Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 22 Juni 2010

Sepak Bola Untuk Pererat Ukhuwah Islamiyah



Ini wawancara saya di lembar khazanah Majalah Sabili Edisi 24 Th XVII/24 Juni 2010 rubrik Teman Kita

Luzman Rifqi Karami, suporter sepak bola
Sepak Bola untuk Pererat Ukhuwah Islamiyah

Suatu hari eL-Ka asyik browsing sana-sini dan nyangkut di blog http://kumahaanjeun.blogspot.com. Di situ eL-Ka menemukan banyak artikel menarik tentang sepak bola, salah satunya mengangkat tema Sepak Bola dan Dakwah Islam. Bisa dibilang, sangat jarang orang mengaitkan sepak bola dengan Islam. Apalagi dari segi sejarah awal mula permainan sepaj bola ini muncul pun tak ada hubungannya dengan agama Islam. Karena FIFA pada ulang tahunnya ke-100 pada 20 Mei 2004 menisbatkan olahraga ini berasal dari Cina. Karena olahraga ini pertama kali ditemukan pada jaman Dinasti Tsin pada 255 SM dan bernama tsu chu, yang digunakan untuk melatih fisik para prajurit kerajaan. Nah, murni olahraga kan awal mulanya? Kalau sepak bola untuk dakwah Islam? Ikuti saja deh obrolan kru eL-Ka Diyah Kusumawardhani dengan Luzman Rifqi Karami. For your information nih Sob, Luzman ini adalah rekomendasi dari kawan-kawan suporter sepak bola Indonesia yang tergabung dalam http://suporter.info/ dan punya akun Twitter di @infosuporter. Cekidot deh, Sob.

1. Sepakbola dan dakwah Islam. Kenapa kamu bisa punya ide itu?

Menurutku dakwah bisa melalui apa saja termasuk sepak bola. Sepak bola ialah olah raga yang memiliki banyak penggemar. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk lahan dakwah, apalagi sebentar lagi ada Piala Dunia. Pastinya banyak yang nonton bola dong. Nah, menurutku masih jarang yang memanfaatkan sepak bola sebagai media dakwah.

  1. Dakwah yang kayak gimana?

Saling mengingatkan aja di antara para pecinta sepak bola. Contohnya waktu tanding sepak bola di ISL kan bertepatan dengan jadwal shalat ashar, pukul 15.30. Nah, sebisa mungkin bisa mengingatkan para fans untuk shalat terlebih dahulu. Contoh lain, banyak pemain sepak bola Muslim Eropa yang tetap berpuasa di bulan Ramadhan. Ini bisa menjadi penyemangat kita, mereka saja kuat berpuasa di tengah jadwal padat, mengapa kita justru ogah-ogahan? Apalagi sebagai fans tentunya kita bisa termotivasi oleh idola kita yang ternyata Muslim yang taat. Selain itu kita juga bisa saling mengingatkan agar tidak terjebak dalam fanatisme ketika mendukung klub masing-masing. Kita menyukai sepak bola untuk menambah teman dan mempererat ukhuwah Islamiah, bukan untuk mencari musuh

  1. Maraknya pemain muslim di kancah persepakbolaan internasional, gimana menurutmu?

Sangat bagus untuk membentuk citra Islam itu sendiri. Apalagi Islam sempat dicap sebagai teroris, mereka bisa menjadi duta untuk mengangkat citra Islam. Mereka juga bisa menjadi teladan bagi para penggemar. Contohnya Sulley Ali Muntari menunjukkan rasa terima kasihnya kepada Allah SWT dengan sujud syukur tiap kali mencetak gol. Ini bisa menjadi teladan bagi kita untuk selalu berterima kasih atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

  1. Piala dunia nanti, adakah mereka berlaga?

Banyak yang berlaga dan mereka pun menjadi pemain kunci masing-masing tim. Tentunya penggila sepak bola familiar dengan nama Robin van Persie (Belanda) atau Sulley Ali Muntari (Ghana). Skuad Prancis justru kini dihuni oleh banyak pemain Muslim seperti Franck Ribery, Karim Benzema, Samir Nasri, Hatem ben Arfa, Nicolas Anelka dan Eric Abidal. Selain dibekali dengan skill yang mumpuni, mereka tetap bangga dengan keislamannya.

  1. Kalo pemain muslim nasional ada gak yang kayak pemain internasional, berdakwah di tengah aktivitas persepakbolaannya?

Mungkin karena Indonesia memang sudah negara mayoritas Muslim, kebiasaan mereka kurang terekspos. Berbeda dengan di luar negeri di mana Islam menjadi minoritas. Bisa aja mereka juga berdakwah namun tidak terpublikasikan. Yang aku tahu banyak pemain asing yang setelah bergabung dengan tim Indonesia menjadi mualaf. Sedikit banyak tentunya itu karena pengaruh teman-temannya yang mayoritas Muslim. Cristian Gonzales contohnya. Kini ia selalu melakukan selebrasi sujud syukur setiap berhasil mencetak gol. Persis seperti yang dilakukan Sulley Muntari di Inter Milan.

