Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 08 Juli 2008

Viking vs The Jak

(last update 11 februari 2010)

Menarik sekali membahas pertemuan Persib dan Persija karena dua klub ini merupakan dua klub legendaris dan memiliki sejarah besar sejak zaman Perserikatan dulu. Aroma klasik dan dendam selalu mewarnai pertandingan ini. Mungkin tensi pertandingan ini setara dengan Inter vs Juventus di Serie-A atau Barcelona vs Real Madrid di La Liga.

Berbicara tentang klub, tentu tak lepas dari suporter. Ini yang cukup menarik. The Jak dan Viking sejak dulu selalu berseteru di dalam dan luar lapangan. Teror kepada pemain Persib dan Persija selalu terjadi setiap kedua tim itu bermain di Bandung ataupun Jakarta. Bentrokan antar kedua kubu acapkali terjadi.

Bagaimana awal mula perseturuan kedua kubu itu berasal?? Ada beragam versi. Baca aja komen-komen di bawah. Saya juga bingung jadinya. Viking menyalahkan The Jak, The Jak menyalahkan Viking.

Hmmm.. apakah hanya Viking musuh The Jak? Setelah saya “berjalan-jalan” di dunia maya ternyata bukan hanya Viking yang membenci The Jak. Bonek, La Viola, Persipura mania, kabomania, bahkan North Jak yang sekota dengan The Jak pun sangat membenci suporter oranye itu.. Mungkin ini salah satu alasan viking membenci the jak?? Bisa dibilang musuh the jak sahabat viking, sahabta The Jak berarti musuhnya Viking.
Ditambah lagi ada film Romeo-Juliet yang kontroversial justru memperparah permusuhan The Jak dan Viking.


Rasanya memang susah menghapuskan luka dan dendam yang sudah ada. Memang permusuhan itu harus tetap ada tapi hanya sebatas di lapangan. Lihatlah Barcelonista dan Madridista, permusuhan mereka hanya di lapangan atau pun sebatas di website, hanya saling ejek. Tak pernah ada bentrok fisik, suporter bisa datang ke Madrid atau Barcelona. Tak pernah ada bentrokan. Atau lihat antara Milanisti dan Interisti. Saat Milan tak lolos Liga Champions, Interisti sangat puas dan mengejek AC Milan. Saat musim ini Milan tanpa gelar, Interisti membentangkan spanduk Milan Merda (merda= ejekan bahasa Italia) dan juga Zero Tituli (nol gelar) untuk mengejek Milan bukan mengejek Milanisti.

Tapi mereka tetap bisa hidup rukun dalam satu kota. Bahkan saat derby berlangsung jarang sekali sada bentrokan. Kedua suporter bisa menonton dengan tenang. Mengapa begitu? Karena di luar negeri berbeda dengan di sini. Di saana yang dibenci klubnya, kalo di sini yang dibenci suporternya. Interisti membenci AC Milan dan Juventus tapi tidak membenci Milanisti dan Juventini. Bisa diliat di FB pun ada grup anti Juventus dan antiMilan bukan anti Milanisti ataupun anti juventini.

Kalo di kita yang dibenci lebih pada suporternya bukan pada klubya. Ada grup antiViking, anti Jakmania. Bukan anti Persija atau anti Persib.
Untuk berdamai tak perlu saling menyalahkan. Mari kita tatap ke depan.. Orang Jakarta sering ke bandung saat weekend, orang bandung pun banyak yang mencari nafkah di Jakarta..
Salam damai untuk semuanya..

25 maret 2010.. Persija vs Persib stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta..
hmm... silakan komen aja deh.. Viking/bobotoh vs The Jak.. hehe

MUNGKINKAH THE JAK DAN VIKING BERDAMAI?? (YOUR OPINION??)

121 komentar:

  1. ahh..sayah jg pengennya sih damai gk ada ribut-ribut...
    tp dasar the jack nya ajah pengen asup ka naraka. teu hoyong damai.

    BalasHapus
  2. wah.. mau damai aja kok susah ya... ckckckckck padahal damai itu kan indah..... mungkin egoisme yang melandasi perdamaian itu gak terwujud.. ada banyak kepala ada banyak pikiran. selalu saja ada prokontra. untuk mensiasatinya seminimal minimalnya suporter cyber harus memulai perdamaian itu karena aku yakin orang cyber make logika bukan emosi.....

    salam dari kami... pasoepati jabodetabek

    BalasHapus
  3. aduhh...

    salah dong awal mulanya gak gitu bos...

    lo tau tragedi siliwangi 2001???
    waktu kami yang dijanjikan disambut oleh heru joko, ternyata malah disambit disiliwangi. Padahal dia udah janji loh... sakit hati gak situ kalo diboongin???

    kalo kuis siapa berani itu ekses dari tragedi siliwangi itu. jangan jadi suporter amnesia ahh...

    kata siapa bobotoh ga pernah ke jakarta??? 2004 dan 2005, BOMBER disambut loh di Jakarta. Sampe bikin baju segala malah sama anak the jak. Tapi balesannya apa??? tiba2 mereka memutuskan tali silaturahmi. Alesannya??? didesak sama viking... ANEH...

    panglima viking ayi beutik bilang, di tarns 7, mau melestarikan permusuhan. Lah emang kita badak, pake dilestariin segala???

    yang heran, the jak kan ributnya sama viking. Lah kenapa bobotoh yang laen yang bukan viking jadi ikut2an??? gak semua supoter persija itu the jak, sama gak semua bobotoh itu viking...

    BalasHapus
  4. satu lagi...

    mana ada yang namanya kuis. duitnya langsung turun???

    ditransfer kaleeee...

    10 juta??? ga ada artinya buat kita...

    ente katanya orang pinter. Tapi diboongin percaya aja... kalo dibilang viking ada yang mati?? percaya gak??? kalo gak liat, jangan bikin kesimpulan ahh...

    jadinya fitnah dong. fitnah itu kejam loh...

    cheers...

    BalasHapus
  5. itulah seremnya kalo cuman denger-denger... tapi gak ngeliat langsung...
    apalagi kalo kita lantas langsung ambil kesimpulan...

    kalo sama NJ atau LBV, atau kabomania. Mungkin di akar rumput (grassroot) ada yang gesekan (sebagian kecil aja). Tapi dikalangan pengurus akrab kok...

    mereka selalu dateng ke lebak bulus. Dan aman-aman aja...
    walau mungkin setiap kami ke kandang mereka ada sedikit gesekan. Maklum the jak kalo dateng ke kandang mereka kan diatas 5000an orang... Jadi wajarlah klo ada yg provokasi, biasanya si warga biasa...

    sama the kmers semen padang (bukan PSM)ribut??? lah the kmers jakarta aja banyak yang jd pedagang di bulus...
    malah kmaren ketum the jak ke padang, the kmers minta diajarin...

    sama bonek?? yah bonek kan banyak organisasinya... ada tuh bonek rese, yang kampung2, yang suka ngejarah, malakin pedagang, berak sembarangan. Lah kita yang punya kota marah donk kalo kota kita digituin... nah bonek2 yang gitu2 yg dulu diusir2in... Eh media beritainnya beda. akhirnya gesekan d...
    Awalnya juga 2004 si, bonek disambut di jakarta, eh kita malah ditolak ke surabaya... gondok gak lo??
    tp pas kita ke sidoarjo kmaren, ada beberapa elemen bonek bikin ikrar damai sama kita. Malah pas di PON kmaren, dikandang Pusamania, the jak sama salah satu organisasi bonek berikrar damai...

    Kalo persipuramania, sebenernya ga ada apa2... Itu orang papua yg berulah disenayan kmaren, sbenernya bukan persipuramania, tapi orang papua di jakarta. Biasa, mereka kan doyan mabok, trus pake otot gak pake otak, jadi deh berulah.

    Sayangnya saat itu the jak udah pada didalem stadion smua. Nah almarhum yg meninggal, lagi naek bis umum, abis dr kantor, bdua sm temennya. dia agak telat dtgnya. Kbtulan, bis mereka trayeknya lewatin krumunan suporter persipura yg lagi ngamuk. Yah akhirnya kena deh mreka. temennya lolos, almarhum mokat...

    kapan2 kita ajak ikut tur the jak d (ga bakal diapa2in kok). Ntar kaget d, liat the jak akrab banget sama suporter2 laen... akrabnya udah bener2 kayak sodara... Ditraktir d...

    Banyak lo bobotoh persib yg tadinya benci the jak, setelah kenal the jak lebih deket malah jadi anak the jak. Gardapurwa aja sebagian besar masuk the jak, pas pelita pindah dari purwakarta... Makannya the jak sekarang banyak ditanah Pasundan...
    Klo gak percaya, tanya sama anak2 Bomber yang dulu maen ke Jakarta...
    tak kenal maka tak sayang bukan???

    ~Kami Bukan Yang terbaik, tapi Kami Berusaha Untuk Menjadi Lebih Baik~

    Kami ga sepakat mengenai hukuman itu, sharusnya oknum yang ditangkap, bukan ngejatuhin hukuman secara general kayak gitu.... Kalo gitu, oknum2 perusuh ga bakal kapok, karna mereka selalu bebas...
    nah ente yang adem, kena imbasnya jadinya...

    kalo memang ini liga super, ya stadion punya kamera cctv ataupun pintu rolling, memang wajib seharusnya...

