Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 05 Desember 2009

Dakwah Melalui Sepak Bola



by: Sri Lestari

Sepak bola bisa dibilang olahraga yang sangat familiar. Banyak sekali football lover di muka bumi ini. Ada yang senang menggocek bola, namun ada juga yang hanya senang mengamatinya saja. Fans dari suatu klub pun bisa mencapai berjuta-juta jiwa.

Bisakah sepak bola dijadikan salah satu media untuk berdakwah? Menurut saya "ya". Seorang pebola muslim macam Ribery, van Persie, Kanoute, Muntari, dan masih banyak lagi yang mempunyai banyak fans, pengaruh mereka bisa mengalahkan ulama kondang sekalipun. Sebagai manusia biasa, wajar jika kita mengidolakan seseorang kemudian kita berusaha untuk mencontoh tingkah laku orang yang kita idolakan. Termasuk ketika kita mengidolakan pebola.

Tindakan Ribery yang berdoa sebelum bertanding, van Persie tetap puasa walau terik matahari menyengat pada waktu bertanding dan dia tetap bisa mencetak gol, Kanoute yang menyisihkan sebagian penghasilannya untuk membangun mushola dan tindakan beraninya menutup sponsor di kostum Sevilla walau sekarang tidak lagi, dan Muntari sujud syukur setelah mencetak gol sebagai bentuk terima kasihnya kepada Allah, bisa saja berpengaruh terhadap seseorang yang merupakan penggemar mereka dan fans tersebut bisa saja meniru apa yang dilakukan oleh idolanya. Atau karena saking cintanya terhadap sepak bola, seseorang bisa saja berusaha untuk meniru gerak-gerik pebola. Salah memang jika kita melakukan suatu ibadah hanya untuk meniru sang idola, bukan karena Allah. Tapi semua butuh proses, siapa tahu dari karena idola bisa sadar menjadi karena Allah.

Banyak orang berduyun-duyun ke stadion, tetapi ke pengajian? Saya pun jika melihat pertandingan di TV kemudian di channel lain ada pengajian, saya malah memilih untuk melihat pertandingan (Astaghfirullah). Begitu kuatnya pengaruh sepak bola untuk para pecinta bola. Jika bisa memanfaatkan keadaan tersebut, sepak bola bisa dijadikan arena untuk berdakwah entah itu yang berdakwah pemain bolanya, pelatihnya, wasitnya, atau kita sebagai pecinta bola sehingga kita bisa untuk sama-sama mendekatkan diri kepada Allah SWT.

(Insya Allah ini akan jadi bab Pengantar dalam buku "Sepakbola dan ISLAM")

1 komentar:

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)