Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2008

Siliwangi Memerah!!!

Gambar
Stadion Siliwangi Bandung, stadion yang identik dengan markas Persib Bandung ini selalu menjadi lautan biru setiap Persib bertanding. Namun, yang terjadi pada hari Jumat (25/4) lain dari biasanya. Siliwangi memerah! Apa gerangan yang terjadi? Apakah bobotoh ganti mendukung PSM Makassar yang berwarna merah? Atau ada AC Milan? Bukan, pada hari itu Siliwangi kedatangan timnas Indonesia yang akan bertanding melawan timnas Yaman.

Hari Jumat, hari untuk shalat Jumat. Ini yang menjadi dilema. Bagaimana shalat asharnya sedangkan pada pukul 14.00 stadion sudah penuh sesak? Shalat jumat tak bisa dijama dengan shalat ashar, berbeda dengan shalat dzuhur. Yah sudahlah, daripada tidak shalat saya menjama shalat jumat dengan ashar. Tibatan teu salat lah. Harusnya maen bola teh jangan pas jam shalat atuh. Digeser satu jam menjadi jam 14.30 atau menjadi jam 16.30. Pemain Yaman dan Indonesia kan mayoritas Muslim. Bobotoh juga hampir semuanya Muslim. Hmmm…

Pukul 14.00 bobotoh sudah memasuki stadion. Bukan…

Ramalan Paranormal

Gambar
Mari kita merenung sejenak. Ini artikel dari my father..

Berbicara tentang ramalan, sesungguhnya ada dua jenis ramalan .
Pertama, ramalan yang berdasarkan pada analisis–analisis ilmiah atau melalui riset. Ramalan semacam ini disebut juga prediksi ilmiah. Kita diperbolehkan mempercayai prediksi ilmiah karena berlandaskan pada data dan fakta yang dianalisis secara rasional .
Misalnya ramalan cuaca, ramalan kelahiran bayi, ramalan penyakit, dll.
Kedua, ramalan yang berlandasan pada mistik. Ramalan semacam ini biasanya dilakukan para dukun, paranormal, atau ahlinujum, biasanya mereka meramal hal-hal yang merupakan otoritas ALLAH, misalnya tentang jodoh, rezeki, kebahagian, ataupun kesengsaraan. Mekanisme kerjanya, mereka meminta bantuan jin. Kita diharamkan mempercayai ramalan semacan itu.

Hal ini berdasarkan pada keterangan berikut .
”Barang siapa yang berkunjung kepada paranormal atau dukun, lalu bertanya sesuatu kepadanya dan dia membenarkannya, maka shalat nya tidak diterima oleh ALLAH sela…

Tim Serba Rossi

Gambar
Suka main Football Manager (FM)? Ini ada tim unik dengan nama Rossi semua. Bisa untuk dicoba!

Penggemar MotoGP tentunya tak asing lagi dengan nama Valentino Rossi. Ternyata nama Rossi tidak hanya ada di MotoGP, di sepakbola pun ada banyak pemain yang bernama Rossi/ Rosi. Berikut ini tim Rossi dengan formasi 4-4-2.
Kiper : Generosso ROSSI (Triestina)
Belakang : Aleandro ROSI (AS Roma), Jonathan ROSSIni (Sampdoria), Marco ROSSI (Parma), Roberto ROSSI (Lazio)
Tengah : Thomas ROSIcky (Arsenal), Daniele De ROSSI (AS Roma), Jiri JaROSIk (Glasgow Celtic), Alessandro ROSSIna (Torino)
Striker : Giuseppe ROSSI (Villareal), Giuseppe ROSSIni (FC Ultrecht)

Pelatih : Delio ROSSI (Lazio)


Danielle De Rossi

Tentunya tim ini cukup tangguh, bukan? Beberapa di antara mereka adalah pemain muda yang masih jarang bermain. Tentunya suatu saat mereka akan bersinar jika diberi kesempatan lebih banyak.
(Soccer, No 03/VII – 21 Juli 2007)

Siapakah Juara Liga Champions?

