Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 25 Desember 2008

Renungan Akhir Tahun

Hanya dalam hitungan hari kita akan memperingati dua tahun baru sekaligus. Yakni tahun baru 1430 H dan tahun baru 2009 M. Memang Rasulullah SAW tidak pernah mengajarkan kita untuk merayakan tahun baru sebab setiap hari adalah baru dan kita senantiasa harus memperbaiki diri di setiap harinya. Namun di sini saya akan mencoba mereview kejadian-kejadian penting di tahun 2008 untuk diambil hikmahnya.

Sebagai pemerhati sepak bola, saya akan melihat kejadian sepak bola sepanjang tahun 2008, yang berkaitan dengan BLI dan PSSI, Persib, dan Inter Milan.

Pertama, saya menyoroti BLI. Di sepanjang tahun 2008 BLI makin tak konsisten terutama dalam menentukan jadwal pertandingan. Liga Indonesia 2007 mungkin bisa masuk Guinnes Book of Record sebagai liga terlama di dunia. Bayangkan LI 2007 dimulai tanggal 10 Februari 2007 dan baru berakhir tanggal 10 Februari 2008. Tepat satu tahun! Berikan aplaus saudara-saudara..
Karena itu Indonesia pun gagal mengirimkan wakilnya ke Liga Champions Asia. Kalau dulu karena telat mengirimkan data, sekarang karena liganya belum kelar. Final antara Sriwijaya FC dan PSMS Medan pun berlangsung tanpa penonton karena kerusuhan pada partai semifinal.

Tahun 2008 juga untuk pertama kalinya terdapat Liga Super. Saya berharap Liga Super dapat berjalan lebih baik dan juga lebih profesional. Nyatanya? Sama saja. Banyak terjadi rusuh, perubahan jadwal pun terus menerus dilakukan. Perubahan terakhir, Liga Super baru berakhir tanggal 13 Juli 2009. Hampir berlangsung satu tahun, sebab Liga Super sudah dimulai sejak 13 Juni 2008. Kalau begini, apa bedanya dengan kompetisi sebelumnya?? Malah jadwal kembali diundur terkait timnas yang akan berlaga di Pra Piala Asia 2011.

PSSI. Timnas sukses menjadi juara Piala Kemerdekaan. Bangga? Rasanya tidak, sebab kemenangan tersebut didapat setelah Libia memutuskan berhenti dan dianggap WO. Saat Piala AFF Indonesia kembali gagal menjadi juara karena dua kali ditaklukkan Thailand di semifinal. Kapan yah timnas kita bisa berprestasi??

Persib. Hal yang paling tak bisa saya lupakan pada Persib tahun ini adalah kerusuhan saat Persib menjamu Persija (20/7). Kebetulan, saya menyaksikan pertandingan tersebut di stadion. Lengkapnya baca Bobotoh Masih Belum Dewasa. Bobotoh pun dihukum tak boleh menonton Persib dengan atribut selama setahun. Untunglah, kini bobotoh sudah mulai tertib. Tak ada lagi kerusuhan apa pun hasil yang diraih Persib. Persib sendiri keliatannya kurang panas. Baru benar-benar bangkit saat di akhir putaran pertama. Sepuluh pertandingan terakhir di putaran pertama tidak terkalahkan, membawa Persib menduduki posisi kelima.
Di Copa pun Persib meraih sukses dan lolos ke babak 24 besar. Paling luar biasa tentunya kemenangan di kandang PSDS yang memutus mitos tak pernah menang di Deliserdang. Luar biasa Persib!!! Moga saja Persib bisa terus tampil konsisten dan meraih double winners. Amiin..


Inter Milan.
Tahun 2008 ini Inter sukses mempertahankan scudetto. Artinya Inter telah melakukan hat-trick scudetto. Sebuah kado manis di hari centenary. Namun sukses tersebut tak diraih dengan mudah. Inter harus berjuang hingga partai terakhir untuk merebut scudetto karena AS Roma terus memberikan perlawanan sengit.
Photobucket


Namun, sukses tersebut bukannya tanpa noda. Inter masih kesulitan bertanding di Liga Champions dan harus disingkirkan oleh Liverpool.. hiks..
Hal itu pula yang membuat Inter memecat Roberto Mancini dan menggantinya dengan Jose Mourinho.
Nyatanya di musim 2008/09 Inter kembali terseok-seok di Liga Champions dan hanya lolos menjadi runner up. Padahal di penghujung tahun Inter meraih 8 kemenangan beruntun dan menjadi juara paruh musim alias winter scudetto. Tahun depan harus menjadi pembuktian bagi Mourinho. Inter harus bisa mengalahkan MU!!

Oh iya inter memang takluk dua kali dari Liverpool musim lalu, tapi secara prestasi Inter tetap lebih unggul. Liat deh kartun yang dibuat krome di majalah interina (punten yah mas krome saya ambil gambarnya.. heehe)

liverpool-inter
hmm.. cukup deh tentang bolanya. Sekarang mau curhatan dikit. Tahun 2008 tulisan saya empat kali dimuat di Tabloid soccer. Kalau ditotal ama yg dulu-dulu sih Alhamdulillah udah 11 kali dimuat. Hehe.. Tahun 2008 saya juga pertama kalinya membuat blog. Waktu awal sih desainnya masih acak-acakan. Kalau sekarang mah lumayan lah, pengunjungnya juga makin banyak. Lumayan jadi punya banyak kenalan di dunia maya. Salah satunya mr. Krome yang mengajak saya membuat majalah interina. Sekarang lagi garap volume 5 nih.. Sabar yah om krome, lagi dibuat nih materinya..

