Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 21 Mei 2009

Persib Menuju Liga Champion Asia

Kemenangan Persipura atas Persija Minggu (17/5) membuat peluang Persib menjuarai Liga Indonesia pupus sudah. Secara matematis Persib sudah tak mungkin lagi mengejar perolehan poin Persipura. Persipura pun resmi menjadi juara Liga Super 2008/09. Secara tim Persipura memang pantas menjadi juara. Persipura adalah tim yang paling konsisten baik kandang maupun tandang.

Walaupun peluang juara telah pupus, Persib masih mencari kebanggaan lain yakni menjadi runner up yang berarti memperoleh tiket untuk lolos ke babak Liga Champions Asia musim depan. Kemenangan Persib atas Persiwa (20/5) membuat peluang Persib menjadi runner up semakin terbuka. Walau masih ada di peringkat 3 di bawah Persiwa, Persib memiliki dua pertandingan lebih sedikit dibandingkan pesaingnya itu.

Jika benar sukses menjadi runner up dan lolos ke Liga Champions Asia musim depan tentunya menjadi kebanggaan sekaligus pengobat luka kegagalan meraih juara. Terakhir Persib mengukuti turnamen Asia itu adalah tahun 1995. Persib meraih prestasi yang cukup membanggakan. Persib mampu lolos hingga babak perempatfinal. Bahkan pelatih Persib saat itu, Indra M Thohir terpilih sebagai terbaik Asia versi AFC. Prestasi terbaik klub Indonesia di ajang Liga Champions Asia.

Namun saya rasa mengikuti Liga Champion Asia akan membuat pertandingan Persib makin padat. Persib akan mengikuti 3 ajang sekaligus: Copa, Liga, dan juga Liga Champions. Dengan hanya mengikuti 2 kompetisi saat ini saja jadwal Persib sudah begitu padat, bagaimana jika harus 3 kompetisi? Apalagi mengikuti Liga Champion berarti harus bertanding di negara lain seperti Jepang dan Korea yang bisa menguras stamina pemain.




Target Persib di musim depan pun adalah menjadi juara Liga Indonesia. Sebab untuk menjadi juara Liga Champion rasanya sulit. Tak bisa dipungkiri, kualitas liga Indonesia masih di bawah liga Jepang dan Korea. Klub-klub Indonesia kerapkali menjadi pelengkap penderita.

Fakta membuktikan, klub yang berpartisipasi di Liga Champion tak ada yang pernah keluar menjadi juara Liga Indonesia. Mungkin hal itu karena faktor kelelahan akibat semakin banyak pertandingan yang harus dijalani. Tak ada tim yang sukses menjadi juara dua kali berturut-turut di Indonesia. Nasib tragis dialami PSIS musim 1999-00 dan Petrokimia tahun 2003, yang terdegradasi setelah musim sebelumnya meraih juara Liga Indonesia. Faktor kelelahan karena bertanding di Liga Champion Asia??

Persib pun, walau berprestasi di Liga Champion Asia 1995 tak sanggup keluar menjadi juara Liga Indonesia di musim tersebut. Begitu pun dengan Sriwijaya dan PSMS di musim ini.

Benar-benar dilematis. Di satu sisi menjadi kebanggaan, namun di sisi lain peluang Persib menjadi juara otomatis menjadi sulit karena harus berbagai konsentrasi di tiga ajang. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri.

Daripada bingung memikirkan hal itu lebih baik melihat peluang Persib meraih posisi runner up. Persib akan menghadapi satu kandang dan empat tandang. Sedangkan Persiwa memiliki sisa dua kandang dan satu tandang. Poin Persib 57, Persiwa 60. Persiwa adalah tim jago kandang, 100 persen sukses meraih kemenangan di kandang. Dengan asumsi Persiwa akan meraih kemenangan di laga kandangnya poin Persiwa menjadi 66, dan beraharap Persitara dapat menaklukan Persiwa.

Dengan demikian jika masih ingin menjadi runner up, selain kemenangan atas Deltras di kandang, Persib harus meraih kemenangan tandang. Minimal dua kemenangan tandang. Sebab jika hanya satu, dan meraih hasil seri di tiga tandang lainnya poin Persib menjadi 66, sama dengan Persiwa. Jika begitu selisih poin yang akan menentukan. Satu kekalahan saja akan membuat peluang Persib menjadi runner up semakin berat.