    A.C.A.B

    BalasHapus
  6. trus percaya gak???

    ini dunia maya bung...
    siapa aja bisa ngaku-ngaku...

    asal ente tau, the jak itu tribunnya di timur klo di senayan...

    pada saat itu, kita samping2an sama kampak medan, dan sriwijayamania dan singa mania palembang...

    suporter persipura ada di tribun barat daya... jauh banget tuh... Anehnya kita bertiga yang samping2an ga dijaga aparat, tapi mereka yang sendiri malah dijaga aparat sampe berpleton2...

    mereka mulai berulah saat persipura kalah, dan memang ada gesekan dengan suporter persija di tribun atas... Itu setelah suporter persija diatas ditimpuk bangku yang dicopot... Kan tenaganya kuli tuh, jadi nyampe aja mereka ngelempar...

    Tapi apakah itu pasti the jak??? tidak semua suporter persija itu the jak bung...

    The Jak itu organisasi, bukan istilah... Anggota kami mempunyai KTA dan ada AD/ARTnya...

    Jadi jangan apa2 langsung dibilang the jak...
    Viking aja berulah pasti disebutnya bobotoh... gak pernah kan dibilang vikingnya langsung...
    tapi kenapa klo suporter persija ada gesekan, langsung dibilang the jak??? padahal tidak ada angota kami yang tertangkap tangan...

    Anda itu berarti masih awam dalam dunia persuporteran, tidak bisa membedakan yang mana julukan dan yang mana organisasi/kelompok...

    bahaya itu^^

    A.C.A.B

    BalasHapus
  7. sulit melupakan dendam masa lalu ketika the jak mendapat perlakuan buruk dari viking. kami the jak mania selalu berusaha menjaga hubungan baik antar suporter. anda bisa lihat bagaimana the jak mampu menjalani tur luar kota hingga ke kota makasar menempuh perjalanan ribuan kilometer. tapi justru kesulitan kalau harus datang ke bandung yang hanya berjarak tiga jam dari jakarta. ada banyak hal yang harus kita lupakan untuk menciptakan atmosfer sepakbola yang begitu tinggi namun tetap menjunjung tinggi sportifitas. the jakmania-viking adalah bagian dari sepak bola negri ini. tidak ada yang bisa kita dapat dari sebuah permusuhan. suporter diciptakan untuk memeriahkan sepak bola bukan untuk menghancurkan sepak bola. saya yakin bobotoh dan viking ingin sekali bisa datang ke senayan tahun ini. itu bukan hal yang mustahil diwujudkan. the jak mania sudah lama ingin mengakhiri konflik yang tidak jelas ini secepatnya. dan kita semua (the viking-the jak mania-bobotoh) harus bisa memulainya dari diri sendiri, dari hal yang paling kecil, dan dari sekarang kita buat opini yang bisa mengarahkan rekan rekan kita yang lain untuk ikut menciptakan perdamaian antara jakarta dan bandung.

    BalasHapus
  8. Menurut gue pribadi kenapa y dari dulu sentimen anti jakarta tuh kentel bgt d publik bola bandung ? Dari jamannya pelita jaya & commandos yg d benci bgt, padahal anggotanya secuil doank termasuk gue, nah sekarang ada organisasi jakmania kayaknya makin benci saja publik bandung(khususnya viking:maaf) terhadap the jak.& juga anda jika sebagai bobotoh yg baik & juga ingin mewujudkan perdamaian tp masih memasang foto yg provokatif !! Udahlah mari viking-jakmania berseteru yg elegan, gag enak bgt kan pemain&ofisial yg kena getahnya.

    BalasHapus
  9. viking anjing memang kaya amerika lo,ga punya bukti asal nuduh aje the jak yang salah
    viking anjing,ngentot,bangsat,pokoknye yang jelek-jelek buat viking

    BalasHapus
  10. posting lama tapi masih panas aja nih situasinya.. hooho :((

    @ Muhammad Hafizhuddin -> enya uy hararese deuk damai teh.. aregois kabeh. the jak na ge kitu

    @ arista budiyono -> iyah moga aja bisa damai, walau kemungkinan kecil.. hehe

    @ Brigade Orange Street Boys -> makasih bos infonya. tapi orang kan tetep aja percaya berita di tipi. di koran2 juga beritanya gitu, the jak yg provokasi.
    The jak yg mulai menyerang persipuramania. persipuramania itu asli bos ga mungkin dia ngaku2, ada FS-nya kok.
    di komen FS-nya juga persipuramania semua, g mungkin ngaku2
    kalo gitu bisa aja situ ngaku2 the jak,,
    hoho..
    kalo ga percaya silakan cek FS Persipuramania
    http://profiles.friendster.com/16887754

    bobotoh mah rusuh ngaku aja kok.
    kok the jak ga mau ngaku yah pas rusuh. malah bilang persipuramania duluan yang nyerang??
    :f
    fiuuh..

    @ zainal, Fajarrayya "individualis suporter" -> yups.. emang susah sih kalo kedua kubu sama2 egois, kyknya hrs ada penengah yg mendamaikan..
    fotonya bukan utk provokasi bos, cuman untuk menegaskan betapa kentalnya permusuhan the jak dan viking..
    biar rada2 lebay gitu.. hehe :D

    poejar kmy -> astagfirullahaladzim...
    ini artikel ngajak damai kok malah komen gitu..
    ya Allah cerahkanlah hati orang yang menulis komen tersebut :f, bukakanlah hatinya

    BalasHapus
  11. the jak'y juga sih noraxx,kt;y nak ibu kota tapi ko kelakuannya kaya orang kampung,har gini masih aja ribut soal faktor yang ga jls juntrungannya..
    katanya udah pd gede n pinter ko masih kaya gtu aja sh tingkahlakunya,kg keren ah The Jak,cupuuuu
    g berani dateng ke bandung,kirain macan kemayoran beneran eh ga taunya cuman KUCING dapur..yg beraninya nyopet ikan asin emak gw.heee
    ke bandung dong bawa s x an KUCINGnya

    BalasHapus
  12. MAAAAAAAAAJJJJUUUUUUUUUU TEEEEERRRRRRUUUUUUUSSSSSS
    MMMMAAAAAAUUUUUNGGGG BANNNNNNNNDUNGGGGGG KUUUUUUUU
    ;$

    BalasHapus
  13. cerita sebenarnya itu kalian diduelin ama tukang dagang di siliwangi waktu 2001....
    pada tau ga?? makanya damai aja, terus buat the jak, coba bersihkan nama kalian yang katanya DISAYANG PSSI

    BalasHapus
  14. wah kayaknya mau damai susah bener yah.. :f
    permusuhan sudah mendarah daging

    ntar Rabu Persija-Persib di Malang, The Jak ama Viking sama2 bakal dateng. kira2 bakal bentrok ga yah?? yang jelas harus bisa BANTAI PERSIJA!!

    BalasHapus
  15. kalo kata saia ma..the jak suka putar blikan fakta ....saat the jak dtang k siliwngi the jak tdak kofirmasi sma phak viking sndri......viking slalu menjamu tmu merka...sperti NJ??viking mao menerima NJ walapun NJ berasal dari kota jakarta....lu asik gw nyatai lu ngusik gw bantai tidak jauh kta" sperti itu.......dan saat kuis siapa berani!!knp smua atasan thejak ikut melempari kami????termasuk fery slaku ketua the jak d saat itu!!!!saia tao the jak bnyak bljr dri viking....seperti fery,gu"n gndrng...meraka berasal dri kota anti orange(bandung)itu krna ulah merka sndri!!!!udah laa moal damai jeung suporter bnyank msuh.......

    BalasHapus
  16. PEMBUKTUAN DI MALANG............PERSIB ATAO MATI.........

    BalasHapus
  17. bobotohpersib9 Juni 2009 17.59

    iklim permusuhan org bdg terhadap jkt emg tinggi sih dari dulu juga ini jujur aja klo masalah permusuhan kayaknya org2 bandung memang lebih musuhin the jak dan persija daripada the jak musuhin viking atau persib, klo kmu jalan2 ke bdg pasti dgn mudah kmu temuin stiker2 atau kaos yg menghina the jak, begitu juga di internet liat aja di facebook udah berapa grup yg dibuat suporter viking buat menghina the jak. atau klo kmu jalan2 ke bdg pasti jarang sekali yg berani ambil resiko berani memakai kaos persija, berbeda dengan orang bandung jalan2 di jakarta, coba deh ketemu gak dengan hinaan2 ke persib dan viking sebanyak yg dilakukan viking di bdg. kalau memang mau sama2 damai mulai sekarang diberentiin deh sama2 tuh hina2 annya.

    BalasHapus
  18. @yang diatas saya :: itu tandanya suporter di bandung jauh lebih banyak dari pada yang ada di jakarta, dan PERSIB jauh lebih mendarah daging bagi viking dan bobotoh daripada yg ada di jakarta.