Akhirnya di penghujung tahun saya mempunyai koneksi internet di rumah. Wah senangnya. Bisa blogging tiap hari nih. Sepertinya aktivitas saya di dunia maya lebih banyak daripada di dunia nyata. Apalagi di handphone ada aplikasi Opera Mini. Bisa FS-an tiap hari. Saya jadi punya banyak teman Interisti di FS dan juga di blog. FS-ku selalu rame dengan Interisti saat Inter bertanding. Seru juga jadi punya banyak kenalan dari berbagai daerah. Belum pernah bertemu tapi rasanya udah akrab.


Ups.. jadi ngelantur ke mana-mana nih. Mentang-mentang akhir tahun jadi ngaco gini.. hehe.. Oh iya semester 4 nilaiku sedikit menurun uy, mungkin karena mata kuliahnya banyak yg berat. Semester 5 untuk pertama kalinya saya masuk 100 persen, ga ada yang bolos sekali pun. Kalo dulu mah ada yg telat atau sakit gitu lah.. keren kan 100 persen.. hehe.. mudah-mudahan aja nilai-nilainya juga bagus.. (oh iya IPK-ku 3,56.. moga bisa naik yah.. Aaamiin). UAS 12 JANUARI euy .. semangat nih!!

Oh iya di dunia nyata juga sibuk deng, bukan cuman di dunia maya aja.. Baru dibentuk ICI (Interclub Indonesia Bandung) nih tahun ini. Udah pernah nobar sama rapat gitu kemaren, Programnya masih belum jelas sih. Tahun depan baru dibentuk kepengurusannya. Kan enak juga yah punya temen sehobi, sama-sama suka Inter. Di dunia maya banyak di dunia nyata juga banyak.. hehe

Oh iya tahun depan bakal KKN dan mulai nulis skripsi.. wah skripsi bingung nih tema nya apa.. Ada yg bisa bantu??
Well, segitu aja deh posting kali ini, kepanjangan deh kayaknya. Ada yang punya pengalaman menarik tahun 2008?? Tulis di komen yah bwt sharing,.. hehe

Oh iya saya ikutan banyak kontes menulis nin tahun ini.. Mohon doa dan bantuannya yah biar menang. Kasih komentar aja tiap tulisan. thx before..

Kontes Menulis Bolanova
http://bolanova.com/2008/12/03/moslem-squad-best-xi/
http://bolanova.com/2008/12/04/selebrasi-sujud-ala-muntari/
http://bolanova.com/2008/12/09/ibrahimovic-dan-status-muslimnya/
http://bolanova.com/2008/12/10/sang-jagoan-lokal/

Review Blog Hadi Hartono
http://luzman-interisti.blogspot.com/2008/12/blog-yang-rame-tapi-sepi.html

Kontes Menulis Media Kita Gerakan Indonesia Bangkit
http://luzman-interisti.blogspot.com/2008/12/mengurai-makna-kebangkitan.html
http://luzman-interisti.blogspot.com/2008/12/bangkit-itu-mencuri.html

Review Komik KambingJantan (udah dipromosiin loh di blognya Raditya Dika. Klik di sini)
http://luzman-interisti.blogspot.com/2008/12/haruskah-menjadi-gila-untuk-menjadi.html

Terakhir.. renungan akhir tahun..
Detik berganti detik.
Menit berganti menit.
Jam berganti jam.
Hari berganti hari.
Minggu berganti minggu.
Bulan berganti bulan.
Tahun pun berganti tahun.
Apa yg telah berubah dari diri kita???

7 komentar:

  1. Usul bang Luz buat skripsi sampean tulis aja "Analisis Kekuatan Inter Milan di Seri A" :))

    BalasHapus
  2. wew... tahun 2008 ini yang penting bisa memberikan makna supaya kang luzman di tahun 2009 makin banyak bikin gol yaks... amin

    BalasHapus
  3. tahun 2009 enakan ngapain ya, he3

    BalasHapus
  4. sook eta tah... abdi oge bade ngiringan atuh mariung didieu... x(

    BalasHapus
  5. Satu lagi Boss. Award patut kita persembahkan buat "The Boss", Nurdin Halid. Sebab NH berhasil "mempertahankan" gelarnya sebagai ketum PSSI di tengah serbuan suara yang menghendaki dia turun. Bahkan titah dari FIFA yang menghendaki adanya mandatory fight buat NH, terpental begitu saja. Kira-kira award apa yaa ????

    BalasHapus
  6. @ bangipung -> tolong ongkosin yah buat biaya penelitian ke Italianya.. hehe
    @ krome -> aamiinn.. mudah-mudahan yang mas krome cita-citakan juga bisa tercapai di tahun 2009 nanti..
    @ Didiet -> enaknya sih bagi-bagi saya duit :)) enak di saya itu mah,,
    @ indra putu achyar -> mangga atuh kang.. bade ngariung mah teu aya nu nyarekan.. hehe
    @ Bolasinema -> award "SANG KEPALA BATU" haha :((

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)