Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 01 Agustus 2008

Say it with Colors

Yup, say it with colors, atau ungkapkan dengan warna. Warna dapat memperlihatkan emosi kita dan juga cara pandang kita. Setiap warna memiliki arti yang berbeda. Warna yang berbeda menyimbolkan arti yang berbeda. Di sini saya akan menuliskan arti warna biru, waarna dua tim favorit saya, Persib dan Inter Milan. Lalu tak lupa warna hijau, warna sahabat Viking Bonek. Tak lupa arti warna dari rival-rival klub favorit saya: oranye untuk Persija Jakarta, merah untuk AC Milan dan AS Roma, serta hitam untuk Juventus. Arti warna ini saya ambil dari Wikipedia.

PERSIB Bandung dan Inter Milan identik dengan warna biru. Warna biru sering diasosiasikan sebagai warna langit atau warna lautan. il cielo è sempre più blu (the sky is always blue), itulah ungkapan dalam bahasa Italia. Biru bisa melambangkan persatuan, ketenangan, percaya diri, kebijaksanaaan, idealisme, loyalitas, cahaya, planet Bumi, udara, teknologi, konservatisme, kedamaian, kebenaran dan keramahtamahan. Banyak yang berpendapat biru adalah warna terbaik dengan berbagai sifat positif. Mudah-mudahan saja Persib dan Inter meraih hasil positif sesuai dengan kostum kebesarannya yang sarat dengan sifat positif.

Loyalitas sangat pas untuk bobotoh. Bobotoh selalu loyal dalam mendukung Persib, tak peduli Persib sedang terpuruk atau sedang berjaya. Sayang keramahtamahan bobotoh sedikit ternoda musim ini karena bertindak anarkis sangat Persib ditaklukkan Persija (20/7). Walaupun demikian sebenarnya bobotoh adalah supporter yang sangat cinta kedamaian. Sedangkan kebenaran sangat cocok untuk Inter Milan. Saat klub-klub besar lain terkena kasus Calciopoli pada musim 2005/06, Inter adalah klub yang tidak terlibat kasus tersebut. Yang jelas arti warna biru memang sangat sesuai dengan Inter dan Persib.

PERSEBAYA Surabaya, yang suporternya Bonek, merupakan supporter satu hati Viking identik dengan warna hijau. Warna hijau adalah warna daun dan rumput lapangan sepakbola. Warna ini sering diasosiasikan dengan pertumbuhan, kelahiran, hal-hal alamiah, kesehatan, keseimbangan, dan stabilitas. Hmm, apakah cocok dengan Persebaya dan Bonek? Saya juga bingung nih menganalisisnya. Hheheh..

PERSIJA Jakarta, identik dengan warna oranye atau jingga. Warna jingga (oranye) melambangkan Hinduisme, Buddhisme, energi, keelokan, arogan, keseimbangan, emosi tinggi, suka bermain, dan antusiasme. Hmm… untuk yang satu ini rasanya saya tak perlu berkomentar banyak. Tapi, kelihatannya memang sangat sesuai dengan watak supporter persija.. hehe… ingat warna tak pernah berbohong..

AC Milan dan AS ROMA, dua pesaing Inter Milan ini identik dengan warna merah. Sayangnya warna merah ini identik dengan makna negatif. Warna merah sering digunakan untuk melambangkan kemarahan, rasa malu, darah, kekerasan, perang, nafsu, komunisme, api, dan bisa juga digunakan sebagai tanda bahaya besar. Kalo saya sih sebagai Interisti, berpendapat warna merah memang sangat sesuai untuk kedua klub itu.. Terutama untuk AC Milan, rasa malu karena musim ini harus bermain dengan tim-tim kelas dua di UEFA Cup. Heheh..

JUVENTUS identik dengan warna hitam. Warna hitam sering dihubung-hubungkan dengan misteri, setan, ketakutan, dan kematian. Ilmu hitam adalah ilmu dengan bantuan jin. Warna yang biasa digunakan sebagai warna tinta ini juga dapat berarti modernitas, kekuatan, duniawi, kesedihan, kemarahan, formalitas, duka cita, dan kemewahan. Duniawi tampak dari manajemen Juventus yang menghalalkan segala cara untuk meraih sukes, termasuk dengan skandal Calciopoli.

Dilihat dari arti warna-warna tersebut sangat jelas kalau biru adalah warna terbaik. Hidup Persib! Hidup Inter Milan!


1 komentar:

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)