    oh iya, waktu kejadian 2001 saya ada di siliwangi..waktu itu emang tidak ada konfirmasi kalau the jak mau datang, buktinya tidak ada konfirmasi ke setiap distrik viking dan juga tidak ada disebarkan di media massa, karna biasanya suka ada selebaran baik dari pusat ke distrik ataupun di media massa. buktinya, panpel sendiri ga nyediain kan tiket buat kalian waktu itu??? kalo emang konfirmasi dulu pasti dong di sisain tiket buat kalian.....Selain itu, ketika jeknong datang ke bandung sebenernya bukan tidak mau nyambut atau mempersilahkan masuk siliwangi. Tapi lo liat sendiri kan bobotoh sendiri tidak tertampung di siliwangi waktu itu (atau lo ga liat ya?? ga datang kesana?? ). Jadi boro2 nyediain tempat buat jeknong waktu itu, buat bobotoh aja ga ada karna siliwangi terlalu kecil buat nampung bobotoh dan viking yang jumlahnya sangat banyak waktu itu. Nah kalian waktu itu langsung ngamuk2 di luar dan ga mau nerima dengan alasan ga disambut lah, ga bisa masuk stadion lah padahal katanya dah datang jauh2 dari jakarta. Ya udah, karna kalian ngamuk2 siliwangi (kandang kami) dan waktu itu banyak juga bobotoh dan viking yang kecewa ga dapat tiket juga dan kesal ditambah lagi kalian ngamuk, ya udah bantai tuh sama yang di luar hahahaha....
    tragedi kuis yah?? 2 minggu sebelum kuis itu dimulai, kalian sudah menebar ancaman terutama lewat internet (email dll) kalau viking sampai datang pasti di bantai, tapi kami datang bukan karna nantang mau ribut sama kalian, tapi karna ga enak dah janji sama indosiar jadi kami berangkat. dan kalian waktu itu kalah ngadu otak, pas di luar (kantin) kalian langsung ngajak adu oto...dan diserang deh di tomang sampe banyak viking yang korban, ya memang uang hadiah di transfer, tapi anak viking juga bawa uang dong bos, masa jauh2 dari bandung ke jakarta ga bawa uang???? dan itu benar2 terjadi pas di tomang, banyak uang dari anggota viking yang di ambil (curi) setelah digebukin!!! Darah kami sama (biru) jadi apabila ada darah dari teman kami yang keluar karna kalian, masa mau diam aja?? dari situ lah kami sangat MEMBENCI kalian!!! yang terbaik kah suporter yang seperti itu??? tidak ada bung dibelahan dunia manapun suporter terbaik!!karna suporter itu subjek bukan objek, dan objeknya pemain di lapangan. kalaupun mau diadain apa kriterianya?? jadi jangan pengen terkenal dan so eksis bung, karna yang terjadi nantinya suporter lebih terkenal daripada tim dan pemainnya... amit2 dah.... atmosfir menari di stadion itu tidak harus 90 menit terus menerus. ada kalanya kita nonton diam dan serius, ada kalanya kita bersorak, ada kalanya kita menari dan semua itu ada waktunya!! biar tambah pengetahuan baca ini deh :

    http://vikingpersib.net/news.php?readmore=11

    Jadi, klo bukan pelaku langsung ga usah sok tau deh... terutama yang ngasi komen diatas2 sana yg oren2 gitu lah... jangan memulai, karna kami sulit untuk mengakhiri, jadi susah damai buat damai sama kalian!!! apalagi menyangkut harga diri kami, PERSIB, Bandung, Jawa Barat, dan Sunda!!! kalian mau bilang kami kampungan atau ga dewasa atau orang dusun atau apalah... PERSETAN!!! yang jelas setiap orang berhak untuk MEMBENCI dan MENCINTAI !!!

    BalasHapus
  19. 4ever Blowing Bubbles16 Juni 2009 05.54

    Setelah membaca tulisan di atas, saya mau koreksi perihal awal permusuhan The Jak & Viking. Kebetulan, saya merupakan salah satu saksi yang merasakan awalnya percikan permusuhan itu. Dan KUIS SIAPA BERANI bukan penyebabnya. Saya katakan lagi, BUKAN DIMULAI PADA KUIS SIAPA BERANI. Saya merupakan orang yang ikut dalam kuis tersebut, tentunya dari kelompok The Jakmania.
    Jika Anda tahu akar permasalahannya, sebenarnya bermula dari penolakan rekan2 kami yang ingin hadir mendukung Persija di Siliwangi pada Liga Indonesia VII (7). Pada liga indonesia sebelumnya (5-6), jalinan The Jak dan Viking boleh dibilang seperti saudara. Bobotoh, termasuk Viking, bisa datang ke Lebakbulus saat Persib dijamu Persija di Liga Indonesia 6. Sayangnya, pertemuan The Jak dan Bobotoh di Siliwangi pada liga indonesia 6 urung terlaksanakan karena laga tersebut merupakan laga usiran di Cilodong, Depok. Gw waktu itu nonton dan Persija menang 3-1. Di Liga Indonesia 5 ga kesampaian. Lagi2 laga Persib v Persija di Siliwangi utung terjadi karena liga berhenti.
    Nah momen untuk membuktikan keseriusan persahabatan Bobotoh baru terlaksana pada liga 7. Kenapa harus lewat Viking? Viking merupakan organisasi suporter yang dianggap valid dan terstruktur secara organisasi, terbukti ada Viking Jabotabek. Namun apa yang terjadi, rombongan the jak sebanyak 9 bus yang datang mendapat jamuan yang sungguh tak akan terlupakan. Kami ditolak dan dilempar batu...keributan pun pecah.
    Rombongan armada the jak yang ke bandung saat itu langsung terpukul dan menganggap penyambutan yang diberikan sahabat mereka sebagai sebuah pengkhianatan...karena selama 2 musim (liga 5 dan 6) Viking dan Bobotoh diterima dengan tangan terbuka saat datang ke Jakarta, baik mendukung Persib bermain di Lebakbulus atau bersama-sama mendukung Timnas di Senayan.
    Dari sini lah percikan permusuhan dimulai...ibarat efek karambol, gesekan-gesekan terjadi di mana2 saat kedua kelompok bertemu...Saat the jak tandang ke Stadion Sangkuriang, Cimahi, Viking menyerang, di liga 7 (di liga 7 gw ikut juga. Heru Joko ada di lokasi saat gesekan terjadi) dan 8 (di liga 8 gw bersama 2 pengurus the jak juga jadi korban). Saat Viking ke Tangerang, (katanya) ada anak the jak yang menyerang....

    Nah setelah rentetan ini, baru muncul namanya KUIS SIAPA BERANI...so jangan sebut kuis tersebut sebagai biang masalah...itu salah BUNG!....

    BalasHapus
  20. udahh SSSSSSTTTTTTT THE JACK!!!!!!!! mu bilang kami yang bersalah silahkan..itu pendapat kalian..tp menurut kami ( BOBOTOH & VIKING ), THE JACK penghacur Persaudaraan..... NU URANG NYERI HATE MAH FILM ROMI YULI ( THE JACK & VIKING ).. SANGEUNAHNA NGOMONG BAHASA SUNDA DI SEBUT BAHASA M****T!!!! KOPLOK KAU THE jACK...

    BalasHapus
  21. Mau menyelesaikan masalah yang besar dan sudah berakar seperti ini??. Perlu tindakan serius dari hal-hal yang kecil dulu dong, pelan-pelan tapi serius. Hentikan semua cacian hinaan lewat media apapun (baju, spanduk, dll.) Karena itu bisa mengundang opini masyarakat Bandung sendiri yang antipati sama bobotoh. Apalagi dibaca sama orang luar Bandung. Kapan atuh mau bikin citra positif?!. Lambat laun yang seperti itu juga mengajari saudara2 kita yang masih kecil dengan kekerasan dan budaya yang tidak santun.

    Harus ada komitmen bersama juga, hukuman yang tegas ga pandang bulu, pemantauan yang bagus bagi siapa saja yang berulah mau bobotoh atau viking dan the jak dan apapun lah, urusin sana yang serius!. Saya malu kalau ditanya rekan saya dari Brazil ada apa sesunguhnya antara pendukung "Biru" dan "Oranye".

    Ada aksi memang bakal memunculkan reaksi. Tapi "Biru" ato "Oranye" tong saruana!. Batu dibenturin batu lagi ya pecah, kalo emosi adu emosi a ga selesai2. Buat para pemimpin organisasi yang terkait cik didik atu adain pertemuan dan pengertian lebih sering. Harus sabar emang tapi juga harus Intens berkomunikasi sama pihak yang masih berlawanan untuk segera mengakhiri pertikaian. Bravo Persib! Salam Perdamaian!

    BalasHapus
  22. be grow up.... hehehhehe..
    jangan jadi "korban" :f
    fanatisme emang bahaya kalo salah nempatinnya....
    just think before you act..

    piss ah

    BalasHapus
  23. hai semua yg baca pesan gw...

    gw emang ngak tau persoalan the jak ama viking/bobotoh krna gw bukan org jkt atau bandung...
    gw cma prihatin bgt sama kedua suporter yg besar ini...
    kenapa sih kalian harus bermusuhan????
    dari semua yg gw baca pesan2 yg diatas,coba kalian (the jak & viking/bobotoh) berdamai...
    jgn kalian liat masa lalu...
    emang qta akan maju klo melihat permasalahan yg lalu2??
    apakah qta sbagai manusia harus melihat kebelakang terus???
    klo ada org yg merasa melihat ke blakang terus,brarti dia manusia bodoh...

    saya seneng klo the jak sama viking/bobotoh itu damai...
    seperti yg dikatakan diatas,interisti itu emang benci sama milan dan juve tapi interisti tdk benci akan milanisti dan juventini...

    coba deh teman2 the jak dan viking/bobotoh kalian damai...
    kan enak klo dilihatnya..
    apalagi klo persija ama persib maen...
    itu seperti bigmatch yg di indonesia..
    itu melebihi pertandingan sebuah derby...
    klo gw blang sih,itu sepeti final pila dunia...
    pasti para pencinta bola yg ada di seluruh indonesia pasti seneng melihat keakraban the jak dan viking/bobotoh dalam satu stadion yang sama2 mendukung teamnya sendiri...

    wuiisss...
    buat gw merinding deh klo bisa damai kayak gtu...
    alnya selama di pertandingan persib lwn persija,gw seneng bgt melihatnya...
    apalagi dalam satu stadion itu di bagian timur itu ada lautan biru viking/bobotoh dan di barat ada lautan orange the jak...
    wah ini pertandingan paling seru deh...

    gw sebagai penggila bola,ngak mau ada suporter yg saling bermusuhan...
    walaupun gw di Liga Super ngak mendukung satupun klub di Liga Super,tapi gw seneng nntn...

    makanya buat teman2 the jak dan viking/bobotoh coba deh mulai skrg tmn2 bisa saling bergandengan tangan sama2 mendukung teamnya sendiri dgn sportivitas...

    ada pesan buat teman2 the jak dan viking/bobotoh dan jg buat semua suporter yg ada di Indonsia...
    walaupun qta benci sama klub A tapi qta jgn benci suporter klub A..

    itu aja pesan gw buat suporter Indonesia,semoga qta bisa saling mendukung team qta dgn sportivitas...

    salam,
    arya07
    ULTRAS_INTER75

    BalasHapus
  24. Brigade Orange Street Boys => GELUT JEUNG AING ANJING!

