Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 21 Juli 2008

Bobotoh Masih Belum Dewasa

Special Live Report from Siliwangi by Luzman the Interisti

Kecewa, kecewa, kecewa! Itulah perasaan saya setelah menyaksikan pertandingan Persib-Persija di Stadion Siliwangi hari Minggu (20/7). Bukan, bukan karena saya terpaksa membeli tiket di calo seharga Rp25ribu untuk tiket timur yang berharga Rp15ribu. Juga bukan karena yang tertera di papan skor adalah Persib 2-3 Persija, tidak seperti tahun lalu Persib 3-0 Persija. Kekecewaan saya karena sikap para bobotoh yang masih kampungan dengan bertindak anarkis. Yakni dengan melempar-lemparkan botol dan batu, juga dengan membakar spanduk. Apakah mereka tidak sadar bahwa perbuatan mereka justru akan merugikan Persib? Persib niscaya akan dihukum karena kejadian ini. Suatu ulah bodoh yang harus dibayar mahal.(ed: bobotoh akhirnya dihukum komdis dilarang mendukung Persib dengan atribut Persib selama setahun)

Sebenarnya pada pertandingan tersebut Persib unggul lebih dulu. Zaenal Arief membuat para bobotoh bersorak saat pertandingan baru memasuki menit kedua. Atmosfir di stadion memang sangat luar biasa. Sejak pukul 16.00 atau 3 jam sebelum kick off saja, stadion sudah penuh. Hanya tribun VIP saja yang masih terlihat lengang. Toh saat pertandingan berlangsung tribun VIP pun mulai terisi.

Gol Zaenal Arief ternyata tak berlangsung lama. Persija akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Oh iya, di dekat saya malah ada orang yang tiduran. Seseorang dengan baju bonek. Nggak tahu kenapa, pusing meureun. Dia baru sadar pas babak kedua. Aya-aya wae ah..

Babak kedua pertandingan jadi lebih dikuasai Persija. Permainan Persib cenderung monoton dan mudah dibaca. Tak ada permainan seperti saat melawan Persela. Dan entah mengapa Jaya Hartono baru memainkan Atep di menit ke-80, padahal Atep adalah mantan pemain Persija dan pasti tahu kelemahan mantan klubnya itu. Hasilnya, bisa diduga akhirnya Persija bisa berbalik unggul. Dan saat Persija mencetak gol ketiga mulai terjadi keributan. Bobotoh tak terima dengan keputusan wasit yang mengesahkan gol ketiga Persija. Mereka menganggap golnya offside. Lemparan botol mulai menghujani stadion. Dan puncak kekecewaan bobotoh terjadi saat Hilton gagal mengeksekusi penalti. Mulai ey babaledogan deui. Sampai membakar spanduk. Pintu di timur dijebol. Pagar di tribun utara pun diterobos. Bobotoh mulai memasuki lapangan. Pertandingan pun terpaksa dihentikan. Situasi sudah tak terkendali.








Kerusuhan di Stadion Siliwangi Mencoreng Muka Bobotoh

Dan saat itulah dua panglima Persib, Yana Bool dan Ayi Beutik berbicara. Mereka meminta agar bobotoh tenang. Hasilnya para bobotoh mulai dapat mulai mengendalikan emosinya. Sebagian besar bobotoh memilih untuk pulang, termasuk saya. Padahal ternyata pertandingan masih dilanjutkan. Persib bisa memperkecil kedudukan lewat tendangan penalti Rafael Bastos. Skor akhir Persib 2-3 Persija.

Dan kerusuhan masih berlanjut di luar stadion dengan razia kendaraan berplat B. Padahal mah orang Badnung juga banyak yang pakai plat B. ckckckck..

Ambil Hikmahnya
Yup, bobotoh harus mengambil hikmah dari kejadian ini. Saat Persib baru saja menang sekali, baru main hebat sekali, bobotoh kepalang senang. Mereka cenderung sangat yakin Persib akan juara. Tapi ternyata Persib masih bisa kalah. Permainan Persib masih belum sempurna dan harus banyak yang dibenahi. Bobotoh pun harus lebih bersikap dewasa. Apa pun hasil pertandingan, menang atau kalah harus bisa diterima. Walaupun keputusan wasit salah juga harus bisa diterima. Toh ternyata di tayangan ulang gol Persija tidak off side. Kerusuhan, apa pun bentuknya justru akan merugikan Persib. Persib rusak justru karena ulah bobotohnya sendiri. Tentunya hal ini sangat mengecewakan bukan?

SMS dari the Jak
Sebelum pertandingan ini ada komentar di shoutmix saya dari the jak. Teuing tah maksudna naon

jakmaniacranzie
anjink loe viking anjink bonek bangsat, bonek bangsat viking anjink, sampah jawa barat tuh bandung, viking sampah jawa barat

Trus ada SMS dari orang tak dikenal di hp sayah (nomornya: 08561659564)

PERSIJA DI DADAKU! PERSIJA KEBANGGAANKU! Persib 1-3 Persija.. Mampus lo Viking anjing! – the jakmania

Euweuh gawe pan? Trus dia sms lagi
Bejakeun tah jeung babaturan Viking maneh nu jiga anjing. Tong sok balagu ka jak mania. Rasakeun tah eleh jeung persija..

