Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2008

Ramadhan Pergi, Lebaran Tiba

Gambar
Tamu yang agung itu akan segera pergi. Belum lepas dari ingatan bagaimana nikmatnya sahur dan berbuka puasa bersama keluarga. Belum hilang dari benak kita betapa semaraknya masjid pada saat tarawih, betapa ramainya orang-orang yang beritikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Juga betapa ramainya stadion si Jalak Harupat ketika Persib bertanding terakhir kali di bulan Ramadhan.. hehe.. yang terakhir maksa..
Kini kita akan menyongsong hari Raya Idul Fitri, hari kemenangan bagi umat Islam, hari di mana kita kembali ke fitrah. Sungguh tak terasa Ramadhan begitu cepat berlalu. Namun, itulah kehidupan selalu ada yang datang dan pergi. Kesenangan berganti kesusahan, kekayaan berganti kemiskinan, begitu seterusnya.
Hal ini juga berlaku di dunia kulit bundar. Kesuksesan dan kegagalan dapat terjadi silih berganti. Kita lihat betapa perkasanya performa Lazio di dua pekan awal. Namun tak dinyana di pekan ke-3 Lazio dapat takluk oleh Milan yang sebelumnya kalah dua kali berturut-turut. Sebaliknya …

Serunya Derby Jabar

Gambar
Sebelum derby Milano, di kompetisi ISL pun ada pertandingan derby, yakni derby Jawa Barat antara Persib Bandung vs Pelita Jaya Jawa Barat. Bertempat di stadion si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, derby ini berlangsung dihadiri puluhan ribu bobotoh yang tanpa atribut akibat sanksi komdis. Kebetulan dua tim ini memiliki kostum sama dengan pelakon derby Milan. Persib dengan warna birunya sama dengan kostum Inter dan Pelita yang berkostum merah sama dengan Milan. Sayangnya pertandingan yang cukup seru ini tidak ditayangkan antv dengan alasan yang cukup aneh, tidak ada jadwal siaran ISL di hari kamis. Beuh..
Saya beserta dua teman saya menyaksikan langsung pertandingan ini di stadion. Bagi saya ini merupakan kali kedua ke Jalak Harupat. Perjalanan ke sana cukup jauh. Saya berangkat dari jalan Lombok pukul 16 dan baru sampai di stadion pukul 19. Namun perjalanan panjang plus lelah akibat kemacetan terbayar melihat kemegahan Stadion si Jalak Harupat. Msih ditambah dengan hasil baik yang dirai…

Award Blogger Kreatif

Gambar
Blog Kumaha Anjeun ini tergolong baru, baru launching tanggal 21 April (pas hari Kartini.. hehe..). Namun saya cukup berbangga karena apresiasi terhadap blog ini begitu tinggi. Tiap hari selalu saja ada yang komentar baik di shoutmix atau di posting tulisan. Ada saja yang mau tukeran link. Mohon maaf buat yang belum dimasukkan link-nya, bingung euy ini teh postingnya di warnet jadi suka buru-buru. (bisi kemahalan..hehe) Nggak punya koneksi internet di rumah, harap dimaklumi yah. Apresiasi yang begitu tinggi membuat saya terus mengupdate blog ini agar semakin baik dan bisa memuaskan semua pihak.
Dan alangkah senangnya ketika beberapa waktu lalu ada yang mau memberi saya award. Adalah mas Firman (www.tendanganbebas.com) yang memberikan saya award Kreatif Blogger. Wow, makasih banyak yah mas Firman, padahal menurut saya blog Anda masih jauh lebih bagus dari saya. Jadi tersanjung nih.. hehe..


Namun ternyata award tersebut tidak “gratis”. Ada syarat-syaratnya. (wajib dikerjakan oleh blogger …

La Beneamata, Julukan yang Sangat Indah

Gambar
Sekarang saya akan membahas mengenai julukan klub. Berbicara tentang julukan sebuah klub, hampir setiap klub memiliki julukan dengan hal-hal yang menyeramkan hingga berkonotasi negatif. Coba saja tengok julukan klub-klub di Indonesia. Dari mulai Macan Kemayoran, Macan Putih, Singo Edan, Elang Jawa, hingga Maung Bandung. Malah dosen Psikologi Komunikasi saya sempat bilang,”Wah, pantes aja supporter di Indonesia tuh suka rusuh. Sesuai dengan julukan klubnya, binatang buas, jadinya pada ikutan buas.”Bisa jadi. Tapi khusus untuk Persib, sebenarnya selain Maung Bandung Persib punya julukan lain. Julukan yang indah bukan binatang buas, yakni Pangeran Biru. Menurut saya julukan ini lebih keren dan elegan, tapi sayang jarang digunakan.
Bagaimana dengan di Eropa? Kayaknya hampir sama. Jika tidak berkaitan dengan warna klub biasanya berkaitan dengan hal-hal yang menyeramkan. Sebut saja Il Lupi= Serigala (serem kan?). Atau Red Devils= Setan Merah (di mana-mana yang namanya setan yah dijauhi kok m…

