Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 16 November 2008

Mengintip Peluang Persib di Putaran Kedua

Hasil imbang 1-1 di Makassar melawan PSM (15/11) menjadi penutup pertandingan Persib di putaran pertama. Dengan hasil tersebut di paruh musim ini Persib menempati posisi kelima dengan poin 31, terpaut 8 poin dengan sang juara paruh musim, Persipura Jayapura. Klasemen lengkap ISL putaran pertama klik di sini. Persib telah mengalami empat kekalahan musim ini. Uniknya, empat tim yang berada di atas Persib, yakni Persipura, Persija, Persiwa, dan Sriwijaya adalah tim-tim yang sanggup menaklukkan Persib di putaran pertama.

Persib mengawali musim ini dengan start yang kurang begitu bagus. Meski sempat memimpin di pekan pertama setelah dengan spektakuler menaklukkan Persela 5-2, Persib justru mengalami tiga kekalahan beruntun. Persib pun terpuruk di papan tengah. Untunglah Persib sanggup bangkit dengan meraih tiga kemenangan beruntun sebelum kembali takluk dari Sriwijaya FC (9/9).

Ternyata kekalahan dari Sriwijaya FC itu menjadi kekalahan terakhir Persib di putaran pertama ini. Setelah itu laju Persib menjadi tak tertahankan. Sepuluh pertandingan tak terkalahkan dengan rincian 6 kali meraih kemenangan dan 4 kali hasil imbang. Hebatnya dua kemenangan sanggup dilakukan di kandang lawan. Persib pun terus merangkak naik, dan akhirnya menempati posisi kelima di tengah musim.

Sebenarnya hasil yang diraih Persib bisa lebih baik dari saat ini jika saja start yang dilakukan Persib lebih baik. Namun, menurut saya ada banyak yang bisa membuat Persib tampil luar biasa di putaran kedua dan meraih gelar juara. Faktor-faktor tersebut di antaranya:
  1. Kondisi tim kondusif. Konflik internal yang sempat ada di awal musim kini sudah bisa dilewati. Kondisi keuangan pun dalam keadaan sehat walafiat. Bahkan gaji pemain Persib pun tergolong besar.
  2. Kecuali Persija, di putaran kedua nanti Persib akan menghadapi tim yang berada di atas Persib di kandang sendiri. Ini tentunya dapat menjadi sebuah keuntungan.
  3. Tak ada lagi tur keluar Pulau Jawa. Di putaran pertama Persib sudah melakukan tur ke Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua. Di putaran kedua nanti, pertandingan tandang Persib tak ada yang di luar Pulau Jawa. Kondisi fisik pemain tentunya akan menjadi lebih bagus.
  4. Bobotoh sudah mulai bersikap dewasa. Sejak dihukum tanpa atribut bobotoh sudah mulai tertib dan sudah bisa menerima apa pun hasil Persib.
  5. Teori kebalikan. Musim lalu Persib berada di urutan pertama saat tengah musim, namun menjadi peringkat kelima saat akhir musim. Musim ini harus berlaku kebalikannya. Tengah musim berada di peringkat kelima, dan akhir musim berada di peringkat pertama alias juara.
  6. Dalam sejarah Liga Indonesia, jarang sekali tim yang menjadi juara paruh musim sanggup juara di akhir musim. Ini harus menjadi pelecut semangat bagi pemain Persib bahwa peluang juara masih terbuka lebar.


Kerusuhan di Siliwangi (20/7) - semoga menjadi kerusuhan terakhir yang dilakukan bobotoh

Demikian faktor-faktor yang menurut saya bisa membuat Persib juara. Persib pun jangan melupakan ajang Copa Dji Sam Soe. Raihan terjauh Persib untuk ajang ini hanyalah babak 32 besar. Kebetulan Persib "hanya" berhadapan dengan tim Divisi Utama PSDS Deli Serdang. Jika menang "hanya" akan menghadapi Persires Rengat yang telah lolos ke babak 24 besar. Persires menaklukkan PS Banyuasin dengan agregat 3-2 (0-1/3-1). Syukur-syukur bisa mengulangi prestasi Sriwijaya FC musim lalu, meraih double winners..

Ayo PERSIB!! Maju terus!! Raih gelar juara!!

10 komentar:

  1. Era Liga Super ini membuat semua tim mempunyai kemampuan nyaris setara. Bahkan klasemen dikuasai dua tim dari ufuk timur: Jayapura dan Wamena. Persib harus berjuang ekstra keras untuk menjadi penguasa Indonesia. Tapi jangan lupa bung: Sportivitas di atas segala-galanya.

    BalasHapus
  2. oke bos, kami akan maju terus tuk meraih gelar runner up

    BalasHapus
  3. Jujur gw sgt menyayangkan partai persija vs persib di akhir musim. Tp apapun itu. Persija is better than persib, oops sory bro....

    BalasHapus
  4. berjuanglah persib aku akan selalu mendukung-mu,,,,

    BalasHapus
  5. @ Bolasinema -> setuju! :D bagus nih komennya..jangan sampai ada kerusuhan lagi!!
    @ PARTAI ACEH -> kok runner up?? :? JUARA dung..
    @ Anonim -> kenapa menyayangkan? takut persib udah juara duluan yah sebelum ketemu persija? piss juga brow..
    @ nature -> maju terus persibku!

    tulisan ini mau dimasukin nih di buletin Viking Unpad edisi Desember..
    HIDUP PERSIB!!

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)