Saha nya eta? Ngajak ribut wae… Da saya mah cinta damai atuh.. ah cape deh...

perhatian buat seluruh pengunjung blog ini.. jangan nulis kata-kata kasar dan provokasi dong (terutama buat the jak). peace for all, OK..!

28 komentar:

  1. salut bos.. tetep suarakan terus perdamaian


    salam damai dari jakarta
    pasoejak

    BalasHapus
  2. maaf kami tidak membenci anda...

    yang kami benci adalah panglima anda, yang selalu menebarkan permusuhan...

    BalasHapus
  3. bukan viking namanya kalau anarkis ! viking yang asli tidak akan merugikan tim kesayangannya sendiri

    BalasHapus
  4. salute bung luzman.. kami dari the jakmania jogja selalu membuka diri untuk perdamaian.. sayang arus atas tidak selalu sama dengan arus bawah..

    ini yang harus diperhatikan oleh para dedengkot suporter..

    mari bergabung dalam perdamaian..

    BalasHapus
  5. denger2 bobotoh dilarang mendukung persib di ISL musim ini.. buntut kerusuhan kemaren tampak nya..

    BalasHapus
  6. Yuups, kita semua prihatin atas kejadian kmarin. smoga ini bisa jadi pelajaran buat smua.

    sbg bagian dari The JakMania, maaf dan maklum soal sms dan comment norak. supporter kampungan tidak hanya ada di bdg ato sby. di jkt dan kota lain juga masih banyak yg kampungan dan belum dewasa.

    cuekin aja, tar juga dia cape sendiri.

    BalasHapus
  7. Persija di Dadaku...
    Persija Kebanggaanku...
    Ku yakin Hari ini Pasti menang....

    BalasHapus
  8. ahhh walau kalah dari jak mania aku tetep pilih persib nu saeeeee......lihat kebangkitan persib ok....persib....brapo.....bangkitlah.......

    BalasHapus
  9. vvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvvviiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnngggggggggggggggggggggggggg


    aaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnjiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnngggggggggg

    BalasHapus
  10. wah ini posting udah lama tapi baru aku bales komen-komennya sekarang.. soalnya baru bisa buat author comment.. hehehe :$ trus ada komen baru juga..

    @ arista budiyono -> yup damai itu indah :D
    @ Brigade Orange Street Boys -> Ayi Beutik ama Yana Bool? perasaan dua-duanya seneng heureuy tuh.. hehe
    @ Anonim -> benar sekali, itu sih ulah oknum yang ndeso :(
    @ jak jogja -> mudah-mudahan perdamaian bisa terwujud. bobotoh dilarang pake atribut selama setahun.. sekarang mah udah mulai tertib.. ga ada lagi yang rusuh.
    @ Herry -> moga ini jadi kerusuhan terakhir yang dilakukan bobotoh. komen provokator? cape deh..
    @ Kelapa Sawit Community -> mending jualan kelapa sawit aja deh.. ga usah ikut nimbrung di sini.. hoho
    @ eksa -> bener banget.. udah keliatan nih Persib mulai bangkit.. :o
    @ Anonim -> ya ampuuunn.. masih aja ada provokator di sini :f
    kalo berani tulis nama ama nomor telepon dong, jgn beraninya pake anonim doang..

    HIDUP PERSIB!

    BalasHapus
  11. ass..
    kumaha damang?
    w dari bobotoh cabang bekasi, rawa panjang..
    mungkin dbndung sana jarang bertemu the jak tapi dsini sering..
    panglima perang kami a nino,,
    saya cma berpendapat qta semua hanya suporter/pendukung bukan geng yang mendahulukan keributan, indonesia butuh dukungan dari mana lagi selain qta..
    bulan2 lalu, tempat saya ancur oleh the jak
    biar mereka tau mpe kpan kyak gni, berikan kesempatan pada suporter yang ingin mendukung timnya didalam stadion qta toh lumayan kan jadi pemasukan.

    salam damai slalu dari bekasi..

    BalasHapus
  12. assalamualaikum man..mantap lah buat lukman..
    keun weh man ..da ayeuna mah atos kabuktian geningan persib anu di luhur lain persija..
    tetap semangat man untuk info persib jeung vikingna..

    BalasHapus
  13. @ bandot -> waalaikumsalam..
    alhamdulillah sae.. salam juga dari bobotoh bandung utuk bobotoh bekasi.. dukung persib selalu.. :o

    @ komunitas bobotoh saalam dunya -> waalaikumsalam.. mang yana bool yeuh,, nuhun kang tos mampir ka blog abdi.. oh iya saya mah luzman sanes lukman :f hehehehe

    oh iya kenapa nyasar di postingan yg ini bos? ieu mah geus lila..

    sip lah.. kang bool ge tetap semangat jadi komandan viking.. hehe.. mun bisa mah promosikeun blog sy yah di barudak viking atau di acara Persib Aing.. hehe ;;)
    HIDUP PERSIB selalu!!

    BalasHapus
  14. wahh.. blog dan isi postingannya bagus....
    saya dari padang ikut dukung misi perdamaian...
    laporin ke PBB bisa gak ya??
    salam dari Spartack-The Kmers....
    bravo semen padang, bravo indonesiaku!!

    BalasHapus
  15. saya juga ikutan ,,,

    sukses selalu ya buat semuanya

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)