Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 21 Februari 2009

Sengaja dan Tidak Sengaja

Akhirnya pekan-pekan menegangkan berakhir dengan manis. Inter sukses mengalahkan Milan dan Bologna 2-1. Semakin mantap di pucak klasemen. Persib sanggup mengalahkan Persiba setelah dalam dua pertandingan kandang sebelumnya selalu berakhir draw. Sekarang tinggal berharap Inter dan Persib sanggup melanjutkan tren postif tersebut. Persib ntar malem akan menghadapi PKT Bontang kemudian di Copa melawan Sriwijaya. Inter akan menghadapi MU di Liga Champions. Pertandingan yang sangat dinanti, Inter vs MU.

Di sini saya tidak akan membahas pertandingan Inter vs Milan. Sudah banyak yang membahasnya. Kayaknya udah basi deh.Udah lewat seminggu, maap baru bisa posting asa sibuk ey akhir-akhir ini teh. hehe,, Saya akan sedikit membahas mengenai gol Adriano. Gol tersebut dianggap kontroversial karena sebelum mencetak gol bola sempat menyentuh tangan Adriano. Bahkan Koran Tribun Jabar, 17 Februari 2009 menulis berita dengan judul besar, “TANGAN TUHAN”

Dalam salah satu paragrafnya tertulis bahwa Adriano mengulang sejarah gol Tangan Tuhan yang dilakukan Maradona ketika tampil di Piala Dunia 1986 ke gawang Inggris. Menyamakan Adriano dengan Maradona? Ah, lebay pisan. Gol yang dicetak Maradona dan Adriano sangat berbeda jauh walau dilakukan dengan cara yang nyaris sama. Serupa tapi tak sama. Perhatikan gambar berikut.


Orang cerdas pasti tahu perbedaan kedua gol tersebut. Menurut saya Koran Tribun salah dalam memberikan pernyataan. (jadi kritik Tribun kieu). Maradona mencetak gol tersebut dengan sengaja. Ia jelas-jelas mengangkat tangannya untuk mencetak gol. Sedangkan Adriano sama sekali tidak berniat untuk mencetak gol dengan tangannya. Ia berniat menyundul namun bola sedikit mengenai lengan. Bisa dikatakan Adriano tidak sengaja menggunakan lengannya. Yang satu mah leungena di handap nu hiji deui mah di luhur, katingali eta mah sengaja.

Adriano pun mengakui hal tersebut, “Memang benar, saya menyentuh bola dengan lengan. Namun itu sama sekali bukan unsur kesengajaan. Saya berusaha mencetak gol dengan kepala, tapi tidak kena dan tangan saya secara tak sengaja menyentuh bola.” Jose Mourinho pun menambahkan,”Gol itu sah. Adriano tidak sengaja menyentuh bola dengan tangannya.”

Dalam Islam pun tak pernah ada hukuman untuk orang yang tidak sengaja. Misal, saat puasa tak sengaja makan karena lupa, diperbolehkan untuk melanjutkan puasa. Puasa tidak batal. Lain halnya jika perbuatan tersebut disengaja. Lupa shalat, tidak sengaja kan itu di luar kesadaran. Tidak berdosa, asal saat ingat langsung shalat. Hukuman membunuh dengan sengaja dan tidak sengaja (kecelakaan dll) pun berbeda. Untuk yang membunuh sengaja ada hokum qisas, sedangkan tidak sengaja cukup membayar denda atau diat.

Orang-orang yang tidak waras, hilang pikiran alias gila pun tidak berdosa saat melakukan kejahatan. Karena semuanya di luar kesadarannya. Ia hanya mendapat dosa di kala masih waras dan sadar. Pas lagi ujian terus tiba-tiba ada yang ngasih tau, padahal ga minta, tidak sengaja kan, ga apa-apa. Hehe.. Maka beruntunglah orang-orang yang tidak sengaja. Namun celakalah bagi orang-orang yang sudah tau hal kemungkaran tapi tetap sengaja melakukannya. Jadi ceramah kieu.

Kembali ke soal Adriano dan Maradona. Wasit yang mengesahkan gol Maradona akhirnya dihukum tak boleh memimpin pertandingan seumur hidup. Wasit yang mengesahkan gol Adriano? Tidak ada hukuman, justru menurut saya dia sangat pintar. Dia bisa tahu mana yang sengaja atau tidak. Tindakan merebut bola, namun kena kaki, dan menekel keras langsung ke kaki jelas berbeda. Yang satu tidak ada pelanggaran karena tidak sengaja, satu lagi bisa kena kartu kuning atau merah jika tekel benar-benar berbahaya. Yang namanya tidak sengaja pasti bebas dari hukuman.

Adriano akhirnya lolos dari hukuman. Hal tersebut memunculkan protes termasuk dari suporter Fiorentina karena Gilardino pernah dihukum dua pertandingan karena menggunakan tangan sebelum mencetak gol. Sekali lagi kasusnya berbeda. Gilardino mah sengaja, Adriano mah ga sengaja. Yah beda atuh barudak..