Gambar
First leg Liga Champions barus saja berakhir. Dua pertandingan berakhir imbang. Liverpool ditahan Chelsea 1-1 dan Barca harus puas bermain 0-0 dengan MU. Dengan hasil ini, dua tim yang akan bermain kandang di leg 2 nanti, MU dan Chelsea seharusnya bisa memetik keuntungan. Siapakah tim yang paling pantas menjadi juara Liga Champions musim ini? Inilah hasil polling Kumaha Aing dari tanggal 10-24 April 2008.


Dilihat dari polling tersebut terlihat sangat jelas kalau responden banyak yang menjagokan Chelsea dan MU untuk menjadi juara. Ditambah dengan hasil yang cukup menguntungkan di leg pertama, kedua tim sangat berpeluang lolos ke partai puncak. Apakah itu akan terjadi? Pokona mah tungguan heula lah second legna!

Hmm.. bagaimana dengan Inter? Di Serie-A, selisih poin dengan Roma menjadi 6 angka setelah Inter menaklukkan Torino 1-0 dan Roma ditahan Livorno 1-1. Kemenangan Inter itu berkat jasa Balotelli. Striker nu pangkasepna eta berhasil memberikan umpan terukur kepada Cruz lewat tendanga…

Lirik Ayat Ayat Persib

AYAT AYAT PERSIB
(lirik: Ayat ayat Cinta Rossa)


Dm A
desir lapangan Siliwangi
D/F# Gm
sehijau pemikiran hati
E A Dm C A# A
terkisah ku di antara cinta tuk Persib

Dm A
bila keyakinanku datang
D/F# Gm
Persib bukan sekadar cinta
E A Dm C
pengorbanan cinta yang agung
A# A
ku pertaruhkan

Reff
F Dm
walaupun Persib ku tak sempurna
Gm C
cinta ini tak mungkin ku cegah
A Dm C
ayat-ayat Persib bercerita
A# A Dm
cintaku tuk persib

F Dm
bila bahagia mulai menyentuh
Gm C
seakan ku bisa hidup lebih lama
A Dm C
namun harus ku tinggalkan Persib
A# A Dm
ketika ku bersujud

Int : Fm C F A#m G C Fm D# C# C Dm

Dm A
bila keyakinanku datang
D/F# Gm
Persib bukan sekadar cinta
E A Dm C
pengorbanan cinta yang agung
A# A
ku pertaruhkan

Haha.. jigana alus mun lagu ieu dinyanyikeun di stadion...!!

Nonton Persib, Jangan Lupakan Shalat!

Gambar
Yang pertama-tama dipertanyakan (diperhitungkan) terhadap seorang
hamba pada hari kiamat dari amal perbuatannya adalah tentang shalatnya.
Apabila shalatnya baik maka dia beruntung dan sukses, dan apabila
shalatnya buruk maka dia kecewa dan merugi. (H.R. Annasa'i dan Attirmidzi)
.

Hadis di atas tidak main-main. Shalat lima waktu adalah ibadah yang wajib dan paling penting bagi umat Islam. Jika seorang Muslim meninggalkan satu kali saja ibadah shalat fardhu, maka amalan ibadahnya pada hari itu akan sia-sia alias tidak diterima Allah SWT. Sia-sialah amalan yang dilakukan pada hari itu seperti menolong orang, menuntut ilmu, mencari nafkah, dan sebagainya hanya karena tidak melaksanakan shalat. Sungguh, sangat merugi.




Bobotoh -Geus shalat can ieu teh??-


Nah, apa kaitannya ibadah shalat ini dengan pertandingan Persib? Jika kita perhatikan, seluruh pertandingan Persib selalu dilaksanakan pada saat waktu shalat. Pertandingan sore hari dimainkan pukul 15 30, bertepatan dengan waktu ashar. Pertand…

Mancini (tak) harus Pergi

Gambar
Sebelum kedatangan allenatore Roberto Mancini pada musim 2004-05, Inter Milan selalu saja kesulitan meraih gelar bergengsi. Inter selalu gagal meraih scudetto sejak meraihnya pada musim 1988-89. Tentunya hal tersebut merupakan aib untuk klub sebesar La Beneamata.