    BalasHapus
  25. to all the jaknong...
    apapun kata kalian,PERSIB,BANDUNG,JAWA BARAT DAN SUBDA ADALAH SATU.
    DAN TIDAK ADA DAMAI JEUNG SIA ANJINK...
    Brigade Orange Steer Boy= BANYAK BACOT LU MAH ANJINK SO TEU LU.......

    BalasHapus
  26. Thejak emang suka bikin ulah..
    penuh provokasi!

    BalasHapus
  27. 4ever Blowing Bubbles17 Juni 2009 05.50

    Terserah Anda tidak terima dengan fakta2 yang saya berikan sebelumnya, itu hak Anda. Tapi kalau memang mau damai itu mudah...Berikan jaminan dan tempat kepada The Jak/suporter Persija saat Persib menjadi tuan rumah di kandangnya. Ini kunci dari perdamaian itu. Kalau Bobotoh/Viking bisa menerima, saya yakin 100 persen damai akan terjadi...Seperti yang saya katakan di tulisan saya sebelumnya, embrio permasalahan dimulai saat rombongan the Jak ditolak datang ke Bandung saat Liga 7. Bisa ga?....ehmmm sebuah pertanyaannya yang ga gampang yah dijawabnya...well kalau memang tidak ingin damai....biarkan lah kondisi ini dilanjutkan...Itu terserah Anda-Anda semua...

    BalasHapus
  28. Mas Luzman terima kasih atas undangannya. Sudah lama saya denger tentang Viking vs The Jak. Tapi tidak semua orang Jakarta setuju pada sikap The Jak kok dan juga sebaliknya mungkin juga tidak semua orang Bandung setuju pada sikap Viking tentang permusuhan ini kan?

    Sepakbola tanpa suporter ibarat sayur tanpa garam, akan hambar. Maka itu saya ingin menyikapinya di pihak yang netral. Sebagai suporter kita boleh fanatik pada tim kesayangan kita, tapi alangkah sayangnya jika menyalahkan kefanatikan ini. Memang susah, karena karakter suporter kan berbeda-beda latar belakangnya dari segi pendidikan, status sosial ataupun ekonomi.

    Tapi intinya, saya setuju akan keberadaan suporter yang fanatik. Tapi tidak setuju pada fanatik buta yang menyebabkan permusuhan.

    Mending kita berharap aja ya rekan-rekan semua, bagaimana mimpi PSSI menjadi Tuan Rumah PD 2022 terwujud? Walaupun nantinya harus menjadi tuan rumah bersama Australia, mungkin?

    Bravo sepakbola Indonesia, bravo juga buat Viking dan The Jak, kapan kalian akur? Alangkah indahnya DAMAI! PEACE!

    BalasHapus
  29. di bandung juga sekarang sudah merajalela pendukung the jack sampai sampai sekarang saking merajalelanya the jack di bandung, saya sampai sering sekali mengeluarkan uang receh saat parkir. (ngerti kan?)

    BalasHapus
  30. anak betawi ketinggalan jaman, katenye anak betawi ga berbudaye ( emang baleg sih ceuk urg mah da tingali weh kalakuanna the jack ,nu penting mah PERSIB NU AING ANJING!)

    BalasHapus
  31. THE JACK SEPERTI SEONGGOK SAMPAH DI LANTAI

    BalasHapus
  32. @ bRIGADE STRET ORANGE : BOS,,, TOLONG LIAT KELAKUAN ANAK THE JACK DI FB PAGE "VIKING ANJIN"
    SORRY BOS AGAMA GWE ISLAM,,, GWE NGA TERIMA PAS ADA KATA KAYA GINI DI STATUS "VIKING ANJINK""viking di stadion diem kaya nonton bokep!!Naudzubillah mindzalik" JUJUR AJA BAGI GWE TUH DAH NGELECEHIN AGAMA GWE,,, KO KATA" SUCI DI CAMPUR MA KATA" KOTOR???OKAY LAH TAROLAH IAA,,, PEMICU SIAPA BERANI TU KARENA KITA ANAK VIKING,,, KALO IA THE JACK NGAJAKIN DAMAI,, KALO IA THE JACK SUPPORTER NAPA MAS THE JACK BANGGA KALO DAH BUNUH ORANG, KALO DAH PUKULIN ORANG,,, NGA PERCAYA,,, LIAT TUH PAGE!!!

    BalasHapus
  33. wah jadi rame gini yah.. :f
    gara2 posting ini rating blog sy bisa naik uy.. hehehehe

    saya sendiri masih bingung sebenernya awal mula permusuhan ini gimana sih? baru ngikutin bola dan persib tuh tahun 2002. nah setahu saya sih rame wae the jak jeung viking

    tapi sy mah di kampus loba the jak biasa we lah, sepupu sy juga ada yg the jak. kalo the jakna ngajak gelut baru hajar..
    tergantung situasi juga,, hohoho:))

    setuju nih ama pendapatnya arya07..
    benci persija nya aja tapi kalo ke the jak nya mah biasa aja
    jangan liat masa lalu terus
    pingin banget sebenernya liat kayak milanisti dan interisti,,
    permusuhan yang damai
    musuh tapi damai.. hahahaa

    ayo
    LANJUTKAN!!

    BalasHapus
  34. damai....sumpah yyyeeeeeeeee....sebenernya gw pengen bngt damai...darah gw setengah bdg stngh jkrta...tapi sorry ga ada tempat buat warna orange di hati ini!!! wkwkw..ppsssiiisss dlu ah...
    di jakarta gw di kelilingi sepupu2 gw yg anak jaknong...seruu bos...ceritanya kita saling eeejeekk tapi ga saling benci...karna kita sodara...coba deh...saling ejek...tapi jangan pake esssmosi...seru tuh...malah bisa bikin kita tambah akrab...bukan tambah jauh...

    oh iya...tapi kadang2 kalo keterlaluan ngejeknya...pake bawa2 persib,bangsa sunda (inget ya SUNDA BUKAN SUKU TAPI BANGSA),dan agama ke dalam ejekan...tu baru wajib di hajar!!!!

    BalasHapus
  35. rame bener ...
    harus ada yang memulai perdamaian, jangan mudah terprovokasi orang-orang kerdil dari kelompok manapun. Jujur saja, sebagian dari kelompok supporter memang masih ada yang kampungan dan merusak. Apakah itu dari Viking, JakMania, Bonek dll.

    Jangan mudah menuduh kelompok lain, tapi bagaimana masing-masing menghukum kelompoknya sendiri jika berbuat salah.

    Itu aja deh ...

    BalasHapus
  36. yus hendarman19 Juni 2009 20.57

    yus "Sekedar ngasih tau, the jak N warga betawi emang bnr kampungan. Saya org bdg yg tinggal djkt, sumpah.. the Jakjing itu dekil2, beda ma org2 bdg yg gaya2 he..he. Sering jg ngeliat Jakjing N warga betawi yg dtg kesenayan tanpa alas kaki... astagfirullah..!! tp kalo dipikir2 wajar sih krn the jak tuh 90% anggotanya ank2 jalanan N kaum tdk berpendidikan. Jrg sekali org berpendidikan spt mahasiswa dsb masuk jd anggota the jak, tentunya beda spt dibdg... kampus tuh justru jd basis pendukung persib. Maaf bukan memprovokasi Jakjing N betawi, tp coba kalian jujur pada diri sendiri...! Trus.. Bobotoh tuh ttp eksis djkt ngga spt Jakjing dbdg, sbg bukti didaerah setiabudhi jaksel ada rmh yg terang2an nempel spanduk persib didpn rmhnya... ada ngga jakjing yg berani spt itu dbdg???"

    BalasHapus
  37. sepertinya indonesia perlu buka cabang olahraga baru, "gelar bela diri suporter bola indonesia".

    cabang tunggal dan regu juga boleh.

    biar ada ajang pelampiasan sakit hati dan dapat piala.


    GIMANA MENURUT SOBAT LAIN.. SETUJU GAK...???

    BalasHapus
  38. Maaf, ini ribut masalah ambalat, ya?
    ato Perang nuklir Korea Utara?
    Korea Utara sekarang masuk Putaran Final Piala dunia.. Hebat ya..

    Teman dan sahabat.. sampe kapanpun perdamaian antara Viking-The Jack tidak akan tercapai selama saling menyalahkan, sama2 meyakini bahwa orang lain lah yang bersalah. Jika kalian ingin tahu yang salah, dan mengadili seadil2nya orang yang bersalah, bawa aja ke pengadilan.

    Please, siapapun yg jadi administrator situs apapun yg mengatasnamakan community Vicking ato The Jack, fungsi sensor Anda sangat diharapkan. Jangan sampai kata2 provokatif -baik yg normatif maupun yg tidak-, terbaca oleh setiap orang. Jenuh dan malu liatnya uy, apalagi kebaca sama bangsa lain, terkesan kita bangsa yang gak berbudaya jadinya..Kebebasan berserikat dan mengeluarkan pendapat jangan sampai hanya membawa kita ke tempat yg tidak bermartabat, apalagi bejat.

