Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 03 Desember 2010

Laporan Job Training di Soccer

Daripada pusing ga ada kerjaan, menuh-menuhin posting juga sekalian. Ya udah saya masukin laporan jobtraining saya di Soccer. Ini yang sebagian bab IV aja, kalo mau liat sisanya silakan download di sini. Ama presentasi buat jobtraining silakan didownload di sini
Siapa tahu kan sekarang angkatan 2007 lagi mau jobtraining terus mau bikin laporan bingung ga ada gambaran, bisa download di sini. oke.. hehehehe.. Oh iya doakan saya yah, sekarang lagi ngerjain skripsi masih berkutat di bab 2 ama 3 aja. Padahal mau lulus Februari.

Ini contoh tulisan saya waktu magang di Soccer


Bab IV

Hasil dan Pembahasan

4.1 Hasil

4.1.1 Bagian Editorial Tabloid Soccer

Dalam kegiatan jobtraining yang diselenggarakan pada 18 Februari – 25 Maret 2010, penulis ditempatkan di Soccer Editorial Department. Bagian editorial Tabloid Soccer terdiri dari orang-orang yang mengumpulkan berita dari berbagai macam sumber untuk kemudian disajikan secara menarik sehingga layak muat untuk rubrik Tabloid Soccer. Tabloid Soccer sendiri tergabung dalam grup Kompas Gramedia, sehingga penulis harus berurusan terlebih dahulu dengan bagian HRD Kompas Gramedia.

Penulis diberikan kebebasan menggunakan komputer kantor dengan fasilitas internet. Penulis mencari sumber-sumber dari internet untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh pembimbing jobtraining. Beberapa kali penulis juga melakukan tugas liputan.

Tulisan yang diramu oleh seorang editor harus beberapa kali dicek ulang, diprint, lalu dicetak pada hari Kamis, Kamis siang sudah diedarkan di beberapa tempat. Editor sebisa mungkin harus meminimalisasi kesalahan cetak dan kesalahan berita. Kegiatan manajemen media yang dilakukan Tabloid Soccer di antaranya ialah:

- Memilih-milih berita yang penting dan dapat menghibur pembaca

- Mengangkat isu-isu dan tema-tema yang aktual di bidang sepak bola

- Melakukan desain dan tata letak yang menarik antara gambar dan tulisan

- Rapat redaksi untuk merencanakan tema-tema yang sedang hangat dan layak untuk diangkat

- Mengangkat tema yang cenderung tidak basi dan dapat dibaca selama seminggu, hal ini mengingat jangka terbit Tabloid Soccer yang hanya seminggu sekali

- Menyajikan berita dengan pembahasan yang lebih mendalam dibandingkan media online

- Analisis data yang ada untuk dikembangkan menjadi bahan pertimbangan dalam penulisan, termasuk dalam statistik, review, preview, dan klasemen

- Melihat potensi media kompetitor dan berusaha menampilkan sesuatu yang berbeda dengan media sejenis

- Melakukan komunikasi yang baik dengan narasumber setiap melakukan liputan

Pada setiap edisi cetak, redaksi menentukan tim satgas yang bertanggung jawab terhadap isi tulisan. Deadline Tabloid Soccer pada hari Kamis pukul 06.00, untuk kemudian dicetak dan disebarkan sekitar pukul 13.00 di Jakarta. Biasanya menunggu hasil pertandingan yang diselenggarakan pada Kamis dini hari, misalnya Liga Champions. Artikel yang ada harus sudah selesai melalui berbagai tahap editing sebelum dicetak dan disebarkan kepada pembaca.

Alur satgas melalui beberapa tahapan, sebagai berikut:

1. Penulis

Artistik menyerahkan print out kepada penulis untuk diteliti sendiri

2. Redaktur

Penulis menyerahkan halaman yang sudah diteliti kepada editornya. Untuk penulias yang tanpa melalui redaktur, langsung diserahkan ke tim satgas

3. Tim Satgas

Redaktur atau penulis menyerahkan hasilnya kepada tim Satgas untuk diteliti kembali. Tim Satgas meneliti kesalahan ketik, kesalahan foto, dan kesalahan data, namun tidak berhak mengubah judul dan caption artikel.

4. Redaktur Pelaksana (Redpel)

Hasil tim Satgas diserahkan ke Redpel untuk diteliti terakhir kali. Selanjutnya Redpel akan menyerahkan ke tim artistik untuk memperbaiki kesalahan yang ada. Jika sudah selesai tim artistik wajib menempel print out mini ke dinding panel agar bisa dilihat oleh seluruh kru redaksi. Diharapkan kru redaksi tetap aktif melihat print out terakhir.