Padahal Presiden Inter, Massimo Moratti selalu getol membelanjakan uangnya untuk membeli pemain bintang. Ia pun sangat gemar mengganti-ganti pelatih. Dari mulai Ottavio Bianchi, Marcelo Lippi, Hector Cuper, hingga Alberto Zaccheroni. Hasilnya? Hanya satu gelar yang diraih Inter, yakni Piala UEFA 1997-98 saat Inter dilatih Luigi Simoni. Walau demikian, Simoni tetap dipecat karena dianggap gagal meraih scudetto, gelar yang sangat didambakan Moratti dan juga seluruh Interisti.
Semuanya berubah saat Inter dilatih oleh Roberto Mancini. Memang, pada awal kepelatihannya Mancini gagal meraih scudetto. Inter hanya meraih Coppa Italia. Untunglah, tidak seperti musim-musim sebelumnya, Moratti masih bersabar. Ia masih mempercayai Mancini u…

UEFA Champions League

Gambar
Sejarah Liga Champions

Liga-liga Eropa selalu diwarnai dengan persaingan yang ketat setiap pekannya. Olah bola yang khas, teknik tingkat tinggi, umpan-umpan matang, dan gol-gol cantik sering diperagakan. Setiap liga tentunya mempunyai ciri khas masing-masing. Namun tentunya kita selalu bertanya-tanya, liga mana yang terbaik di Eropa. Semuanya dapat terjawab jika kita menyaksikan UEFA Champions League yang mempertemukan klub-klub besar di Eropa. UEFA Champions League yang di Indonesia dikenal dengan Liga Champions adalah kejuaraan sepakbola tahunan antara klub-klub sepakbola tersukses di Eropa, dan sering dianggap sebagai trofi tingkat klub yang paling prestisius. Bagaimana sejarahnya hingga menarik sampai saat ini? Ini dia “sejarah Liga Champions”.



Final Liga Champions 1999 -final yang  sangat dramatis -


Kejuaraan antarklub Eropa diadakan tepat satu bulan setelah kongres pertama UEFA yang diselenggarakan di Wina tanggal 2 Maret 1955 saat itu disebut European Champions Clubs’ Cup biasa di…

Inter, Double Winners??

Gambar
Paruh musim pertama, kekuatan Inter Milan di Serie-A seakan tak terbendung. Rasanya La Beneamata akan mudah meraih scudetto, bahkan Liga Champions menilik performa yang luar biasa di paruh musim pertama.

Tampaknya Inter memang akan mudah meraih scudetto musim ini. Apalagi pada giornata ke-23 Inter memiliki selisih poin 11 dengan AS Roma. Sayangnya Inter tak mampu menjaga momentum besar itu. Hanya dalam 8 pekan, Roma mampu menipiskan jarak menjadi hanya 4 poin saja.

Salah satu faktor yang membuat Inter keteteran ialah saat disingkirkan Liverpool di babak 16 besar (12/3). Saat itu pelatih Inter, Roberto Mancini, menyatakan akan mengundurkan diri dari Inter di akhir musim. Namun, hanya berselang 24 jam, Mancio menarik pernyataannya. Hal ini membuat kondisi internal terganggu. Banyak pemain Inter yang mulai tak suka dengan Mancini.


Terkait dengan penurunan performa Inter setelah tersingkir di Liga Champions, Kumaha Aing telah mengadakan polling dengan hasil sebagai berikut:

Pertanyaan: Setela…

Tentang Sepakbola Indonesia

Gambar
sekarang saya akan membahas mengenai almarhum Endang Witarsa.. Beliau sangat berjasa di sepakbola Indonesia.. (diambil dari wikipedia)


Drg. Endang Witarsa aka Liem Soen Joe or Liem Sun Yu, born 1916, former Indonesian National Soccer (PSSI) Coach and former national team player. While other grandfathers might have long surrendered to the comfort of their beds, Endang finds no place is more comfortable than the soccer field. From behind his glasses he watches the members of Jakarta's oldest football club, Union Makes Strength (UMS) in Tamansari, West Jakarta, from weak-footed beginners to professionals.