    Kuring pendukung Persib, tapi teu sudi mun ninggali bobotoh anarkhi..jadi kababawa era..mun ulin ka dulur nu di jakarta..
    Ti mimiti ayna (dari sekarang), hayu (mari), urang sasarengan (kita bersama-sama), janten pelaku sepakbola (supporter juga berperan sebagai pemain ke-12)yang bermartabat..

    Sakitu ti emang.. hatur nuhun..

    BalasHapus
  39. Viking bisa aja damai sama tetangga sebelah, tapi ntar taon 2022..
    pas Indonesia tuan rumah Piala dunia!
    hakksss..
    http://kendhin.890m.com/emoticon/capek.gif
    http://kendhin.890m.com/emoticon/capek.gif

    BalasHapus
  40. Anak kosan passpudd21 Juni 2009 04.50

    Maaf kang..,Maaf bang..
    Setau kami DAMAI itu praktek, bukan teori.
    Waah..indonesia banyak filsuf ya..
    Pantes ga maju2,kebanyakan pemikir,bukan pekerja.
    Check yourself first.

    BalasHapus
  41. Penjaga makam persija21 Juni 2009 04.55

    sampai ngebusa kalian ngomong, ga bakal damai
    siapa sih kalian, ketua VIKING & THE JAK?
    seberapa besar pengaruh kalian di 2 organisasi besar ini?
    skarang ngaca, liat rambut, tuh ada ketombe, ga keliatan kan? nah itu KALIAN.

    BalasHapus
  42. Bukan gugun gondrong21 Juni 2009 05.16

    untuk anak THE JAK yg katanya punya THE JAK Bandung. Gausa belaga ya, organisasi kalian bs ada di bdg juga karena beberapa anak VIKING juga.
    Mungkin hati nurani anak VIKING lebih jernih dari kalian, sampe mnjaga keberadaan pndiri & korda kalian.
    Ada yang kenal AJI?
    atau so so an nyebut The Jak bandung gara2 cm sekilas denger?
    makanya jangan munafik jd orang. so so an ngehina bandung tp tiap weekend nelpon tmennya di bdg minta dtemenin liburan. kenapa,jakarta sumpek? iya org bandung uda tau. makanya siapapun klian masi diterima di bdg.
    Org bdg hanya minta sikap kalian slayaknya tamu, permisi-sopan-pamitan. Ga ribet kan.

    Trus masalah damai, gausa banyak bicara di dunia maya. DAMAI mulai dari diri sendiri, rubah dan jaga sikap ke pihak lain.

    Mu minta dijamu? Ko mu namu maksa minta disambut..

    Ngertiin bobotoh Persib lah. siliwangi ga cukup nampung mereka, apalagi buat tamu. mau klian nonton ga nyaman? ini salah satu pangkal krusuhan. Jalak? jalak aja ngga nampung bos.. apalagi lawan tim Jakarta Orange FC itu, kan ktanya tim ini klub ibukota yg banjir pmain bintang, ya pst byk lah bobotoh yg nonton. ky nnton artis ibukota gitu..

    Uda ah, yg jelas org indon tu kbykan basa basi, byk mau, tapi ga mau gerak. pengennya dingertiin.

    hahaha... kekanak-kanakan sangat.

    BalasHapus
  43. sutiyoso cinta persija21 Juni 2009 05.20

    sunda = ramah
    betawi = ?
    persija = antv
    persib = ?

    BalasHapus
  44. anonim ribut loh ma gw...dasar vikjing ga taw adat..orang dusun smua!!!!!

    BalasHapus
  45. @ armygera -> iya saya juga sebenernya pingin buat sensor gitu. jadi kalo nulis anjing yg keluar ****** gitu aja.. tapi ga tau caranya uy.. :@
    kalo diapus langsung kan sayang juga. ga keliatan komennya..:@
    sok atuh sekarang mah kesadaran diri masing2 aja jangan ada kata2 provokatif dan kasar..
    tenang aja bos orang luar negeri mah ga akan ngerti.. hehe :))

    @ Anonim -> anonim yg mana nih yang dimaksud?? kebanyakan anonim jadi bingung.. hehe :f

    BalasHapus
  46. ah moal matak gampang ngadamaikeun viking jeung the jak mah....moal seru atuh boz mun eweuh lawan dan kawan mahhh di mana2 ge mun eeuh lawan mah moal seru....haseum ah nu ngajak damai2 mah....:((

    BalasHapus
  47. Jakmania Karawang22 Juni 2009 06.57

    gw Jakmania Karawang, gw ga anti viking tuch, coz tmen2x gw jg nak viking, gw ga lahir di jakarta, tapi gw cinta persija, sebenernya kita cma terbawa iklim persepakbolaan tanah air, sekarang gw mw nanya, law ada negara lain yang mw menggempur tanah air kita, apa lo masih mau musuhan ha??
    mikirlah, katanya cinta tanah air, tapi sama sodara sebangsa dan satu tumpah darah musuhan, kan bodoh itu namanya, kita sama-sama pengen senang dan pengen maju, jadi DAMAILAH SAUDARAKU..... btw gw The Jakmania yang punya KTA, jadi gw minta maaf law ada kata-kata yang kurang berkenan, semua opini adalah PRIBADI, gw ga mw bawa almamater kebanggaan gw THE JAKMANIA, coz tanggung jawabnya berat.

    BalasHapus
  48. hooligan ANTAPANI22 Juni 2009 06.59

    aing mah tetep dukung persib
    sakali musuh tetep musuh

    hidup persib

    BalasHapus
  49. hooligan antapani22 Juni 2009 07.03

    masalah ad yg menggempur tanah air mah tu masalah lain lah bray....tapi kalo masalah persepakbolaan kita tetep g bakalan bisa damai...percuma lah kalo kita damai juga toh yg damai tuh kan pasti cuma dedengkotnya aj tapi tetep kebawahnya mah g bakalan ad yg bisa damai....:((

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah lain apanya? masalahnya sama, KESATUAN DAN PERSATUAN!!! jd seandainya klo ada yg mnggempur negara kita, kitany malah belum bersatu dan msh terpecah belah, trus gmn caranya mngusir penjajah klo gak ada persatuan. tp klo awalnya kita dah bersatu padu, diserang kpn saja kita mah insya Allah dah siap.

      Hapus
  50. Jakmania Karawang22 Juni 2009 07.09

    ga da yang percuma law kita mau usaha, yawh msalahnya cma kita mau atw nggak, itu doank ko...

    BalasHapus
  51. ujang the jak bsis sumedang22 Juni 2009 11.00

    jak mania basis sumedang
    tuk all gw heran sma semua koment d atas,,,,,,,,
    knpa c semua itu msh mengedepan kan ego nya masing2,,,,,,,,,,,
    jujur y aing teh dlu jga pendukung persib bobohtoh sejati,,,,,,,,
    tp semenjak bobohtoh sdah d setir sma viking,,,,
    skrng aing teh lbih berpaling dukung persija,,,,,,,,,,,
    krna mencintai sebuah klub sepakbola,,,,,,,
    bukan d ukur dri fanatisme kedaerahan,,,,,,,,,,,
    tp d ukur dri hati nurani itu sendri,,,,,,,,,,,,
    ingat gak semua nya orng2 the jak mania itu,,,,,,,
    berasal dri orng2 jkt asli bung,,,,,,,,,,
    semua suku dri sabang smpe marauke pun ada,,,,,,
    tp mereka bsa bersatu n menjadi wadah the jak mania,,,,,,,,,,,
    tp apakah viking itu bsa spt itu,,,??????????
    dlam sebuah wdah yg bermacam2 suku bangsa tp bsa bersatu,,,,,,,,???????????
    kta tunggu jwaban nya,,,,,,,,,??????????

    BalasHapus
  52. biarlah panas dilapangan tapi damai dihati, asal jangan sara, kriminal dan anarki. soal ejek mengejek dan mencaci maki itu biasa jangan masuk di hati. peace suporter indonesia...!
    setiap orang berhak mencintai sesuatu tapi tidak membenci yang lain.
    hidup persib...!

    BalasHapus
  53. setiap org berhak MEMBENCI, MEMUSUHI

    seperti halnya mencintai, menyayangi...

    so sudahlah jgn sperti politisi..
    ato org yag sok dewasa...

    kita semua sudah dewasa...
    klo suka ribut ya sudah 'selesaikan' lah seperti org dewasa...
    klo ga suka ribut ya sudah jg jgn ikut2 an...

    karena suporter bola dimana2 emang begitu..
    gesekan... ya itu resiko..

    ah sudahlah...
    kalian sudah dewasa...

    BalasHapus
  54. @ 'ujang' yg katanya org sumedang (padahal mahasiswa asal ibukota yg sedng kuliah di sana)

    kata siapa viking cuma org sunda...
    coba maen ke UI tuk berfutsal dgn viking jabodetabek...
    wah ada berbagai org disana, bahkan bahasa betawi sangat kental disana,..
    ada batak, lampung, jawa, bahkan maluku seperti nona audrey & nonny yg bahkan sekeluarga (ibu,bapak,paman) adalah bobotoh sejati.. ikut nimbrung disana..

    heueheue... ga tau die di 'kampungnya' sendiri banyak pecinta persib

    BalasHapus
  55. JPTR JAKMANIA JOGJA23 Juni 2009 00.54

    dasar viking bangsat..!!!!!bacot doank gede d internet...!!!d asmperin malah ngendok kaya ayam maw betelor...!!!!
    d Jgja ga ad viking...!!!!!!yg ada SLEMANIA,BRAJAMUSTI,PASERBUMI,JAKMANIA,LAMANIA,BANASPATI,PASOEPATI,AREMANIA,DLL...
    kecuali viking anjing!!!!!!!

