Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 09 Maret 2010

Buon Compleanno Inter, Wilujeng Tepang Taun Persib!


102 tahun dan 77 tahun. Itulah usia dua tim kebanggaan saya, Inter Milan dan Persib Bandung. Dibilang satu hati, memang begitulah kenyataannya. Di samping warnanya yang sama-sama biru dan juga memiliki suporter yang luar biasa, ternyata tanggal lahir kedua tim ini pun mirip.. 9 dan 14 maret, hanya berbeda 5 hari..

Internazionale Milan lahir lebih dulu pada 9 Maret 1908. Selang 25 tahun kemudian klub besar lain muncul di tatar Pasundan,, 14 Maret 1933..

9 maret 1908
14 maret 1933


tanggal yang begitu bersejarah bagi kedua tim,,

Inter di usianya yang ke-102 dengan pemain barunya semacam Milito, Eto'o, Lucio, Motta, Pandev, dan Mariga, Inter siap merebut treble winners. Berada di puncak klasemen Serie-A, menembus partai puncak Coppa Italia, dan sukses melibas Chelsea 2-1 di first leg Liga Champions adalah bukti nyata kesuksesan Inter.

Memang langkah Inter belum aman di Liga Champions. Namun rekor Mourinho yang begitu apik kala melatih Chelsea di Stamford Bridge nampaknya akan menjadi keuntungan untuk Inter. Sedikit banyak The Special One tahu betul kekuatan dan kelemahan Chelsea..

PERSIB, tepat di usianya yang ke-77 akan menghadapi sang pemuncak klasemen, Arema Indonesia. Laga yang sangat krusial. Jika bisa mengalahkan Arema, langkah pasukan Jaya Hartono untuk merebut gelar juara akan lebih mudah...

PERSIB memiliki daya jual yang tinggi. Mengingat ratingnya yang tinggi, ESPN akan membeli hak siar Persib. Masih ditambah rekor banyaknya pemain Persib di timnas, seperti saat laga Australia vs Indonesia di mana enam pemain persib turut bermain..
Hal yang luar biasa diraih dalam usia yang ke 77
BUON COMPLEANNO INTER!! WILUJENG TEPANG TAUN PERSIB!!
Persib 1933-2010
Persib. Begitu mendengar kata ini tentunya yang terbayang dalam benak kita ialah klub yang besar dengan sejarah hebat, pendukung fanatik yang begitu loyal, dan juga sangat disegani oleh setiap lawannya. Ya, sejak berdiri pada 14 Maret 1933, klub yang berjuluk Maung Bandung ini terus menyedot atensi masyarakat Jawa Barat karena berbagai kisahnya, baik suka mau pun duka.

Berbicara mengenai prestasi, memang Persib sempat naik turun. Bahkan sejak menjadi Liga Indonesia I pada 1994/95 torehan gelar tidak bertambah. Yang menjadi nilai lebih Persib ialah pendukungnya yang sangat luar biasa. Itu pun masih berdasarkan jumlah anggota Viking Persib Club, salah satu kelompok supporter Persib. Belum termasuk jumlah keseluruhan bobotoh dan kelompok supporter Persib lainnya. Harus anda ketahui, komunitas pendukung Persib bukan hanya Viking.

Contoh konkritnya ialah pada sebuah web www.voteyourteam.com. Persib berada di urutan pertama dengan 5717 angka, jauh di atas urutan kedua Arema yang hanya mendapat 995 angka, dan Persija dengan 342 angka. Untuk Asia Persib berada di urutan 14, dan dunia berada di urutan 154. Suatu bukti nyata Persib begitu digemari.

Persib juga membuat kreativitas warga Jawa Barat meningkat. Bahkan setiap media massa mengulas tentang Persib selalu mendapat sambutan luar biasa, sampai antv pun hampir menyiarkan seluruh pertandingan Persib. Bahkan, tingginya rating penonton siaran langsung pertandingan Persib Bandung membuat salah satu raksasa televisi berbayar, ESPN Star Sport tertarik menyiarkan secara langsung semua pertandingan “Maung Bandung”. Dengan demikian, Persib akan lebih dikenal di tingkat Asia dan Dunia.

Persib pun terbukti bisa menyatukan warga Jawa Barat. Setiap yang sama-sama merasa mendukung Persib pasti merasa satu perjuangan. Melihat stadion selalu dipenuhi bobotoh tiap kali Persib berlaga, tentunya dari berbagai golongan adalah sebuah bukti nyata. Semuanya, berteriak setiap kali nama “Persib Bandung” disebut. Ketika ada salah satu saudaranya yang sakit, bobotoh yang lain akan menjenguk dan mendoakan. Ketika ada yang sedang bergembira, anggota yang lain pun akan merasa gembira.
Suatu bentuk kekeluargaan yang luar biasa.

Media-media yang membahas Persib akan lebih banyak lagi. Kini, ada banyak majalah, tabloid, surat kabar, blog, dan juga web yang membahas Persib. Kabarnya, Tabloid Soccer pun akan meluncurkan SoccerSeries Persib bulan Mei nanti.

Bagi pemain pun, Persib pun adalah klub yang luar biasa. “Aku tidak pernah melihat supporter yang seperti ini lagi dimanapun terima kasih banyak untuk besarnya dukungan bobotoh terhadapku dan juga Persib di setiap pertandingan,” kata Suchao Nutnum pemain Thailand yang sempat menjadi andalan Persib beberapa waktu lalu.

Pada usia yang ke-77 ini, tentunya kita semua berharap Persib bisa menjadi juara Liga dan Copa. Apalagi pemain Persib pun sudah mulai mewarnai timnas, seperti pada laga Australia vs Indonesia lalu di mana lebih dari 50 persen skuad Benny Dollo ialah pemain Persib. Budi Sudarsono, Markus Harison, Maman Abdurrahman, Nova Arianto, Eka Ramdani, dan Hariono bermain pada laga itu. Suatu pengakuan bahwa Persib ialah tim terbaik di tanah air.

5 komentar:

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)