  1. Piala dunia nanti kamu jagoin siapa nih?

Kalo pas Piala Eropa kemaren jagoin Turki soalnya banyak pemain Islamnya. Mereka juga mengejutkan. Kalo sekarang Turki ga lolos, aku jagoin Argentina. Mereka punya banyak pemain bintang yang berkualitas. Selain itu mungkin Prancis soalnya banyak pemain Islamnya. :D

  1. Blog kamu isinya sepakbola semua, kamu suka banget sama sepakbola ya?

Yoi, bagiku bola bisa menjadi motivasi hidup. Juga bisa menambah relasi dan juga banyak teman.

  1. Menurutmu, gimana sih prestasi sepakbola Indonesia?

Sangat disayangkan, semakin ke sini justru semakin menukik. Padahal Indonesia termasuk negara yang memiliki fans sepak bola terbanyak dan juga memiliki banyak potensi.

  1. Mungkin gak kalo suatu hari nanti tim Indonesia berlaga di kancah piala dunia?

Dalam sepak bola everything is possible, apa pun bisa saja terjadi. Berkaca dari keberhasilan Yunani menjuarai Piala Eropa 2004, menurutku Indonesia pun berpeluang berprestasi. Kuncinya kemauan dan juga pembinaan yang berkualitas. Pengurus dan Ketua PSSI menurutku harus dirombak dan diganti dengan yang benar-benar paham dengan sepak bola nasional. Sekarang jadwal kompetisi pun masih acak-acakan, jangan harap prestasi bisa datang secara instan.

  1. Kamu fans klub lokal indonesia atau luar negeri nih?

Dua-duanya dong. Yang luar negeri klub yang baru aja meraih treble winners, Inter Milan. Kalo dalam negeri so pasti Persib dong. Kan orang Bandung. he he he

  1. Suporter bola Indonesia kabarnya suka buat onar, bagaimana kamu melihatnya?

Iya, Persib juga terpaksa bertanding tanpa penonton saat melawan Persiba (26/5) karena ulah bobotohnya. Menurutku suporter yang baik seharusnya tidak seperti itu. Dengan berbuat onar atau anarkis justru merugikan tim kesayangannya sendiri. Perlu ada pemahaman bahwa sepak bola hanyalah hiburan, pasti ada yang menang dan yang kalah. Jangan sampai ternoda dengan hal-hal negatif.

12. Dikenal suporter persib musuh bebuyutan dengan suporter persija atau sebaliknya, ada pesan untuk kedua suporter agar damai?

Kalo memang ingin damai, seharusnya jangan selalu saling menyalahkan dan mengingat kejadian-kejadian masa lalu. Terus menyalahkan dan balas dendam tak akan ada habisnya. Perlu ada perwakilan dari ketua kubu untuk berdamai dan jangan terjebak dengan egoisitas masing-masing.

13. Harusnya jadi suporter sepakbola yang baik itu kayak apa sih?

Baik hati, tidak sombong dan rajin menabung,, hehe.. Yang jelas tetap sopan dalam memberikan dukungan. Tetap sportif saat tim kesayangan kita kalah, dan jangan terjebak dalam fanatisme berlebihan. Jadikan sepak bola hanya sebagai hobi dan untuk memperbanyak teman bukan musuh.

14. Pesan buat sobat remaja muslim eL-Ka yang gemar sepakbola?

Tetep dukung tim kesayangannya dengan sportif. Dan nanti kalo Piala Dunia bisa begadang nonton Piala Dunia jangan lupa tahajud yah.. Jangan sampai gara-gara nonton bola jadi kelupaan beribadah. Jadikan sepak bola sebagai sarana bagi kita semua untuk saling mengingatkan dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Nama Lengkap: Luzman Rifqi Karami

Panggilan: Luzman

Tempat Tanggal Lahir: Bandung, 27 Mei 1988

Anak ke 1 dari 3 bersaudara

Alamat: Komp. Bukit Indah Pasanggrahan No. C-15 Ujung Berung Bandung 40617

e-mail (facebook): forzalabeneamata@live.com

Website/blog: http://kumahaanjeun.blogspot.com

Pendidikan saat ini: Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Jurusan Manajemen Komunikasi Universitas Padjadjaran

Hobi: menulis sepak bola, menonton sepak bola :D

Cita-cita: menjadi penulis buku best seller, jadi komentator sepak bola

Aktivitas: menyusun skripsi, mudah-mudahan bisa beres tahun ini

Organisasi: Inter Club Indonesia (ICI) Regional Bandung

Biro Kerohanian Islam (BKI) Fikom Unpad

Motto: Hidup seperti permainan sepak bola, menggunakan berbagai taktik untuk mencari gol sebanyak-banyaknya dan meraih kemenangan yang gemilang.

3 komentar:

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)