    BalasHapus
  56. Plizzz Jgn bawa nama suku bung,ini murni permusuhan suporter.ga ada embel2 suku.ok

    _SATU INDONESIA SATU_PERSIJA AMPE MATI_

    BalasHapus
  57. Damai ajalah sesama bangsa

    BalasHapus
  58. Contoh diluar negeri bagus tuh. Bukan superternya yang dimusuhi tapi clubnya kalo main gak bagus. Jadi bisa mamacu semangat club tuk tampil cantik. Gak kaya kita antar superter berantem. Yang didapat clubnya gak bisa main bagus, seuperternya bonyok. Renungkanlah Viking dan Jakmania.

    BalasHapus
  59. waduh kang
    ga bisa ngomong apa-apa ahh
    kurang respek ama liga indonesia
    hehehe
    lagian ane juga anak bekasi
    persikasinya memble bener :))

    BalasHapus
  60. Bos mending kita atur aja pendukung kita masing2,biyar gk pada ribut kaya kucing and ajing.........!!!

    BalasHapus
  61. ini permasalahan viking ama the jak, buat yang ngaku superter bola dari jogya jangan ikut nimbrung urus aja makanan gudeg ama pecelnya beres kan !

    BalasHapus
  62. Siapa bilang untuk berdamai itu susah??? The Jak itu paling gampang klo soal berdamai. Dulu kami pernah musuhan sama suporternya PSIS panser biru n snax, setiap kali The Jak melakukan tour kandang selalu di timpukin di daerah Semarang...tapi pas janji perdamaian itu dari pihak The Jak ngga minta banyak kepada snax, The Jak hanya minta The Jakmania di terima minimal 200 orang di kota Semarang khususnya saat Persija berlaga di semarang. kemudia dari pihak snax mengabulkan/menyutujinya hingga sampai sekarang perdamaian itu tetap terjaga bahkan Insya Allah sampai selamanya..Amin.
    jadi ngga ada yg ngga mungkin The Jak sama Viking bisa berdamai kok asalkan viking mau menerima 500 The Jakmania di kota Bandung, The jak siap menerima viking di jakarta bahkan sampai 2 ribu viking pun. Udah kaga jamanya sekarang jotos2an, skarang jamannya bahu membahu tuk mewujudkan Satu Indonesia Satu.

    BalasHapus
  63. abolitionist29 Juni 2009 23.33

    sampai kapan pun Viking(Bravo!!) ma the Jak(cuih!!) g bakalan damai.......Permusuhan abadi..udah mendarah daging.....Apapun yg di omomgin ...g bakalan di denger...

    Biar ditembak sekalipun mereka akan tetap pada pendirian nya.....
    BRAVO PERSIB......!!!!!

    BalasHapus
  64. aduh orang gila pake ngikut2 jauh lagi dari jogja...
    JPTR apaan sh?
    Jablay Pitak Turunan Rambo?
    hih hah Hidup The Jak (tapi boong) ora sudi aku nyebut kaya koe..
    podo ae kita wong jowo tapi kita seneng ning PERSIB trus piweh?
    sampean ra Enak?
    HIDUP PERSIB bobotohmu ada di mana2,jangan mau dukung Persija cz itu kan team CUPU untung aj sekarang ga masuk ZONA DEGRADASI masa dari urutan 2 Ke urutan 5 apa 6 ya?
    udah lah ngapain juga gw ngurusin PERS-IJAH ga penting juga X..
    tapi inget gw bukan anak VIKING tapi gw BOBOTOH SEJATI RELA MATI DEMI PERSIB YANG SANGAT KUCINTAI...
    SALAM DAMAI AJA BUAT BONEX..
    BUAT BONEX YANG ADA DI SELURUH INDONESIA KAPAN2 KITA MAEN KE BANDUNG YUU...TAPI INGET THE JAK GA USAH DI AJAK TAR DI BANDUNG MALAH MENCRET2 LAGI KAN NGEREPOTIN..HICK..HICK..
    PEACE AHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH..........................................................................................................................................................................................................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


    BRAVO OLAHRAGA....

    BalasHapus
  65. -KARAWANG PERSIJA AMPE MATI -
    KARAWANG EWEUH VIKING NU AYA GANGSTER XTC.
    DI KARAWANG AYA THE JAKMANIA Nusantara dari berbagai suku bangsa.
    DI KARAWANG AYA NU RESEP PERSIB NGAN TUTURUT MUNDING
    DI KARAWANG SATU JAKMANIA SATU
    DI KARAWANG AYA AREMANIA ASLI
    DI KARAWANG AYA BONEK BUDAK VIKING NU NGAKU2X KITU
    :D

    BalasHapus
  66. black jakmania6 Juli 2009 09.51

    ok,kmi memang sadar bahwa perseteruan tuh takkan pernah pdam.!:$

    smpe kita kakek2 atau ne2k pun perseteruan tuh msih bkal ada.!

    tp apakah kita bsa mlihat anak cucu kita trus bermushan yg tdak tau pa sbab na.!

    kita smua sudah dewasa,mrilah kita bersama2 dkung tim kita msing2 tnpa adanya permushan!

    sadar lah kau smua

    BalasHapus
  67. SEBENERNYA SAYA BENCI BANGET SAMA THE JAK,
    TAPI SELAMA ANDA SOPAN...

    KITA JUGA GA AKAN MULAI DULUAN KOK...

    TERJEMAHAN SUNDANYA:

    AING GELEUH PISAN KA THE JAK,
    TAPI MUN MARANEH SOPAN..

    AING GE TARA MIHEULAAN...

    TERJEMAHAN BONEK:

    THE JAK IKU MEMANG NGGATELI COK,
    TAPI LEK KOEN SOPAN..

    AKU YO SUNGKAN..


    =tinggalkan perseteruan tetap dalam lapangan! tapi jika terpaksa...kita pun bisa melawan!!!=

    BalasHapus
  68. agh tai anzink the jack magh????

    BalasHapus
  69. kalo yg ribut2 itu seperti katak dalam tempurung dan ga punya wawasan luas. mudah sekali di provokasi sama sampah2 masyarakat.
    mulailah sadar smua hai orang INDONESIA...!!!
    damai... gw pengen banget dah tuh.. apalagi kalo orang yg udah pernah keluar atau merantau baru mengerti indahnya perdamaian...

    gw orang jakarta tapi gw punya banyak temen orang bandung. banyak orang bandung yg bisa tinggal di jakarta dengan aman begitupun sebaliknya tidak sedikit pula orang2 jakarta main atau tinggal di bandung dengan aman.

    gw yakin ga semua orang jakarta suka persija... bisa juga suka arema, PSMS, atau klub2 lainnya. begitu juga gw yakin ga semua orang bandung suka persib... bisa juga suka klub2 lainnya.

    selera boleh beda tapi tetep satu bangsa INDONESIA...

    salam jempol telunjuk

    BalasHapus
  70. viking anjing . hahahah
    macan kemayoran siap menerkam nJ dan viking .
    fuCk viking
    by : the JaCk

    BalasHapus
  71. :D kata sapa d krw viking cuma ikutikutan .cuy viking dah ada dari tahun 95. uiya w mau ingtin w calon sarjana n w nak viking. uiya anggota kami yang resmi hampir 1000 orang blum simpatisan .the jak baru ada pas tahun 2007 d karawang. udah gtuh kbanayakn nak gangster briges gtoch .yang kmaren ada kasus pembunuhan d tv itu nak jak/briges.coz kebanyakan nak cucu nya pensiunan tentara yng rmah ny bentar lagi pada di gusur gw ampe hapal basis mereka di 324

    BalasHapus
  72. ANAK JAKJING MA MANK PADA SO TAU SIH GEMBEL OGE JELEMA TEU BOGA ........TEU KOS KITA CALON SARJANA N SARJANA BENERAN HAHAAAA PEGAWAI BANK GITUH BUKAN ANAK JALANAN KAYA MEREKA.......................................................................................................

    BalasHapus
  73. viking likar14 Juli 2009 00.28

    SATUJU JAK TETEP ANJINK HAHAHAHA :))
    AKU JUGA BARU SMA di likar ..... n citacita mu jadi sarjana eknomi kaya senior viking di atas ..... hidup persib
    x( n bwt jak jangn sosotaan

    BalasHapus
  74. viking jakarta14 Juli 2009 00.37

    :@ aduh pusing :~ aku mual liat kelakuan jakjing

    BalasHapus
  75. buat anak viking jgn kya banci bandung,ngoceh doang,kalo gak seneng sma thejak ywdah,qta emang gak pernah satu,ga usah bnyak komentar,kami sebagai suporter cuma mau dukung tim kami,bkan buat cari ribut/adu bacot.
    salam dari gw THEJAK TANGERANG,beda kota tapi tetap,SATU JAKARTA.

    r_one201@yahoo.com

    BalasHapus
  76. ha2x. kta spa Jak Karawang cma dari Brigez, dari XTC+M2R+CTR+GBR dll jg ada tuch, tp gw bkan gangster, gw supporter pasundan asli wlaw gw ga lahir di Jakarta atw Jabar, ha2x. satu jakarta satu. :D

    BalasHapus
  77. x(eh sapa namalo sebutin dasar stersss s gw knal sama ketua genk2 di atas...... di viking juga ada anak gangster tp kami gug pernah bawabawa nama gangster ... kami viking ..sebutin nama lo ...viking gug banci kya jakblay... pake bawa bawa nama begituan
    ...satu lagi viking jakarta ada lebih dulu dan bukan minoritas disan mereka berani pake baju viking kel;iling jakarta ...... coz kemaren w maen kesana ..lain hal nya dengan jakbandung yang ngumpet melulu .jakbndung bisa adadi bandung juga berkat viking senior...berterima kasih lah:))

    BalasHapus
  78. viking beca tiguling15 Juli 2009 06.50

    the jak mah = gangster/gembel/tukangparkir kebanyakan
    viking is the real suporter
    jak looser, are u asshole
    u understand
    kita mah kebanyakan ank kuliahan men gug kaya lo gug berpendidikan kebanyakan tukang parkir kacian:o

    BalasHapus
  79. jakjink pecundang bawa bawa nama genggong banci

    BalasHapus
  80. lo za kali yang banci, bkti y di malang pda ngumpet, ha2x.