3.1.2 Kegiatan Jobtraining

Selama kegiatan jobtraining kurang lebih dua bulan, kegiatan yang penulis lakukan di antaranya:

1. Pengenalan Kegiatan

Pada hari pertama penulis diberikan pengenalan terhadap Tabloid Soccer yang tergabung dalam Kompas Gramedia. Untuk mengurus formulir kelengkapan Job training, penulis berurusan dengan bagian HRD lantai 8. Untuk kegiatan selanjutnya penulis lakukan di Tabloid Soccer yang berada di lantai 6. Penulis berkenalan dengan kru tabloid Soccer. Tabloid Soccer dan media yang tergabung dalam Kompas Gramedia tidak mengenal jam kerja dan luchbreak. Datang bebas jam berapa saja asalkan tugas dapat diselesaikan dengan baik. Jam istirahat pun tidak ditentukan. Jika ingin istirahat bisa langsung keluar kantor. Pakaian yang dikenakan pun santai asalkan sopan dan rapi, memakai kaos pun tak masalah. Penulis dibebaskan menggunakan komputer dengan fasilitas internet.

2. Pengenalan Fasilitas

Selanjutnya penulis diperkenalkan mengenai fasilitas yang ada di kantor Tabloid Soccer. Komputer dengan fasilitas internet, dua televisi, dan satu unit Playstation2 tersedia di kantor. Selain itu semua edisi cetak dan by product Tabloid Soccer pun ada untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam menulis. Harian Kompas pun rutin hadir di kantor agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

3. Membaca Tabloid Soccer dan Kompetitor

Sebelum diberi kesempatan mengisi rubrik di Tabloid Soccer, penulis tentunya harus mengetahui content yang ada dalam Tabloid Soccer (content akan dibahas dalam sub bab selanjutnya). Untuk itu penulis diberi kesempatan untuk membaca Tabloid Soccer edisi-edisi sebelumnya. Penulis juga mempelajari media kompetitor yakni harian TopSkor dan Tabloid Bola yang juga hadir di kantor Soccer sebagai bahan pertimbangan.

4. Menulis rubrik cetak/online

Beberapa rubrik yang dipercayakan kepada penulis saat job training di antaranya Playmaker, Rising Star, Road to World Cup 2010, The Next Legend vs Legend, Spain, England, dan Preview/Review Serie-A. Untuk bahan tulisan, penulis mencarinya di internet kemudian meramunya dengan gaya bahasa sendiri. Untuk berita online, penulis memperolehnya dari portal berita asing seperti goal.com, marca.com, atau tribalfootball.com. Penulis juga membuat tulisan mengenai negara, pelatih, dan pemain yang berpartisipasi di Piala Dunia 2010 untuk bagian online. Untuk review hasil pertandingan Indonesia Super League (ISL) penulis menyaksikan lewat layar kaca antv lalu menuliskannya di edisi online.

5. Tugas Liputan

Selain tugas yang dilakukan di kantor, penulis juga melakukan beberapa kali liputan. Liputan yang dilakukan penulis di antaranya Peresmian Indonesia Futsal Mandiri di Mall Pondok Indah, FIFA World Cup Trophy Tour, pertandingan Persitara vs Persiwa, peresmian Nirwana Futsal, dan kunjungan ultah TvOne. Bahan yang didapat dari liputan digunakan untuk tulisan cetak maupun online. Setiap liputan penulis seringkali mendapat berbagai merchandise seperti kaos, topi, dan bola. Namun wartawan Tabloid Soccer yang tergabung dalam Kompas Gramedia menolak tegas pemberian amplop yang berisi uang.

6. Memeriksa Hasil Tulisan

Sebelum naik cetak, penulis mendapatkan print out hasil tulisan untuk diteliti kembali. Penulis melakukan koreksi apabila ada salah cetak, kesalahan data, atau konteks kalimat yang kurang tepat.

7. Evaluasi Hasil Job Training

Setelah melakukan job training selama dua bulan (sebelumnya selesai 18 Maret diperpanjang sampai 25 Maret), penulis mendapatkan evaluasi dan nilai dari pembimbing job training. Secara keseluruhan job training yang dilakukan penulis sudah memuaskan. Hal yang kurang ialah kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi.

4.2 Pembahasan

4.2.1 Content dalam Tabloid Soccer

Media massa sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita. Seperti halnya komunikasi lisan dan isyarat, sebagai manusia kita tak lepas dari peran media massa dalam membahas isu-isu tertentu. Salah satunya ialah mengenai sepak bola, di mana sudah memiliki banyak penggemar.