Having trained as a dentist, Endang soon discovered as a young man that his passion laid with soccer. He joined UMS in 1948 as a halfback. When he hung up his shoes in 1951, he became one of Indonesia's greatest ever coaches. Any soccer player or coach in the country would bow to him. UMS, the club that became Endang's second home, was founded in 1905 as the Tiong Hoa Hwee Koa…

Titanic, Liga Champions, dan ...

Gambar
Belajar dari Musibah Titanic

Tahun 2007 lalu, Indonesia ditimpa dengan berbagai musibah. Dari mulai jatuhnya pesawat Adam Air, tenggelamnya KM Senopati, terbakar dan tenggelamnya KM Levina I, dan terbakarnya pesawat Garuda.

Jauh sebelum zaman modern sekarang ini, 95 tahun yang lalu tepatnya tanggal 14 April 1912 dunia dibuat geger saat kapal Titanic yang merupakan kapal termewah saat itu tenggelam karena menabrak gunung es. Dunia sempat tak percaya kapal mewah yang sebelumnya selalu dibangga-banggakan itu akhirnya dapat tenggelam juga.

Untuk masa itu, fasilitas dan kemewahannya tidak dapat ditandingi. Ia menawarkan fasilitas kolam renang, ruang olahraga, pemandian Turki, perpustakaan dan gelanggang squash. Bilik umum kelas pertama dihias indah dengan panel kayu meluas, perabot mahal dan hiasan indah yang lain. Titanic dianggap sebagai puncak arsitektur laut dan pencapaian teknologi. Ia dianggap oleh majalah Ship Builders sebagai kapal yang "hampir tidak mungkin tenggelam."

Namun…

Stop Plagiatisme!

Gambar
Membuat suatu karya tak semudah membalik telapak tangan. Diperlukan sebuah ide yang berbeda untuk merealisasikannya. Maka ketika ada seseorang yang dengan terang-terangan menjiplak tulisan tanpa menulis sumbernya, gimana gak kesel coba?? Yup, ada seseorang yang menjiplak tulisanku di blog ini yang berjudul "Persib Needs a New Stadium" Ia menulis di blognya dengan sama persis meniru tulisanku.

Kalo titik komanya beda sih ga apa-apalah, aku masih bisa terima. Ini mah kata-katanya bahkan sampai titik komanya sama persis!! Dia ga nulis sumbernya dari aku!! Ini namanya plagiatisme! Seenaknya aja mencuri karya orang. Seperti tidak berpendidikan.

Kalo Anda orang yang berpendidikan, aNDA tidak bisa seenaknya copy paste gitu dong. Ini sama aja dengan mencuri karya orang. Sebagai orang beragama Anda tahu dosa orang yang mencuri kan??
Sebagai bahan perbandingan ini tulisanku. Dan ini tulisanku yang dijiplak.

Buat seluruh pengunjung blog ini, jika Anda merasa artikel di blog ini bermanfaat,…

Buletin Viking Unpad Edisi 4

Alhamdulillah, setelah terakhir terbit bulan Desember lalu, buletin Viking Unpad edisi keempat bisa terbit juga. Terbit bulan April ini.
Masih dengan Rp. Saridona kali ini ada yang sedikit berbeda dengan buletin Viking Unpad. Apa itu? Yup, penulisnya! Penulisnya cuman satu: Luzman Karami! Wow!
Tentunya sebagai penulis buletin saya menerima segala pujian, penghargaan, cacian, dan juga kritik yang membangun buletin ini di masa depan.
Untuk pihak-pihak yang merasa tidak enak dengan kehadiran buletin ini (terutama The Jak) saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Ada yang belum kebagian? Tak usah resah, tak mesti khawatir, tak perlu bimbang. Just click these links below OK! Ini dia tulisan di buletin Viking edisi keempat:
1. Liga Indonesia, Liga Teraneh di dunia
2. Waw, suporter terbaik? (di blog ini judulnya The Jak, Suporter Terbaik?)
2.1 Skenario Best Suporter Copa 2007
2.2 Persipuramania says...
3. Untukmu Pangeran Biruku

Kalau mau komentar tulis di blog ini aja, OK. Kalo merasa sulit nulis komentar d…