Postingan

Menampilkan postingan dari Juni, 2008

Euro yang Mengecewakan

Gambar
Euro 2008 baru saja berakhir. Jutaan cerita mewarnai pagelaran kali ini. Memang sesuai dengan semboyan Euro kali ini, Espect Your Emotions, berbagai emosi selalu timbul, baik emosi sedih, seangn, tawa, bahagia, lesu, dan lain sebagainya. Bagaimana seorang Alexandrei Frei yang menangis setelah kakinya cedera saat melawan Ceko, merasa sedih tak dapat melanjutkan “tugas” membela negaranya. Atau bagaimana ekspresi bahagia para pemain Turki yang sanggup melakukan come back luar biasa saat menaklukkan Republik Ceko 3-2. Yang jelas berbagai emosi tersaji dengan jelas dalam Euro kali ini....

So, apa yang salah dengan Euro kali ini? Hmmm... pertama karena saya tak bisa menyaksikan langsung di Austria-Swiss. Sebenernya udah rencana sih, namun apa daya tangan tak sampai. Semua pertandingan Euro kali ini saya saksikan di rumah saya tepatnya di kasur yang empuk dengan selimut. Jika mengantuk tinggal memejamkan mata, saat mata terbuka pertandingan telah usai.. hehe...

Sebenarnya ada acara nonton bare…

Jadwal Persib di Liga Super 2008

Gambar
Berikut ini jadwal lengkap dan hasil pertandingan Persib di Liga Super 2008/09


Putaran Pertama
------------ ---

Minggu 13 Juli 2008 PERSIB5-2 PERSELA (hade pisan lah maenna!!)
Minggu 20 Juli 2008 PERSIB 2-3PERSIJA (eleh, rusuh, meunang sanksi deuih. hiks..hiks)
Minggu 27 Juli 2008 PERSIPURA 1-0 PERSIB (naha eleh deui eleh deui euyy...???)
Jumat 1 Agustus 2008 PERSIWA3-1 PERSIB (aduh, dijailan wasit euy.. jadi we eleh deui.. kumaha ey)

Selasa 5 Agustus 2008 PERSIB 3-1 Persik (Alhamdulillah, akhirnya Persib bisa menang juga walaupun main di Solo dan tanpa penonton)

Senin 11 Agustus 2008PERSIB - Arema (ditunda karena belum dapat izin dari pihak kepolisian)

Sabtu 16 Agustus 2008PERSIB2-0 Persitara (bisa main di Siliwangi tapi tanpa penonton. Alhamdulillah bisa menang. Nuhun Bastos, tos ngagolkeun dua!!)

Selasa (9/9): Sriwijaya FC 4-2Persib (gol keempat Sriwijaya kontroversial karena berbau offside.. tapi lebih baik kita menerima kekalahan, daripada terus menyalahkan wasit.. da mun teu disahkeu…

Luar Biasa, Turki!!

Gambar
Saat kita didera berbagai cobaan, diapit oleh segala keterbatasan kita tetap harus semangat. Kita harus tetap yakin bahwa Allah itu ada, dan akan membantu Hamba-Nya yang berusaha dengan keras. Keterbatasan tak boleh dijadikan alasan untuk gagal meraih prestasi. Semangat yang kuat dalam kondisi yang serba terbatas justru bisa membuat kekuatan ekstra yang dapat menyulitkan siapa pun.

Mungkin kita bisa mencontoh para pemain timnas Turki di Euro 2008. Tampil sebagai tim non-unggulan skuad asuhan Fatih Terim tersebut sanggup mengejutkan banyak pihak. Memang pada partai pertama, Turki harus menyerah di tangan Portugal 2-0. Suatu kondisi yang tidak menguntungkan, apalagi Turki masih harus berhadapan dengan tuan rumah Swiss dan negara kuat lain, Republik Ceko.

Hebatnya, Turki sanggup menaklukkan Swiss dengan skor 2-1. Suatu prestasi yang fenomenal. Karena sebelumnya Turki tertinggal lebih dulu. Namun mereka tak kenal menyerah dan sanggup membalikkan keadaan menjadi 2-1. Pertandingan selanjutnya…

Para Akhwat Suporter Turki

Gambar
Turki membutuhkan keajaiban keempat saat harus menghadapi Jerman di semifinal. Bayangkan, Turki hanya memiliki stok pemain 15 orang!
Tapi tak ada yang tak mungkin dalam sepakbola. Keajaiban pertama datang pada saat Turki menghadapi tuan rumah Swiss. Turki sanggup memenangkan pertandingan setlah sebelumnya tertinggal 1-0. Keajaiban kedua saat menghadapi Rep. Ceko. Sampai menit ke-70 Turki masih tertinggal 2-0, namun ternyata Turki dapat berbalok unggul 3-2. Keajaiban ketiga saat menghadapi Kroasia. Tertinggal 1-0 saat penghujung laga, Turki sanggup menyamakan kedudukan dan menang lewat adu penalti.
Apakah akan terjadi lagi keajaiban untuk Turki???

