Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 29 November 2008

Jalan-jalan ke Kota Milan

Hmmm.. hari Minggu gini enaknya jalan-jalan yah.. Tapi ke mana yah? Masa ke kebun binatang? Hoho.. kalau saja aku punya pintu ajaibnya Dora Emon maka hari ini aku akan membuka pintu ajaib dan pergi ke kota Milan. Kota di mana terdapat dua klub yang memiliki sejarah besar dan segudang prestasi, AC Milan dan Inter Milan. Tak lupa aku akan mengajak Shizuka.. (lho..??)

Roma boleh saja menjadi ibukota Italia,tapi bicara sepakbola, Italia punya ibukotanya tersendiri dan dunia pun mengakuinya.Tak berlebihan jika menyebut Milan sebagai Ibukotanya sepakbola Italia. Atmosfir sepakbola sangat terasa di kota ini. Dari yang muda sampai yang tua setiap pekannya selalu sibuk membicarakan tim asal kota ini. Inter dan AC Milan. Dua klub ini mempunyai prestasi dan jumlah fans yang sama besar. Tidak seperti di Manchester, orang tentu lebih mengenal Manchester United dibandingkan Manchester City. Atau di Madrid, prestasi Atletico Madrid dan Real Madrid sangat berbeda jauh. Ga usah jauh-jauh deh. Di Bandung walaupun ada empat klub: Persib, Pelita Jaya, Pro Duta, dan Persikab.. masyarakat hanya mendukung Persib. Saat tim lain berlaga hampir tak ada yang menyaksikan.. hehe..
Stadion Giuseppe Meazza

Di berbagai sudut kota suasana sepakbola sangat terasa sekali. Di kota terbesar Italia bagian utara ini setiap akhir pekannya topik obrolan warga didominasi soal sepakbola. Mulai dari dapur ibu-ibu sampai tempat keramaian seperti alun-alun kota (Duomo), selalu saja yang jadi perbincangan adalah sepakbola. Maka tak mengherankan bila koran olahraga terbesar Italia,La Gazzetta Dello Sport,terbit di kota ini. Sekadar informasi,tiras harian olahraga ini bisa mencapai satu juta eksemplar per harinya.

Sepakbola di kota berpenduduk 1,5 juta jiwa ini telah melintasi batas etnis dan geografis. Maklumlah, hampir seabad ini penduduk setempat telah akrab dengan ratusan bintang sepakbola mancanegara yang silih berganti membela dua tim kota mereka. Seperti diungkapkan di awal, bukanlah berlebihan jika Milan disahkan sebagai ibukota sepakbola Italia. Turis sepakbola dari mancanegara dimanjakan oleh keberadaan “English Football Pub” di Via Valpetrosa. Pub yang dibuka pada 1996 ini sukses besar menjaring banyak tamu berkat koleksi suvenir sepakbola Inggris dan berbagai memorabilia Inter dan AC Milan.

Buat anda yang berniat ataupun sudah mengunjungi Milan tentunya keberadaan Stadion Giuseppe Meazza-lah yang menjadi daya tarik terkuat untuk mengunjungi Milan. Stadion yang lebih populer dengan nama San Siro ini masuk dalam daftar salah satu stadion terbaik di dunia. Kapasitasnya yang menembus angka 85.000 tempat duduk ini adalah stadion terbesar di Italia. Jadi belum afdol jika berkunjung ke kota Milan tanpa singgah ke Stadion kebanggaan seisi warga kota tersebut.

Pirelli Tower, menyimbolkan economic boom di Milan

Stadion Giuseppe Meazza dimiliki bersama oleh Inter dan AC Milan. Dua klub dengan reputasi besar ini secara bersama-sama sukses memenangkan lebih dari 40 gelar tingkat domestik dan internasional.

Nah, buat anda yang baru saja menjadi Interisti atau Milanisti, minimal sekarang anda tahu, kalau kota Milan bukan hanya menjadi kota mode tapi juga sebuah kota dengan tradisi sepakbola kuat di Eropa.

Ah cape ah jalan-jalannya.. udah sore nih.. pulang ah.. bentar lagi Inter-Napoli, pingin nonton di sini tapi tiketnya mahal euy.. hehe.. jalan-jalan pake kendaraan tradisional nih, classic trams..



ini informasi tentang kota Milan:

Sovereign state:Italy
Region :Lombardy
Province :Province of Milan
Insubric settlement: c. 600 BC
Roman foundation : 222 BC
Government
- Mayor :Letizia Moratti
Area
- City : 182 km² (70.3 sq mi)
- Urban : 1,982 km² (765.3 sq mi)
Elevation : +120 m (394 ft)
Population :(March 2008)
- City :1,298,972
- Density :7,159/km² (18,541.7/sq mi)
- Urban :3,912,819
- Called : Milanesi or Meneghini
Time zone : CET (UTC+1)
- Summer (DST) :CEST (UTC+2)
Postal codes :20100, 20121-20162
Area code(s) : 02
Patron saints : Ambrose (7 December)

liat-liat universitas dulu ah..

Bocconi University, Universitas Bidang Bisnis, Sosial, dan Ekonomi

Milan.. milan.. ingin ku ke sana.. (lagunya changcuter tea.. diganti.. hehe..)

sumber: majalah interina volume 2 ama wikipedia


6 komentar:

  1. Someday I will be there.....that's my promise.... Inter tunggu q pasti datng...(i'ts not dream but promises) he..he

    BalasHapus
  2. Serius nih ke Milan ? Atau ke AC Milan, bengkel AC di deket rumah gue? Hehe. Lain kali ajak-ajak ya boz. x(

    BalasHapus
  3. sama nih di Perancis juga klub ibukota PSG setelah ditinggal Ronaldinho prestasi jadi menurun :(

    BalasHapus
  4. @ ComInfo Technology -> ayo bareng ke sana.. dari ujung berung naik angkot apa yah? :f
    @ agustina.ep -> aku juga pingin ke sana.. hoho :o
    @ Bolasinema -> tau aja nih ke bengkel AC Milan.. hoho..
    @ Les Parisiens - PSG -> iyah klub ibu kota banyak yg menurun prestasinya.. Madrid terpuruk di urutan 5 Liga BBVA, hertha berlin juga sulit berprestasi, ajax sering tertinggal dari PSV, Persija juga ga bakal juara musim ini coz juaranya persib.. aamiin.. :$
    thx yah bos.. langsung komen 5.. ngeborong euy..

    BalasHapus
  5. forza milan, damailah kota milan,

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)