-pemain Muslim dengan formasi 4-3-3:

Goalkeeper: Rustu Recber (Besiktas)

Defenders: Eric Abidal (Barcelona), Lilian Thuram (Barcelona), Kolo Toure (Arsenal), Kh…

INTER = PERSIB

Gambar
Sebagai orang Bandung cinta pada Persib tentunya ibarat, “Love at a first sight”, cinta pada pandangan pertama. Sulit digambarkan dengan kata-kata. Perasaan cinta dan kebanggaan saya terhadap pesona sang Maung Bandung lahir dengan sendirinya. Tak bisa hidup tanpa Persib, bukan suatu ungkapan yang berlebihan. Karena tanpa Persib, saya tak mungkin bertemu dengan teman-teman baru yang luar biasa. Tak bisa menulis artikel ini, dan tentunya tak mungkin membuat blog semenarik ini.. hehe..
Nah lalu apa yang membuat saya begitu cinta pada Inter? Tentu bukan karena pertalian darah, sebab saya tak memiliki keturunan Italia. Saya melihat Inter dan Persib memiliki banyak kesamaan, sehingga tertarik menjodohkan mereka.
Musim ini bahkan terlihat sangat nyata bahwa Inter dan Persib benar-benar mirip. Terutama setelah kehadiran Pelita Jaya. Inter memiliki rival sekota berwarna merah yang menggunakan nama kota yakni AC Milan. Persib pun memiliki tim sekota berwarna merah yang menggunakan nama propinsi y…

Ada Apa dengan Antv??

Gambar
“ANTV memang tdk adil. Jelas-jelas hari Kamis tuh gk ada siaran ISL. Tapi, kenapa pas persija main ditayangkan? Apa mw km Antv? Ini membuktikan kalau Antv memang stasiun TV nya Persija”

Keluhan tersebut merupakan keluhan seorang bobotoh di Rubrik “Apa Kata Bobotoh” harian Tribun Jabar. Berbagai SMS seringkali mengeluhkan kinerja antv yang tak jua mau menyiarkan Persib. Bukan hanya di Tribun, di setiap percakapan, obrolan, bobotoh sering mempertanyakan keprofesionalitasan stasiun swasta tersebut dalam menyiarkan ISL. Antv seolah memboikot setiap kali Persib bertanding.

Tindakan “aneh” Antv tersebut dimulai saat Persib akan menjamu PSIS dan Pelita Jaya di Stadion Si Jalak Harupat. Jauh hari sebelum pertandingan pihak Antv sudah berjanji akan menyiarkan kedua pertandingan tersebut. Namun hanya selang sehari sebelum Persib vs PSIS pihak Antv secara tiba-tiba batal menyiarkan kedua pertadingan tersebut.

Pertandingan Persib vs PSIS batal disiarkan karena Antv lebih memilih “anak emasnya” Persi…

Ibrahimovic dan Status Muslimnya

Gambar
Seorang pesulap biasanya mempunyai mantra. Dan kebanyakan sebelum melakukan aksinya pesulap identik dengan, “Abrakadabra”, membuat sesuatu yang sulit diterima akal sehat dapat terjadi dengan trik-trik khusus. Beruntung, Inter pun memiliki “pesulap” itu. Sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi gol disulap menjadi gol yang luar biasa. Mantranya adalah, “IBRAKADABRA!” Dan aktornya adalah Zlatan Ibrahimovic.

Aksinya di lapangan sungguh luar biasa dan kerap sulit diduga. Namun, ada yang kerap mengganjal dari penggemar Ibrahimovic. Apakah Ibra seorang Muslim? Yup, berbeda dengan pebola Muslim lainnya seperti Frederick Kanoute atau Franck Ribery, status Islam Ibra jarang terdengar.

Ibra dilahirkan di Malmo, kota terbesar ketiga di Swedia setelah Stockholm dan Gothenburg, 3 Oktober 1981. Kedua orangtuanya bukan warga asli Swedia, melainkan pasangan imigran yang berbeda Negara. Ayahnya yang bernama Sefik adalah imigran asal Bijeljina, Bosnia. Sedangkan sang ibu yang bernama Jurka lahir di Zad…

Persib di Jalak Harupat

Gambar
Saya kan langganan Koran Tribun Jabar. Koran Tribun nih beritanya Persib bangets lah. Pokona mah hampir separuh isi Koran isinya tentang Persib. Makanya saya gak pernah ketinggalan berita Persib. Murah lagi, harganya cuma 1000 perak.

Eh kok jadi promosiin Tribun yah? Hohoho.. Di Tribun, Jumat 19 Oktober saya menemukan berita menggemparkan. Bukan, bukan berita bayi yang tewas gara-gara gantung diri, atau kucing yang tiba-tiba bersuara kuda (emang bisa yah.. hoho). Di halaman depan tribun saya membaca berita Persib. Katanya Persib akan memainkan laga sisa musim ini di Jalak Harupat.

Wah..wah.. sayang banget kan ada Stadion Siliwangi nganggur ga dipake. Masalahnya saya teh rumahnya di Ujung Berung tea, jauh ka mana-mana. Ke siliwangi aja saya butuh waktu satu jam, apalagi ke jalak harupat. Pengalaman saya ke stadion yang terletak di Soreang itu bisa memakan waktu 3 jam! Beneran loh.. wah.. wah saya ke Jakarta aja waktu itu naik travel cuman makan waktu 2 jam. Berarti lebih jauh dari Jakart…

Sensasi Para Debutan

Gambar
Bayangkan situasi berikut. Anda ditunjuk untuk mengikuti lomba pidato oleh instansi/perusahaan Anda. Walupun, Anda sudah sering berpidato, itu adalah kali pertama Anda mengikuti sebuah kompetisi alias masih debutan. Berbeda dengan para peserta lain yang sudah mengikuti berkali-kali kompetisi sejenis, bahkan beberapa di antaranya sudah meraih piala. Bagaimana perasaan Anda? Wah, tentunya tegang dong melihat para pesaing yang sudah memiliki nama besar.
Sebenarnya sikap seperti itu harus dihilangkan. Kita harus berpikir, “walaupun masih baru di sini saya yakin bisa, saya yakin pada kemampuan saya.” Kita harus mencontoh empat klub debutan di Liga Champions musim ini yang sanggup merepotkan, bahkan mengalahkan tim-tim yang memiliki nama besar.
Pastinya klub-klub ini masih asing di telinga kita: CFR Cluj, Anarthosis Famagusta, BATE Borisov, dan Aab Aalborg. Saya aja bingung, itu teh klub sepak bola atau nama makanan yah? hehe.. Ah, palingan jadi korban pembantaian, pasti banyak yang mikir beg…