Yang jelas dukungan masyarakat Turki sungguh luar biasa, termasuk dari akhwat-akhwat berjilbab ini (gambar dari www.detik.com)





Mereka tak pernah lelah mendukung Turki. Dan tak seperti kebanyakan suporter wanita Eropa kebanyakan yang mengumbar aurat, mereka semua berjilbab. Duh manisnya. Hehehe

HIDUP TURKI!!! AYO KAMU PASTI BISA!!!!


gol Nihat Kahvec…

TURKI juara Piala Eropa???

Gambar
Saat Piala Eropa bergulir, setiap orang tentunya punya tim favorit masing-masing. Alasan mendukung suatu negara bisa beragam. Hmm... misalkan karena pemainnya yang ganteng, atau karena punya garis keturunan, atau senang karena tim tersebut dihuni banyak pemain bintang.

Begitu kan pada umumnya? Kalau saya sih sedikit berbeda. Saya menyukai sebuah tim, setelah tim tersebut bertanding, melihat dari spirit dan daya juangnya. Contohnya saat Piala Dunia 2002, sejak perdelapanfinal saya mendukung Korea Selatan. Selain karena sama-sama dari Asia, saat itu Guus Hiddink sanggup membuat tim negeri Ginseng tersebut mempunyai semangat luar biasa. Piala Eropa 2004. Wah kalau yang ini nggak jelas.. hehehehe... abisnya juaranya Yunani, perasaan mainnya biasa aja, bertahan doang. Gak dukung negara apa-apa dah, netral waktu itu mah..

Saat Piala Dunia 2006. Juergen Klinsmann yang membuat saya terkagum-kagum. Dia bisa buat permainan Jerman menjadi lebih atraktif dan menghibur. Sayangnya ia mengundurkan dir…

Komentar atas Tulisanku

Gambar
Suatu kebanggaan saat tulisanku dikomentari orang. Wow, kalo tulisanku dikomentari berarti orang tersebut telah membaca tulisan saya alias memberikan apresiasi. Mantap kan. Terlepas dari komentar itu negatif atau pun positif, yang penting tulisanku telah memberikan pengaruh bagi yang membacanya. Hehehe.. Kalo di blog ini mungkin masih sedikit yang memberikan komentara atas tulisanku. Ada sih tapi biasanya pendek-pendek. Dulu saya suka nulis di www.persib-bandung.or.id, lumayan tah banyak yang ngasih komentar.Yang paling bikin aku berkesan tuh komentar seseorang di http://bolanova.com. Dia mengomentari tulisanku yang berjudul Antara Soeharto dan Juventus.Pembaca yang budiman, 27. May 2008, 14:12 hahaha…Soeharto sudah mati mas. dia mati pun tanpa ada rehabilitasi nama baik dia sebagai koruptor pembantai kelas dunia. heheheh.sedangkan Juventus, dari berita berita yang saya baca akhir akhir ini malah kembali mendapat reputasi besarnya kembali semenjak rela diturunkan ke Serie-B. dengan sk…

Magical Story About Tsunami

Gambar
In December 26, 2004 a magnitude 9.0 undersea earthquake triggered a tsunami (massive waves) that spread out over the Indian Ocean, hitting coastal communities in 12 countries. The Indonesian island of Sumatra was the hardest-hit location as the closest land to the epicenter of the quake. In the aftermath, the death toll in Sumatra (Aceh and roundabout) exceeded 90,000. The impact of the disaster was not only the death and the diseases but also the crushed building. There was so many building destroyed because of this disaster, except the masjid. For example, Masjid Meulaboh that located in the sea shore was not destroyed even though all of the building in the roundabout was destroyed. That was so amazing, wasn’t it?



In short, this disaster stimulated philanthropy activities. Without any command, many people, both from Indonesia and abroad lent a hand to their afflicted fellow countrymen. The people and governments in Indonesia were to some extent overwhelmed by the enormity of the ca…

Pengalaman dan Tradisi Berbicara

Gambar
Wow, minggu yang sangat berat bagiku. Minggu ini benar-benar full ujian! Jadi nggak sempet meng-update blog. Bayangin aja bro, di kampus ujian. Trus pas hari Senin di LIA ada tes TOEFL. Beu, geus lieur pas di kampus UAS mengarang indah tea, ditambah tes TOEFL. Mending kalau gampang. Ini mah geus soalna loba, lieur deuih...