Bagaimana dengan gol Inzaghi? Offside tidak sengaja betul? Ini mah bukan tidak sengaja, tapi namanya ceroboh, tidak ingat peraturan. Contohnya saya hilang hp gara2 jatuh namanya ceroboh, kurang hati-hati, memang tidak sengaja juga sih tapi beda lagi kasusnya. Ketinggalan tugas kuliah harusnya dikumpulkan, itu namanya ceroboh. Tetap aja dapet hukuman karena ceroboh. Make baju kebalik (walau tidak sengaja) itu namanya ceroboh.
Sudah bisa membedakan kan mana yang disebut sengaja, tidak sengaja, dan ceroboh?

nah saya dapat award ternyata dari Faiz , saya ambil awardnya dengan sengaja. syaratnya:

1. Put the logo on your blog or post.
2. Nominate at least 10 blogs which you think are FABULOUS.
3. Be sure to link to your nominees within your post.
4. Let them know that they have received this award by commenting on their blog.
5. Share the love and link to this post and to the person from whom you received your award.

gampang lah tinggal bagi award aja kan. ga ada tugas aneh2. makasih yah Faiz awardnya, jadi ada 3 nih awarku sekarang.
aku bagi ke 10 orang.
1. Surveyor Journey
2. Gojigeje
3. Gelar
4. Sukra
5. Tendanganbebas
6. Brigadista
7. Gol Spektakuler
8. Nyoman
9. Extreme-soccer
10.Misae

bentuk awardnya seperti ini, saya sengaja memajangnya

silakan berbagi award!

20 komentar:

  1. Walaah brooo,.. yang kemaren aja baru dalam proses,..he he hee.... pokonya tetep diposting,..tunggu tanggal mainnya,...

    btw,.. iya tuuh,.. orang pada besar besarin masalah adriano,.. jadi kesel sendiri,..!!

    BalasHapus
  2. slamet ya pada yang dapet award....

    BalasHapus
  3. wah hebat nih
    gol adriano bisa ditinjau dari berbagai aspek.
    hukum islam contohnya.
    mantap

    BalasHapus
  4. Setuju oi kalau kasus Adriano beda dengan Maradona. Bravo Inter, tak sabar nunggu Vs MU.

    He..he.. Makasih awardnya. Yah lumayan saya dipercaya untuk mendapatkannya.

    BalasHapus
  5. ulasan yang menarik dan sangat suegerrrss :D

    BalasHapus
  6. sepertinya suatu saat nanti gol tangan Tuhan bukan sesuatu yg menghebohkan lagi. dan kebanyakan euy yg ngelakuinnya....

    BalasHapus
  7. makasih awardnya,
    hehe forza nerazurri

    keren ya menit menit akhir bisa cetak gol padahal perkiraan udah seri 1-1

    BalasHapus
  8. @ Brigadista -> makanya kalo ada tgs jangan dinanti2 bos, jadinya kan numpuk tugasnya,, hehe :f
    @ Sumartono -> iyah mudah2an bisa menang yah inter,
    @ krome -> eh ada bos krome, jadi jarang ol yah? ga pernah ym-an lagi.. hehe.. kpn interina 6 bos?
    @ si udin -> tapi tetep aja maradona yg bakal paling dikenang. soalnya dialah sang pelopor.. dan melakukannya di partai penting.. hehe
    tapi adriano mah bukan "Tangan Tuhan" menurut saya mah
    @ NYoMaN -> iyah keren inter :D, ga pake nama Les Parisiens lagi nih biar jadi Top Komentator namanya.. hehe
    hp ilang ga ada back up datanya bos, jadinya hrs nyatet lagi nomer2nya. hp adekku (si goji geje) jadi bwtku, goji yg baru, hp goji tuh sama persis ama hp ku yg lama. jadi ga ada yg tau hp ku pernah ilang.. hehe

    BalasHapus
  9. Begadang, nunggu Inter Vs MU. Semoga Inter yang menang.

    BalasHapus
  10. Ternyata hasilnya kacamata friend, sepertinya Ibra lagi kurang fit ya? Masih ada peluang di leg kedua, cukup 1-1 atau jangan sampai kalah.

    BalasHapus
  11. iyah, ibra emang kurang bagus kalo lwn tim besar.
    bisa lah 1-1. Inter kan pernah menang 3-2 di old trafford di pre season 2007-08..
    skuad yang nyaris sama
    tapi aku sedih persib kalah 3-1 ama sriwijaya :((

    BalasHapus
  12. wah tengok baraya ne from pangandaran....salam fantastic

    BalasHapus
  13. haya.... Ini satu tema blog ma punya kang sumartono yah... Walah, bola lagi bola lagi... ^_^
    Ga papa deh. Lam kenal, mas...

    BalasHapus
  14. asiik. dipasang ya kang.thanks ;D

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)