Tes Beasiswa Djarum

Gambar
Jantungku berdegup kencang, tanganku gemetaran, gigiku gemeletuh, keringat darah bercucuran (lebay pisan..). Itulah yang terjadi saat hari Sabtu (20/9) saya mengikuti tes beasiswa Djarum. Tes kemarin tuh berbeda dengan tes sebelumnya. Kalo tes sebelumnya hanya menulis, membuat karangan kali ini para peserta harus memperkenalkan diri, maju satu-per satu ke depan. Masalahnya, saya paling tidak bisa ngomong. Setiap harus berbicara di depan umum, saya selalu gempeur, tegang pisan. Beda kalo disuruh nulis mah lancar. Sama aja waktu saya berkesempatan bertanya di STV saat acara Piriwit Biru..(masuk tipi tea). Wuih tegangnya bukan main..

Tes beasiswa kemarin merupakan tahap ketiga dari rangkaian tes beasiswa Djarum. Tahap pertama, pendaftaran formulir, transkrip nilai, dan sebagainya. Kemudian diseleksi mengikuti seleksi selanjutnya hanya 64 orang. Selanjutnya dipilih sehingga tinggal 36 orang. Alhamdulillah saya bisa mengikuti seleksi hingga tahap akhir. Nah dari 36 itu rencanaya akan dipili…

Derby della Madoninna

Gambar
Tanggal 28 September nanti adalah hari yang paling ditunggu di kotaMilan. Akan terjadi derby superpanas dan paling menarik di Eropa. Walaupun saat ini prestasi Inter dan Milan berbanding terbalik (Inter di atas, Milan di papan bawah) derby ini tetap menarik ditunggu. Kita lihat saja apakah Inter akan menang atau sebaliknya Milan akan kalah. Sebelum itu di sini akan dibahas mengenai sejarah panjang derby yang menarik ini.
Dunia telah mengenal persaingan antara Spartan dan Persia lewat salah satu film Hollywood sebagai seteru yang melahirkan kisah heroik, dimana pihak Spartan dengan jumlah pasukan yang seadanya berhasil memberikan pukulan telak kepada bangsa Persia. Tapi itu semua telah berlalu. Peta dunia telah berubah dan perseteruan mereka tinggal sejarah. Di dunia Sepakbola, perseteruan semacam itu masih ada. Walaupun hanya dalam bentuk permainan sepakbola. Tapi bukan rahasia lagi rivalitas kedua tim asal kotaMilan, Internazionale FC versus AC Milan bukan hanya di dalam lapangan hija…

Milan yang Terpuruk

Gambar
“Di kotaMilan hanya ada dua klub, yakni Inter dan Inter Primavera” Itu adalah guyonan yang sering dilontarkan Interisti untuk memanas-manasi para Milanisti. Tapi guyonan tersebut bisa saja jadi kenyataan musim depan melihat prestasi Milan yang hancur lebur musim ini. Dua pertandingan, dua kekalahan. Dan kekalahan itu diperoleh dari tim-tim kecil yang seharusnya bisa ditaklukkan. Ini adalah sebuah sinyal buruk. Jika tak berbenah, bukan tak mungkin Milan akan terdegradasi musim ini.
Ada banyak hal yang membuat Milan begitu terpuruk di awal musim:Hasil buruk di pramusim. Dalam menghadapi tim-tim lain di Eropa Milan selalu kalah tanpa mencetak sebiji pun gol. Dimusnahkan Sevilla 0-1, dihancurkan Chelsea 0-5, dan dihempaskan ManchesterCity 0-1. Saat melawan tim ga jelas pun tetap kalah, dipermak Sporting Gijon dan Lugano dengan skor 0-2. Jelas sebuah pertanda buruk bagi Milan, tapi anehnya manajemennya santai-santai aja. Hasil buruk di pramusim secara psikologis dapat berdampak buruk bagi m…

Jangan Selalu Menyalahkan Wasit!!

Gambar
Jabatan yang paling serba salah di dunia ini adalah wasit. Betapa tidak setiap wasit melakukan kesalahasn sedikit saja selalu mendapat kecaman, cacian, bahkan terror dari ofisial, pemain, dan juga penonton. Sebaliknya, jika wasit bertindak tegas dan benar jarang sekali yang mau memberikan apresiasi. Wasit selalu menjadi the most wanted enemy number 1 setiap kali sebuah tim mengalami kekalahan, terutama yang terjadi di Liga Indonesia.