    BalasHapus
  81. Budak baonk dirgantara21 Juli 2009 00.56

    x(
    heY bn9sat y9 n9akuX d jo9ja!Ulah asal n9'baCOT l0_
    ain9 viKIN9 sejati,tiap kali gw jalN kLiling jo9ja gw pke kaoz yg brTulisan muJI d'jack"REST in HELL for PERSIJA" lo pda kMn?P cuma brNI n9mn9!Pdhl gK pnya koNtol..Anjin9 jacknon9..PokoX 7 turunaN,gw tURunin k'tUrunaN gw bt bEnci kalian..Tp 7 tUrunan pa jaCknon9 msH ada y?Jn9n2 udh benran "reST in HElL"..The jaCk..Anjin9
    vikin9/bobotoh/peRsiB tetep daRAh&nafas gW..

    BalasHapus
  82. thejak bwa" gangster sgla??

    kaya tw sejarahnya aja, dasar bocah ingusan..

    gmna sih ah???

    kata siapa lagi XTC dkung thejak??
    liat aja group XTC-Viking di facebook..
    smua anggotanya dkung Persib..

    Just Holligans not Gangster!

    BalasHapus
  83. ya ampun... naha jadi pada berantem gini yah?
    hehehe
    :f :D :) ;;) :x :$ x( :?
    :@ :~ :| :)) :( :s :(( :o

    BalasHapus
  84. ada grupnya nih di facebook
    JAKVIKING INDONESIA
    http://www.facebook.com/group.php?gid=94026097479&ref=mf
    silakan kalo mau join
    hidup persib

    BalasHapus
  85. sampai mati gw viking dan persib,gw benci jak anjing dan persijanya by:viking galuh laut kidul panganadran

    BalasHapus
  86. eta jak karawang tai pisan!!!
    ngerakeun karawang wae sia!!!
    ulah mamawa gangster sia!!!
    aing urang karawang asli anjing!!!
    ceuk saha viking karawang cuma ngingiluan?

    sia urang karawang asli lain anjing!!!
    ku aing tungguan d johar sia!!!

    BalasHapus
  87. PSIS YANG PALING OKE LAH.... PADA RIBUUT AJA... CUMA ORANG GAK MAKAN PENDIDIKAN YANG SUKA PADA RIBUT

    BalasHapus
  88. ndaru ilham sukoco10 Oktober 2009 10.42

    berarti orang yang makan pendidikan ga pernah ribut dong? kata siapa?! orang yang berpendidikan juga ribut ko.. anda salah boy! salam ye buat anak anak semarang extrim

    udalah biarin aja the jak dan viking seperti ini, liga indonesia tanpa permusuhan viking dan the jak akan terasa hambar..

    persija sampe mati men !!
    salam hangat juga deh buat para bobotoh bandung

    BalasHapus
  89. Bingung mana yang SALAH & BENER...

    BalasHapus
  90. buat Viking-The Jak coba renungkan ayat-ayat ini



    Al Quran (4) An Nisaa’ : Ayat 148

    Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya (QS. 4:14

    Al Quran (7) Al A’raaf : Ayat 31

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (QS. 7:31)

    Al Quran (7) Al A’raaf : Ayat 55

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas (QS. 7:55)

    Al Quran (6) Al An’am : Ayat 141

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (QS. 6:141)

    Al Quran ( Al Anfaal : Ayat 58

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berkhianat. (QS. 8:5

    Al Quran (2) Al Baqarah : Ayat 190

    sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS. 2:190)

    Al Quran (22) Al Hajj : Ayat 38

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai tiap-tiap orang yang berkhianat lagi mengingkari nikmat. (QS. 22:3

    Al Quran (5) Al Maa-idah : Ayat 87

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS. 5:87)

    Al Quran (2 Al Qashash : Ayat 76

    sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri (QS. 28:76)

    Al Quran (2 Al Qashash : Ayat 77

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. 28:77)

    Al Quran (3) Ali ‘Imran : Ayat 32

    sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir (QS. 3:32)

    Al Quran (16) An Nahl : Ayat 23

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. (QS. 16:23)

    Al Quran (4) An Nisaa’ : Ayat 107

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang selalu berkhianat lagi bergelimang dosa (QS. 4:107)

    Al Quran (4) An Nisaa’ : Ayat 36

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri (QS. 4:36)

    Al Quran (31) Luqman : Ayat 18

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (QS. 31:1

    Al Quran (2) Al Baqarah : Ayat 205

    dan Allah tidak menyukai kebinasaan (QS. 2:205)

    Al Quran (2) Al Baqarah : Ayat 276

    Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa (QS. 2:276)

    Al Quran (57) Al Hadiid : Ayat 23

    Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri (QS. 57:23)

    Al Quran (5) Al Maa-idah : Ayat 64

    dan Allah tidak menyukai orang-orang yang membuat kerusakan. (QS. 5:64)

    Al Quran (3) Ali ‘Imran : Ayat 140

    Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim, (QS. 3:140)

    Al Quran (3) Ali ‘Imran : Ayat 57

    dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim. (QS. 3:57)

    Al Quran (30) Ar Ruum : Ayat 45

    Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang ingkar. (QS. 30:45)

    Al Quran (42) Asy Syuura : Ayat 40

    Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim. (QS. 42:40)

    BalasHapus
  91. menurut saya, kalian itu sama saja.
    saya asal sunda dan tinggal di jakarta.
    saya melihat perbedaan dan persamaan kedua kubu yang sama - sama saling menghujat dan menyerang.
    tolong introspeksi diri sendiri sebelum men-judge orang lain...
    sebab perbuatan kalian (bobotoh dan the jak) sama - sama mencoreng muka sepak bola indonesia.
    the jak dan viking sama saja!
    sama - sama rusuh!

    BalasHapus
  92. aldy kissmyboot2 Desember 2009 23.54

    comment-comment diatas kalo saya baca rata" munafik diawal,menyerang di akhir. sok"an bacot kaya alim ulama tau segalanya,akhirnya menyerang dengan kata" kasar di akhir. kalo memang ingin damai y berlakulah seperti orang penuh kasih sayang,berkata sopan. kalo ingin tetep ribut g usah pake prolog peumpamaan damai itu indah
    ceuk aink mah ribut mah ribut we, soal damai mah kumaha ngke. sepak bola buat dinikmati bukan untuk di pikirkan. lainna jadi ubar setres malah jadi racun hirup. masalah pikiran mah keun we sina pelatih nu mikiran. urang tinggal nonton,bersorak,menangis. lamun aya nu nyenggol nya wayahna diladenan. kalo dalam istilah jakjing sono "lu jual gw beli".

    VIVA PERSIB!!

    BalasHapus
  93. viva persib,,,,gw benci persija sampe mati,tapi ga benci the jak,,the jak tetep sodara buat gw,,,,salam damai satu indonesia,,,,,


    biar persib-persija aja yang bentrok dilapangan (pastinya persib bantai persija donk,,,hahaha)
    kita penonton cuma bisa dukung dengan damai,,,,
    menang ato kalah,,(tentunya harus persib yg menang,,,wkwkwkwk)


    buat yang rusuh,,ntu bukan the jak ma viking,,,cuma pecundang2 aja yg mengatasnamakan jak n viking,,,,,secara ga sadar kita cuma ditunggangin ma orang2 ga bertanggung jawab,,,,,


    salam damai buat jakmania,,,, ~delanz_bobotoh persib sampai mati yang tinggal dijakarta~

    BalasHapus
  94. di Jawa Timur ada Bonek vs Arema
    Di Jawah bagian Barat ada The Jack vs Viking..
    tp mnurutku itu hanya suporter nDeso yang g'tw sportifitas dalam sepak BOLa,,

    inilah yg mbuat aQ males nonton Sepak Bola Indonesia,,

    coz aQ g'bgitu fanatik ma slah satu Club di Indonesia,,,,,

    tp klo aQ leh coment,,,

    saya rasa para suporter di indonesia ini g' ada yang saling bermusuhan,,,

    buktinya Jambore suporter taun lalu di Malang berjalan dengan Lancar toh,,,

    yang selalu bikin resek itu suporter yang g'jelas asalnya,,,

    klo bleh saya contohkan seperti Bonek yang slalu bikin rusuh bukan asli Bonek Jawa maksudku bukan SARA ataw mrendahkan salah satu suku,,, Bonek yang slalu bikin rusuh tu Bonek Mad**a,,,

    soalnya saya pernah liat ndiri saat terjadi kerusuhan ditambaksari dulu,,,

    BalasHapus
  95. weeeeeeey yg pada komeeennnnnn mo jeknong mo viking my brother klo mo liat sapa yg salah semua jg ada salahnya....
    Bisa ga, ngaku kalo kita itu dah salah trus minta maaf "Minal aidin wal fa idzin" gitu lah ga usah nyalahin lagi lawan dan kita juga salah ..... kan klo udah salah semua ...... kata pa guru nilainya nol ga naek kelas dech ... ke ke naha jadi kieuu !!!! sok we lah palikiran ku kabehan

    BalasHapus
  96. keep hating. blue street hardcore hooligan bandung.