Menurut Everett M. Rogers dalam bukunya Communication Technology; The New Media in Society (dalam Mulyana, 1999), mengatakan bahwa dalam hubungan komunikasi di masyarakat, dikenal empat era komunikasi yaitu era tulis, era media cetak, era media telekomunikasi, dan era media komunikasi interaktif. Dalam era terakhir dikenal media komputer, videotext dan teletext, teleconferencing, TV kabel, dan yang lainnya.

Sedangkan McLuhan dalam bukunya Understanding Media the Extensions of Man (1999), mengemukakan bahwa a medium is a message. McLuhan menganggap media sebagai perluasan manusia dan bahwa media berbeda-beda mewakili pesan yang berbeda-beda. Media juga menciptakan cakupan serta bentuk hubungan-hubungan dan kegiatan-kegiatan manusia. Dengan media, bagian dunia dapat dihubungkan menjadi desa global.

Demikian halnya yang terjadi di Tabloid Soccer. Tabloid ini lebih memfokuskan pada pemberitaan sepak bola luar negeri khususnya Eropa dibandingkan sepak bola nasional. Sepak bola nasional sendiri hanya ada 1-2 halaman di tabloid ini. Hal ini karena sepak bola luar lebih diminati dibandingkan sepak bola nasional, arus informasi mengenai sepak bola mancanegara cenderung lebih mudah diamati dengan adanya pemberitaan besar-besaran dalam berbagai media khususnya internet. Pemberitaan yang ada di Tabloid Soccer banyak diambil dari portal-portal internet mancanegara. Rapat redaksi selalu diadakan untuk mengevaluasi edisi sebelumnya dan mendiskusikan isu yang akan dibahas dalam edisi terbaru.

Rubrik yang penulis isi selama job training di Tabloid Soccer di antaranya:

1. Playmaker

Rubrik ini merupakan rubrik rutin di Tabloid Soccer, ada di setiap edisi dengan jatah hampir dua halaman. Biasanya mengangkat pemain yang tengah hangat dibicarakan. Penulisan dalam bentuk feature. Hal yang dibahas bukan hanya gaya permainan pemain di lapangan hijau, namun juga menyangkut sisi humanismenya. Selalu dilengkapi data, statistik, dan juga boks yang memperjelas informasi. Selama job training pemain yang sempat penulis bahas adalah Goran Pandev (edisi 33/X), Ever Banega (edisi 36/X), Cacau (edisi 37/X), Samir Nasri (edisi 38/X), dan Juan Vargas (edisi 39/X)

2. Rising Star

Rubrik ini membahas pemain muda yang tengah bersinar dan diincar klub-klub besar. Tulisan berada di dekat rubrik playmaker dengan seperempat halaman. Fokus pada alasan mengapa pemain tersebut dianggap berbakat dan layak diperhitungkan. Quotes dari pihak lain dan pemain itu sendiri menjadi hal wajib ada dalam rubrik ini. Penulis sempat menulis Marcelo Nicolas Lodeiro Benitez (edisi 33/X), Iker Muniain (edisi 34/X), Leonardo Bonucci (edisi 37/X), Eljero Elia (edisi 38/X), dan James McCarthy (edisi 39/X).

3. Road to World Cup 2010

Seiring dengan semakin dekatnya ajang Piala Dunia 2010 di Afsel, Tabloid Soccer tak mau ketinggalan memberikan informasi mengenai ajang empat tahunan tersebut. Ini menjadi rubrik tambahan di Tabloid Soccer. Rubrik tersebut ialah Road to World Cup 2010 yang terdiri dari berbagai sub rubrik di antaranya Kilas Balik, Tuan Rumah, dan The Next Legend vs Legend.

Kilas balik membahas Piala Dunia sebelum-sebelumnya, sejarah Piala Dunia sejak tahun 1930, dan hal-hal menarik dari setiap turnamen yang telah berlangsung. Dalam sub rubrik ini penulis sempat membahas Piala Dunia 1930 (edisi 31/X) dan Piala Dunia 1934 (edisi 32/X). Subrubrik tuan rumah membahas persiapan terakhir Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia. Penulis mengisi subrubrik ini pada edisi 31/X dan 32/X.

The Next Legend vs Legend merupakan rubrik pendewaan terhadap pemain kunci negara peserta Piala Dunia 2010 dan legenda dari negara tersebut. Kehebatan pemain diasosiakan dengan sponsor resmi Piala Dunia, Castrol seperti kecepatan, kekuatan, dan stamina. Penulis sempat membahas legenda Uruguay, Juan Alberto Schiaffino (edisi 38/X), dan pemain kunci Portugal Cristiano Ronaldo serta legenda Luis Figo (edisi 39/X).