Hari di Kamis setelah ujian di kampus, di LIA juga ada Periodic Test. Haha, bisa gila nih. Otak serasa mo meledak. Biar seger rasanya harus biasa nonton langsung final Euro di Austria. Hahaha..

Bicara tentang Euro, banyak hal yang menarik dalam kejuaraan kali ini. Juara dunia 2006, Italia dan juara Piala Eropa 2004, Yunani sama-sama takluk di pertandingan pertama. Italia malah mengalami nasib naas. Di pertandingan kedua pun Gli Azzuri gagal memetik kemenangan. Bahkan nyaris kalah dari tim kuda hitam, Rumania jika Buffon tidak berhasil menggagalkan tendangan penalti Adrian Mutu.

Sebenarnya tak perlu heran dengan hasil tersebut. Euro kali ini pengalaman dan tradisi sebua…

Kesaksian Tragedi Monas

Gambar
Untuk menyakinkan tulisan ini, saya perlu memperkenalkan diri dulu, nama Saya adalah Nong Darol Mahmada, saya salah seorang aktivis Jaringan Islam Liberal dan saya aktif di JIL sejak berdirinya JIL. Dalam kesempatan sekarang izinkan saya memberikan kesaksian kepada kawan-kawan sebangsa dan setanah air melalui milis ini kejadian sebenarnya dibalik kejadian yang terjadi di Monas pada tanggal 1 Juni yang lalu.

Perlu kawan-kawan ketahui bersama bahwa aksi ini merupakan aksi yang telah di skenariokan oleh pihak pemerintah untuk mengalihkan isu BBM yang sedang marak ditengah masyarakat. Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Beryakinan (AKK BB) hanya dijadikan kedok saja untuk mencegah agar ajaran Ahmadiyah tidak dibubarkan.

Setelah presiden SBY menaikan harga BBM, kalangan kontributor JIL Goenawan Mohammad, Hamid Basyaib, Rizal Mallarangeng, Denny JA, Nasaruddin Umar melakukan pertemuan secara diam-diam di kediaman SBY di Cikeas, Bogor. Hal ini mereka bisa akses langsung kedalam ber…

Italia Favorit!!!

Gambar
Euro 2008 bentar lagi akan digelar! 16 tim dari negara-negara terbaik di Eropa akan bersaing untuk menjadi jawara di Eropa. Apakah akan terjadi kejutan seperti saat empat tahun silam? Siapakah favorit juara tahun ini. Inilah hasil polling dari Kumaha Anjeun (http://kumahaanjeun.blogspot.com) dan Kumaha Aing (http://luzman-interisti.blogspot.com)
Ket:
Kn= hasil polling dari blog Kumaha Anjeun
Kg = hasil polling dari blog Kumaha AingDilihat dari hasil polling sangat jelas terlihat bahwa responden sangan percaya bahwa Italia akan sanggup menjadi juara Piala Eropa untuk kedua kalinya. Perbedaannya pun sangat mencolok. Apakah pasukan Roberto Donadoni sanggup untuk merealisasikannya??? Sulit, sebab Italia berada di grup maut, di antara kepungan Perancis, Belanda, dan Italia. Selain itu Italia pun mempunyai rekor buruk di Piala Eropa.Di Piala Dunia, Italia memang jago. Sudah menjuarai turnamen ini 4 kali tahun 1934, 1938, 1982, dan 2006 lalu. Namun di Piala Eropa, Italia baru memenanginya seka…

Double Winners pun Dapat Ditaklukkan!!

Gambar
Selasa (3/6) sebuah pertandingan persahabatan diadakan di Stadion Siliwangi Bandung antara Persib Bandung berhadapan dengan sang peraih double winners, juara Liga dan Copa musim lalu, Sriwijaya FC. Pertandingan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kodam III/Siliwangi ke-62. Saya menonton pertandingan itu bersama dengan Viking Unpad. Kumpul di kampus Unpad Dipati Ukur pukul 11.30. Tapi di DU asa rame kitu ey. Oh ternyata ada acara wisuda. Jadi Viking Unpad berkumpul di belakang gerbang samping BNI tidak di Pendopo seperti biasanya. Dan seperti kebiasaan masyarakat Indonesia pada umumnya, disuruh ngumpul pukul 11.30 benarkah akan berangkat tepat? Ah mana mungkin. Ya sudah saya shalat dzuhur dijamak dengan shalat ashar.Ehem..ehem.. perkara salat ini ada sahabat saya yang mempertanyakan nih, yang baru aja masuk loudest voice di Soccer.. hehehe.. She said in SMS, “Kak, klo pas nonton ke stadion gitu, salatnya gimana? Coz kutanya ke temen-temenku yang nonton bola ke stadion bia…