WASIT selalu saja dianggap salah

Bukan hanya di liga Indonesia saja wasit mendapat sorotan. Di luar negeri pun wasit kerap menjadi korban. Kasus yang menimpa Anders Firsk bisa dijadikan contoh. Mourinho (saat itu melatih Chelsea) melontarkan tudingan yang beraroma permusuhan kepada sang wasit yang memimpin laga Chelsea versus Barcelona pada 23/02/2005 yang berakhir 2-1 untuk kemenangan Barca. Secara vulgar, Mourinho menuduh Frisk bermain mata dengan Frank Rijkaard, pelatih Barcelona kala itu. Hal ini dipicu oleh keputusan Frisk mengeluarkan Drogba pada baba…

Kecewa Tayangan Tipi

Gambar
Huff.. Mengecewakan! Pertandingan big match antara Sriwijaya FC melawan Persib Bandung tidak disiarkan langsung oleh antv. Katanya sih karena ada pilkada di Sumsel.. Beuh, alasan yang aneh. Mungkin saja antv hoream karena harus jauh pergi ke Palembang. Padahal pertandingan berlangsung seru dan menarik. Persib yang sempat tertinggal 0-2, bisa menyamakan kedudukan 2-2 sebelum akhirnya takluk 2-4. Pertandingan pun diwarnai oleh keputusan kontroversial wasit di akhir pertandingan. Sebuah hal klasik di persepakbolaan kita.. ah sudahlah tak perlu membahas wasit, da mun teu disahkeun anggeur we eleh 2-3.
Okay.. back to topic semula.. sebenarnya bukan kali ini saja saya dikecewakan oleh stasiun TV. Sekarang mah tentang Inter. Musim lalu kan Inter berjuang merebut scudetto hingga di pekan ke-38 (pekan terakhir) melawan Parma. Anehnya, saat pekan terakhir Trans 7 tidak menayangkan Parma vs Inter! Klo kata krome, rasanya seperti membaca novel tapi halaman terakhirnya sudah hilang disobek. (dari m…

Majalah Interina Volume 4

Gambar
Hore.. akhirnya majalah interina voleme 4 keluar juga. Buat yang belum tau majalah interina, harap klik di sini. Majalah yang keempat ini spesial banget soalnya ada banyak tulisan saya di sini. Saya ikut berpartisipasi dalam majalah ini sebagai penulis.. hoho..
Majalah interina volume 1,2,3, dan 4 bisa didownload dihttp://kromes.wordpress.com.



Udah ah lagi hoream nulis euy, mending baca aja deh pengantar dari bos Interina, Mister Krome saya persilakan:

Take part in the new season!!!
Masih ngaku Interista? Pastinya segala rasa penasaran bercampur aduk dengan harapan di musim 2008-09 ini. Interisti mana yang gak berharap gelar Scudetto bisa bertahan untuk empat tahun berturut-turut. Teman, walaupun jauh dari “TKP” tapi bukan berarti kita gak bisa ambil bagian di perjalanan Inter musim ini. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa melibatkan diri dengan Inter.
Sekadar nonton bareng pertandingan Inter mungkin terdengar sepele buat orang lain tapi tidak buat saya. Banyak sisi positif dari…

Pekan Kuburan Tim-tim Raksasa

Gambar
Akhir Agustus merupakan pekan kuburan bagi tim-tim raksasa. Betapa tidak, banyak hasil kejutan yang terjadi di Eropa di pekan ini. Dimulai dari perhelatan Piala Super Eropa. Siapa yang menyangka juara bertahan Liga Champions, Manchester United dapat ditaklukkan dengan skor 1-2 oleh juara Piala UEFA asal Rusia, Zenit St. Petersburgh.

Kemenangan Zenit mengawali kejutan akhir Agustus
Hasil mengejutkan juga terjadi di Serie-A. Saya sebagai Interisti merasa was-was saat Inter dapat ditahan imbang Sampdoria 1-1. Namun ternyata tak ada satu pun anggota Big Five yang mampu meraih kemenangan. Hasil paling mengejutkan terjadi di San Siro. Milan yang sudah memainkan mega bintangnya, Ronaldinho tak berkutik di hadapan tim yang baru saja promosi, Bologna. AS Roma pun harus puas dengan hasil imbang 1-1 dengan Napoli yang hanya bermain dengan 10 orang. Hasil big match di Firenze antara Fiorentina dan Juventus yang berakhir 1-1 membuat tak ada tim kandidat scudetto yang meraih kemenangan di pekan perta…