    BalasHapus
  97. tmn2 the jak, sahabat kami viking/bobotoh persib, sblmnya saya minta maaf, bukan saya bermaksud menggurui kalian semua, tp apa salahnya kita semua berpikir jauh ke depan, utk melihat kalian akur lg, yg lalu udahlah sob jgn diungkit lg, klo kalian semua merasa paling bnr atau saling menyalahkan ga akan habis2nya, klo kalian msh ttp melestarikan permusuhan ini sampai kpn pun jg, kalian jg yg akan menanggung dosa2 penerus pendukung persija atau viking/bobotoh, ingat sob memaafkan itu lbh mulia, jd terserah kalian aja siapa yg meminta maaf duluan atau memaafkan krn tujuannya cm satu yaitu perdamaian titik, salam damai sahabat2 kami the jak dan jg viking/bobotoh persib, from pusamania

    BalasHapus
  98. Aku yakin. Suatu saat Viking & The Jakmania akan damai..... Mari kita uasahakan agar suporter indonesia bisa menjadi cerminan dari masing-masing budaya yang selalu menjaga adat ketimuran.
    ramah, santun & Sportif.
    ingat, ini ndak akan di tanya di alam kubur. selesai ketika kita mati. selanjutnya, amal-amal kita. dan persaudaraan & saling berbaik sangka menjadi catatan amal yang akan kita jadikan bekal setelah kita nanti tiada. Semangat sepak bola Indonesia & Suporter Indonesia.

    BalasHapus
  99. nah kitu resep macana oge athu

    BalasHapus
  100. the jack ama viking g mungkin bisa damai...

    kayak mimpi indonesia masuk piala dunia yang g mungkin terwujud...

    bonek-viking one heart forever

    BalasHapus
  101. OI!
    kalau menurutku...
    setelah berjalan" di dunia maya..
    the jak lah yg salah...
    ngapain jga pke ngajak tarung gara" ingin ngerebut hadiah dari viking??
    kan mreka yg mng... lah, malah direbut... pke ngajak brantem sgala lagi...
    oren oren... terima tuh akibatnya... dibenci sama banyak org... (kcuali anak jkarta sndiri)

    BalasHapus
  102. @luzman karami : aku juga gak mau menjadi org yg munafik karna pertengkaran ini...
    @fathul mubin : pasti bisa... kalau ada kemauan - pasti ada jalan...

    BalasHapus
  103. damaii lahhh,gimana persepak bolaan indonesia mau majuu
    sedangkann suporter nyaa aja sering berbuatt anarkis & rasis ...
    hanya mimpi indonesia bisa menjadi tuan rumah piala dunia..........

    PEACE FOR ALL..

    BalasHapus
  104. betul betul, udh 2011 nih masa ribut mulu,
    daripada ribut mending kita bersatu untuk turunkan burdin halid

    BalasHapus
  105. hidup persipura pace

    BalasHapus
  106. http://ianhersyah.blogspot.com

    "tuk pecinta sepak bola indonesia"

    WARNA SERAGAM BOLEH BEDA OREN,BIRU,HIJAU,MERAH TETAPI
    KITA MASIH SATU WARNA BENDERA MERAH PUTIH!!!!
    BERSATU LAH SUPORTER INDONESIA
    Sampai kapan kita harus tertinggal!!

    BalasHapus
  107. gue pernah liat anak THE JAK ke stadion masa cuma pake KOLOR doang -_-"

    BalasHapus
  108. gw tingggal di jakarta, trus bini gw org bandung, yah..pokoknya cinta persija dan persib ajalah...hahaha... laga persija vs persib sering terjadi di kamar kami berdua... gw persija, bini gw persib...hahahaha

    kehangatan cinta antara persija dengan persib...
    wow dahsyat...mantab...hahaha

    BalasHapus
  109. BOBOTOH JATIHANDAP30 November 2011 19.04

    asalnya gw benci bgt ma the jack . . ampe bencinya ama the jack, gw pengennya perang ma nak the jack ... truz ada tmn gw pinjemin kaset cd anak palestina yg lagi di bantai israel ... gw sedih liatnya .. gw lalu berfikir , sodara" kita di palestina berjuang dengan darah mereka buat ngusir israel yg jelas" musuhnya ,,. knp gw malah pengen perang ma sodara gw? ITU CERITA GW .. APA CERITAMU ? . SO DAMAI ITU INDAH .. SUMPAH TAH .. DEMI ALLOH ... GW GA BO'ONG (BOBOTOH NU TOBAT)

    BalasHapus
  110. STOP RASIS!!!
    JAKMANIA SUKABUMI! MIKACINTA PERSIJA TI TATAR SUNDA

    BalasHapus
  111. kunjungi kami :
    www.seputarpersib.com

    BalasHapus
  112. firz viking taziex24 Mei 2012 19.54

    THE JAK ANJINKKKKK

    BalasHapus
  113. THE JAK MAH ANJING

    BalasHapus
  114. john tay viking pangkalan jati22 Agustus 2012 03.36

    the jak sama the jak aja suka ribut...apa itu yang nama nya suporter terbaik..ato itu yg namanya suporter terbalik?

    maknya jang suka menghina VIKING duluaN...kami mungkin lebih baik dari pada anda.


    by...VIKING FUngkalan jati-Jktim
    kami ada kami bkan minoritas,,,.

    BalasHapus
  115. saya orang asli padang, saya mencintai sepak bola...
    mencintai dlm artian sekadar menyukai tidak sampai marah2 jika ada yg mnghina klub pujaan saya. krn jg tdk ada untungny bagi mereka mnghina, yg brsifat sementara.
    ntar mereka jg capek dgn sndiriny.

    jgn samakan mencintai sepak bola/klub pujaan dgn mencintai agama ato negara.
    klo mnjdi suporter yg baik tu,jgn sprti anak sekolah yg suka tawuran...(mlahan da yg janjian di fb).
    jgn mudah di provokasi, trkadang itu hanya oknum.
    maaf kita ambil saja misalny gini oknum yg brasal dr the jack lg mukul slh satu anggota viking. jika masalah sprti itu trjd harusnya pihak berwenang the jack mesti mnyelesaikan dgn cepat. dan hnya oknum yg berslh saja yg di hukm atao di keluarin dr keanggotannya. biar tdk mnjd sumber pertikaian yg lebih besar.

    contoh kyak kasus di lampung barusan. jawa vs bali.itu kan sebenarnya cuma oknum yg terlibat. tp krn kedua belah pihak gak brpikir dewasa(gmpang di hasut) mka dngn mudahny trjadi perang antar kampung. pdhal klo dr awal hanya oknum yg brsalah td saja yg di hukum nato di usir dr kampung maka gak bakalan makan bnyak jiwa dan harta benda.

    dan kembali ke masalah awal. maaf yg sebesar2ny, saya bukan nyalahin viking ato the jack, misal kyak awal prseteruan yg trjadi yaitu sprti bencan dr kuis siapa berani. jika bnar ketua the jack marah krn iri ngeliat viking juara, trus mukulin anggota viking di kantin.
    terus terang jika andaikan saya adalh anggota the jack yg kbetulan ngeliat langsung kejadian tentunya dan pastinya saya menanyakan dlm hati naluri saya, kenapa ketua saya ngelakuin hal tsb? jika tidak ada kesepahaman lg antara logika dan naluri saya dengan ketua maka saya akan ngundur diri dr the jack. itu pun jika ketua mukul viking krn marah saja. ingat! marah itu adalah setan yg bersifat sementara tp sangat merugikan!!!

    saya beropini begini cuma ingin ada kedamaian antar suporter, antar saudara se indonesia,jgn hnya mngikuti amarah dan nafsu saja. berpikir dengan logis dan hati nurani. jgn anggap smua orang bandung itu adalh viking, dan jgn mengganggap orang jakarta adalah the jack.
    klo ingin marah, marah lah kpd oknum yg bersalah saja.
    sperti pepatah "Karena nila setitik, rusak susu sebelanga"
    yg artinya seharusny kita benci dan marah pada satu atau dua oknum dr satu kelompok tp krn berpikir kita yg pendek semua kelompok kita benci.

    sekali lagi saya ingin sekali kita semua beratu kmbali, akur dan damai dengan berpikir positif dan berjiwa besar.
    jgn hanya badan saja yg tlh dewasa tp pikiran haruslah dewasa jg. coba lah pikir , dlu betapa susahny para pahlawan negri ini mmpersatukan bangsa ini. dr sabang sampai merauke dgn tujuan hanya satu,mncapai kemerdekan agar nntiny kita tak lg mnjd bngsa yg trjajah. tp skrg kita mlah bercerai berai. sgt mnyedihkan dan mngecewakan kelakuan kita sbagai bngsa penerus.

    ayolah saudarku hentikan konflik ini yg tidak jelas sangat tidak ada untungnya kita bermusuhan.coba pikir jika kita berdamai, orang bndung aman ke jkrta dan orang jakrta aman ke bandung atau ke surabaya.

    sekali lg bersatu lah saudaraku, seperti pahlawan kita yg dulunya bersatu.tlong hrgailah jasa2 dan jerih payah para pahlawan kita.

    BalasHapus
  116. gw lebih suka milih, sebaiknya sepak bola di indonesia di hapuskan saja/ditiadakan.
    drpada melihat saudara2 gw yg di bandung,jakarta , tangerang, persipura, malang atau dimana saja saling bermusuhan.

    gara2 adanya sepak bola malah bermusuhan.
    ondeh mandeh....managih amak pertiwi beko nak kanduang!!!!

    BalasHapus
  117. viking gak pantes jadi suporter , pantasnya jdi peghuni neraka

    BalasHapus
  118. liana kece ti lembang27 Juli 2013 11.54

    thejak ga pernah tau diri..
    Mau damai gimana kalau thejak nya banyak tingkah bus persib aja hampir terbakar gara2 thejak anjing !


    ALERGI THEJAK

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)