Ah sama aja bingung.. hehehe.. Yang jelas kini kita hanya berharap yang terbaik untuk Persib. Jika gagal menjadi runner up, berarti itu memang yang terabik bagi Persib. Jika sukses tentunya menjadi sebuah kebanggaan dan tantangan tersendiri karena harus meleawati musim depan yang lebih berat. HIDUP PERSIB!!

Persaingan menuju runner up

Jadwal sisa Persib
(27/5) Persijap Persib
(30/5) Persib Deltras
(2/6) Persitara Persib
(7/6) Persela Persib
(10/6) Persija Persib

Jadwal sisa Persiwa
(23/5) Persitara-Persiwa
( Persiwa-Sriwijaya
Persiwa-PSMS

22 komentar:

  1. persib tolong main ke indramayu viking mania sedang menanti di kandanghaur

    BalasHapus
  2. Sukses juga buat Persib semoga jadi runner up walau semua peserta ISL adalah kebanggaanku.. (maklum asal daerahku tidak punya tim peserta ISL)

    Btw, Kang Luzman kalau tdk salah, jatah Liga Champion Asia untuk Indonesia kan hanya 1,5? Yang artinya 1 diambil dari juara ISL yaitu tahun ini Persipura. Sedangkan yang satu lagi diambil dari Juara Copa Indonesia tapi tdk otomatis lolos, melainkan harus melalui babak play off dulu dengan tim dari Asia lainnya. Kalau menang berarti langsung lolos ke Champion Asia, kalau kalah berati mengikuti Piala AFC.

    Tetapi Persib sebagai runner up ISL yang akan dipilih untuk Play off, dengan catatan apabila Persipura juga juara di Copa Indonesia.

    Bukan begitu Kang? Kalau analisaku salah mhn dikoreksi. Nuhun.

    BalasHapus
  3. keiknya sih mang berat ke Persib nih Luz,

    BalasHapus
  4. @ aditia -> salam buat viking indramayu.. hhheehe :)

    @ Golspektakuler -> untuk tahun ini yg dapat jatath Liga Champions peringkat 1 dan 2 liga. Saya baca di koran Tribun begitu, Persib sekarang mengincar posisi 2 untuk runnner up liga champions asia. Pas saya denger di komentator antv juga begitu..
    kalo untuk copa saya kurang tau ddaapet jatath atau nggak

    @ si udin -> AMIIN..saya rasa Persib memang lebih pantas. Persiwa itu tim jago kandang, rekor tandangnya buruk.. kyknya sih blbh bgs Persib kalo buat wakil indonesia mah, hehe

    BalasHapus
  5. tah eta, kang. Mantep pisan kalau persib bisa main di champions asia. tapi jadwalnya harus ada yg berubah yeuh :@

    BalasHapus
  6. pokona persib maju ka CHAMPION ASIA.....................AING DUKUNG

    BalasHapus
  7. Kang Luzman, tadi baca koran katanya musim depan Persib kesulitan dana dari APBD? Kalau begitu Persib harus benar-benar profesional agar jangan terlalu berharap dari APBD.

    BalasHapus
  8. Mumpung permainan Persib sedang bagus-bagusnya. Kalau boleh saya usul, Persib harus bisa memaksimalkan pemasukan dana dari hasil sponsor, tiket, hak siar TV, penjualan pernik-pernik dan dari kontrak jual beli pemain.

    Bravo Persib

    BalasHapus
  9. sekalian juara ISL musim depan :s

    BalasHapus
  10. soklah sib tahun harepmah urang ngaraja liga super indonesa jeng liga champions asia bravo viking cijerah asep bct

    BalasHapus
  11. @ gelar gunadi putra -> iya mudah2an aja bisa. satu pertandingan lagi lwn persija benar2 menentukan. :D

    @ putra -> aamiin.. moga bisa

    @ Golspektakuler -> iya Persib lagi kesulitan dana nih.. setuju mas Sumartono, hal-hal tersebut harus dimaksimalkan

    @ NYoMaN -> amiin..

    @ milan -> kudu atuh. hehe.. hidup inter

    BalasHapus
  12. Trivial Pursuit, Jeopardy and Wheel of Fortune, to sophisticated,
    interactive games with 3D graphics. It also jungle heat hack
    gives training and knowledge in order to the track as dashing against
    any of the favored entertainment apps considering that it has become multipurpose
    tool. The eyes of the new standard and most people will be given a thought as to
    jungle heat hack provide an opportunity for candidates to
    improve their scores. It can be converted to a single ball like a generous volume of mobile handsets.


    my web-site ... jungle heat cheats

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)