Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 13 Desember 2008

Sang Jagoan Lokal (dimuat di Soccer)

Ada komentar di shoutmix dari steve, bunyinya begini, hi inter bisa juara g di lc? ulas dong
Okay, sebagai penulis blog yang baik dan ingin memuaskan pembacanya saya ingin mengulas tersebut. Tapi berhubung lagi sibuk, dipending dulu yah tulisannya. Sibuk nih jadi panitia POSTER (osjurnya manajemen komunikasi), tiap hari meriksain tugas peserta terus. Sampai malam segala, kemaren mah ijin mo nonton Persib. tapi cuman menang 2-1 euy, bahaya pas tanding di dels serdang..

okay langsung aja dah.. serius sekarang mah.. mau bahas tentang jagoan lokal.. tulisannya udah aku buat sebelum osjur.


(dimuat di Loudest Voice Tabloid Soccer No 24/1X, 20 Desember 2008)

Kompetisi Liga Champions memang selalu berlangsung ketat. Butuh mental juara dan mental baja untuk memenangkan kompetisi ini. Walaupun tim bertabur bintang belum menjamin dapat meraih gelar juara.

Ada banyak klub yang begitu merajai di kompetisi domestik dalam beberapa musim terakhir. Namun kerap kali kesulitan jika bertanding di Liga Champions. Klub-klub tersebut ialah:

1. Inter Milan. Mungkin karena sudah terlalu lama tidak menjadi juara Liga Champions (terakhir juara tahun 1965), La Beneamata tidak mempunyai mental yang kuat ketika bertanding di Eropa. Bayangkan musim ini Inter bisa takluk dari Panathinaikos di kandang sendiri dan ditahan Anarthosis. Di grup yang terhitung mudah pun Inter hanya lolos sebagai runner up. Padahal di Italia Inter begitu mendominasi, 8 gelar diraih hanya dalam 4 musim. Musim ini pun di Serie-A sudah jauh meninggalkan para pesaingnya. (khusus Inter akan dibahas di posting selanjutnya)

Inter - baru bisa berprestasi di kancah domestik

2. Chelsea. Sejak Roman Abramovich datang Chelsea begitu ditakuti di Inggris. Chelsea mampu mematahkan dominasi Arsenal dan MU dalam beberapa musim sebelumnya. Semua gelar prestisius di Inggris dapat diraih. Namun di Liga Champions, Chelsea selalu gagal menjadi juara. Musim lalu Chelsea memang sanggup menembus partai puncak, namun akhirnya dikalahkan MU lewat adu penalti.

3. Real Madrid. Madrid merupakan tim pengoleksi gelar terbanyak di Liga Champions. Namun sejak menjadi juara di tahun 2002 Madrid selalu gagal meraih prestasi, bahkan beberapa kali harus terhenti di babak 16 besar. Padahal di Liga Spanyol Madrid sukses mengangkai Barcelona dalam dua musim terakhir. Tampaknya derita Madrid terus bertambah musim ini. Di Liga Champions hanya lolos sebagai runner up, di Liga BBVA pun tercecer di urutan kelima.

4. Bayern Muenchen. Jangan pernah tanyakan dominasi Bayern di Bundesliga. Bayern sukses menjadi kampiun musim 2002/03, 2004/05, 2005/06, 2007/08. Namun di Liga Champions nampaknya Bayern masih butuh waktu untuk mengulang sukses yang terakhir diraih musim 1999/00.

5. PSV Eindhoven. Di Eredivisie, PSV adalah raja. Sukses menjadi juara Eredevisie selama 4 musim berturut-turut. Namun di Liga Champions, PSV kerap hanya menjadi penggembira. Mungkin karena kualitas Eredivisie yang di bawah Liga Eropa lain.

6. Olympic Lyon. Juara tujuh kali berturut-turut! Rasanya jarang sekali ada klub yang bisa seperti itu di liga domestik. Bahkan musim ini Les Gones berpeluang meraih juara Ligue 1 untuk kedelapan kalinya secara beruntun mengingat poin yang sudah meninggalkan para pesaing. Tapi di Liga Champions? Prestasi terbaik Les Gones hanyalah babak perempatfinal.

Klub-klub tersebut tentunya harus bisa memberikan pembuktian musim ini jika tidak ingin hanya disebut sebagai jago kandang. Kecuali PSV, klub-klub tersebut sudah lolos ke babak 16 besar. Kesempatan untuk memperbaiki prestasi di Liga Champions masih ada untuk klub-klub tersebut.


8 komentar:

  1. bisa dibilang liga champion punya taste sendiri, selain para kontestan yang really great dan atmosfer pertandingan yang beda. dibutuhkan lebih dari sekedar strategi namun hal konsistensi dan sedikit luck.

    BalasHapus
  2. keberuntungan juga menentukan biasanya ada cedera pemain pembawa sial :P

    BalasHapus
  3. Dimuat di Soccer euy ... :D
    di loudest vouice.. udah kedua kalinya di loudest voice.. atau 11 x dimuat di soccer. wah dapat kaos ama topi lagi nih.. hehe..

    @ stevensitongan -> memang betul diperlukan luck.
    @ Les Parisiens - PSG -> mudah-mudahan Inter bisa beruntung musim ini.. finalnya pas ultahku loh..

    BalasHapus
  4. sukses deh hadiah ultahnya inter juara :P terus ketemu Paris SG (UEFA Champion v UEFA Cup) :P

    BalasHapus
  5. Still, you can get all of the things you need for doing the h - CG
    weight loss protocol for around $100 or less. There are a few
    things that must be identified about the HCG diet
    plan and consequently a single really should not start off using them without having any assistance
    of the homeopathic medical doctor. The taste alone may be enough
    to keep you from wanting to overeat.

    Here is my web page hcg weight loss kalispell

    BalasHapus
  6. %spinfolderdelete -C:\GSA\data\content\comment%

    Feel free to surf to my web blog ... hogan bambino

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)