4. Rubrik England, Spain, dan Italy

Tabloid Soccer memfokuskan pemberitaannya pada tiga liga besar dunia yaitu Inggris, Spanyol, dan Italia. Selain itu Soccer juga memiliki lembar halaman 11 klub besar dari tiga liga tersebut ditambah dari Liga Jerman yaitu Bayern Muenchen. Pemberitaan di luar klub besar terdapat dalam rubrik khusus. Rubrik Spain membahas peserta Liga BBVA selain Real Madrid dan Barcelona. Rubrik England membahas peserta Premier League selain Liverpool, Manchester United, Chelsea, dan Arsenal. Rubrik Italy membahas peserta Serie-A selain Inter Milan, AC Milan, AS Roma, dan Juventus. Liga-liga di luar itu dibahas di World Leagues. Selain artikel utama, setiap rubrik pun memiliki berita singkat yang terjadi dalam seminggu, klasemen, serta review dan preview pertandingan.

Selama magang penulis pernah menulis artikel di rubrik Spain tentang Luis Fabiano (edisi 34/X) dan rubrik England tentang West Ham United (edisi 36/X). Selain artikel utama, penulis juga menulis subrubrik sekilas Inggris dan berita singkat tentang final Piala Carling (edisi 36/X).

Penulis juga mengerjakan Preview Serie-A pekan ke-29 dan 30 serta Review Serie-A pekan ke-28 (edisi 38/X). Dalam mengerjakan tugas tersebut penulis mencari data statistik mengenai skuad tim yang tampil dan cedera, rekor tiga pertemuan terakhir, serta bursa taruhan di internet. Setelah itu penulis melakukan analisis data dan membuat prediksi sendiri.

Penulis juga sempat mencari komentar Milanisti Indonesia untuk rubrik AC Milan (edisi 30/X). Pada setiap lembar klub memang ada komentar dari suporter klub yang bersangkutan

5. Soccer Classic

Rubrik ini mengangkat kejadian-kejadian atau pun pemain-pemain hebat di masa lampau. Fokus pada kehebatan pemain ataupun kejadian penting yang membuat selalu dikenang hingga saat ini. Rubrik ini tidak hadir secara rutin di Tabloid Soccer, menyesuaikan dengan jumlah halaman. Penulis pernah mendapat tugas mengerjakan rubrik ini mengenai Sergio Goycochea, kiper legendaris Argentina yang menggagalkan empat tendangan penalti di Piala Dunia 1990 (edisi 34/X).

6. Indo Soccer dan Futsal Fever

Meskipun lebih menitikberatkan pada sepak bola luar negeri, sepak bola dalam negeri pun tak luput menjadi pembahasan dalam Tabloid Soccer. Informasi mengenai sepak bola dalam negeri terdapat dalam rubrik Indo Soccer. Selain itu juga terdapat halaman khusus futsal dalam rubrik Futsal Fever.

Tulisan penulis dalam rubrik Indo Soccer adalah mengenai cara membuat Twitter yang merupakan penjelasan dari artikel utama “Twitter Pemain Bola” (edisi 34/X). Selain itu juga mengenai profil Alfred Riedl, pelatih baru timnas Indonesia (edisi 37/X).

Di halaman Futsal Fever penulis pernah menulis di Rubrik Futsal Ground mengenai Nirwana Futsal (edisi 38/X). Artikel itu merupakan hasil liputan penulis saat soft opening Nirwana Futsal (8/2). Penulis juga mencari berita “Agenda Kegiatan” (edisi 38/X). Kolom ini berisi kegiatan yang akan dilakukan kelompok suporter pada rubrik “Soccer Community”.

7. Edisi Online dan by product

Selain edisi cetak, penulis juga mendapat kesempatan untuk mengisi di online dan by product. Di DuniaSoccer (www.duniasoccer.com), penulis mengisi berita-berita harian yang penulis dapatkan di portal asing, hasil liputan, dan juga hasil pengamatan dari televisi.

Penulis juga mengisi Laman Piala Dunia 2010 untuk online yang terdiri dari “Profil 32 Negara Peserta Piala Dunia 2010” dan “Profil Pelatih, Pemain, dan Rising Star Negara Peserta Piala Dunia 2010”.

Ada pun untuk by product, penulis mendapat kesempatan berkontribusi di majalah Manchester United Magnificent Seven yakni “Statistik Magnificent Seven”. Kemampuan mengolah dan analisis data diperlukan dalam mengerjakan tugas ini.

3 komentar:

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)