Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2011

Sepak Bola dan Dakwah Islam

Gambar
Alhamdulillah puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkat kehendak-Nya lah akhirnya buku ini bisa terbit juga. Pahit getir sudah penulis alami dalam usaha menerbitkan buku ini. Tak seperti matahari yang begitu mudahnya terbit setiap hari, dalam menerbitkan buku ini penulis merasakan kesulitan yang tiada tara (walah jadi lebay gini).

Jadi gini (sesi curhat dimulai), pertama ada ide ini muncul tahun 2009. Waktu itu aku lihat tulisan-tulisanku di blog www.kumahaanjeun.com banyak yang berhubungan dengan Islam. Sepertinya menarik jika dibukukan. Nah pada saat itu temanku Tari memilah-milah artikel yang pas untuk dijadikan buku. Dia juga yang menjadikannya bab demi bab. Terus ditambah tulisannya dia juga. Wah rajin juga yah tuh anak, mau lagi disuruh-suruh sama saya. Harus dijadiin istri nih, hehe..

Lanjut ah. Nah setelah itu aku mem-print naskah yang udah dibuat. Wah lumayan tebal juga. Aku coba kirim ke Mizan, dan dengan sukses ditolak. Aku juga coba kirim ke pen…

Selamat Jalan Kakekku

Gambar
Innalillahi wa inna ilaihi rajiiun, telah berpulang ke rahmatullah kakeku (biasa aku panggil Yangkung, eyang kakung), pada hari sabtu (26/3) dalam usia 78 tahun. Jenasah dimakamkan pada hari yang sama sekitar pukul 17.30 di Ujung Berung. Di sini saya akan coba berkisah sedikit mengenai Yangkung dari mulai sakit hingga dipanggil yang Maha Kuasa.

Sekitar tanggal 8 November 2010 Yangkung mulai dirawat di RS Ciumbuleuit. Sebenarnya sakitnya tidak parah-parah amat. Saat itu seperti biasa Yangkung melakukan kontrol atau cek kesehatan di rumah sakit tersebut. Yangkung diputuskan untuk diinfus karena tidak mau makan. Setelah beberapa kali pengecekan organ Yangkung dalam keadaan sehat-sehat saja. Mungkin saja ada beban pikiran yang mengganggu Yangkung sehingga harus sakit.

Sakitnya Yangkung memang sedikit tak terduga. Aku ingat sekita tahun 2007 beliau masih kuat ikut gerak Jalan Koperasi sejauh 10 km. Beliau juga masih sering jalan-jalan ke pameran di daerah Landmark, Braga. Masih kuat jalan …

Dapatkan Buku Saya GRATIS!

Gambar
Pantangan yang saya temui ketika berjualan buku adalah lebih dari 50 persen ingin buku saya GRATIS! Biasanya gini ngomongnya, "wah mana buat saya dong. kan temen" Ya elah, begitu pingin gratisan aja ngaku-ngaku temen.
Jadi gini, bukannya saya pelit sodara-sodara. Masalahnya saya sendiri kan harus beli. Dan itu butuh modal. Saya kan bukan pengusaha atau apa, kerja di OLE! juga baru belum punya uang, masa tega banget dipalakin. Hiks. Lalu patut diketahui juga, mendapat royalti seharga satu buku (Rp 35.000,00) saja susahnya setengah mati. Jadi mengerti lah. Tak mungkin saya melakukan itu.
Tapi berhubung saya baik hati, rajin menabung, dan tidak sombong. Saya membuka kesempatan kepada sodara-sodara sekalian untuk mendapat buku saya gratis. Tapi tentu saja da syaratnya bos. Jadi gini di twitter @nulisbuku ada program yang disebut #12tweets, yaitu 12 tweet untuk mempromosikan buku. Tugas kalian yang ingin buku sya gratis tinggal meretweet saja #12tweets yang sudah ditayangkan pada K…

Tak Terganggu Pertandingan Internasional

Gambar
Milan, Ole!
Presiden Inter, Massimo Moratti meyakini pertandingan internasional yang diadakan akhir pekan dan tengah pekan ini tidak akan mengganggu persiapan timnya dalam menghadapi derby melawan Milan tanggal 2 April mendatang.

Luzman Rifqi Karami
Dalam pertandingan internasional yang diadakan 25 dan 29 Maret mendatang, 17 punggawa Nerazzurri dipanggil negaranya masing-masing. Pemain yang dipanggil kebanyakan para andalan tim seperti trio Brasil yakni Julio Cesar, Maicon, dan Lucio yang dipanggil untuk pertandingan persahabatan melawan Skotlandia di London. Selain itu juga terdapat tiga nama Italia yakni Giampaolo Pazzini, Thiago Motta, dan Andrea Ranocchia yang akan memperkuat Gli Azzurri dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2012 menghadapi Slovenia (25/3) dan persahabatan melawan Ukraina (29/3).

“Kami sudah terbiasa dengan situasi seperti ini. Saya rasa pertandingan internasional tidak mengganggu sama sekali,” demikian ujar Moratti seperti dilansir inter.it.

Inter saat ini se…

Mengaji Sebelum Bertanding

Gambar
“Maka apakah mereka tidak memerhatikan Al-Quran? Kalau kiranya Al-Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.” (QS 4: 82)

Berapa hari dalam sehari kamu membaca Al-Quran. Sudah berapa kali khatam? Atau Al-Quran di rumahmu tak pernah tersentuh debu karena hanya jadi penghias rak bukumu? Astagfirrullahaldzim. Moga kita tak seperti itu kawan. Moga Al-Quran tetap menjadi pedoman hidup kita.

Ada dua pemain bola yang sangat akrab dengan Al-Quran. Yang pertama adalah bek kiri Perancis, Eric Abidal. Sebuah foto menyebar saat Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Foto itu memperlihatkan Abidal yang sedang membaca Al-Quran dalam sebuah pesawat.

Dalam foto yang diambil candid tersebut terlihat bek Barcelona ini serius membaca Al-Quran bersampul merah. Ternyata membaca Al-Quran sudah menjadi kebiasaanya. Kitab suci Al-Quran selalu menyertainya an dibacanya di ruang ganti pemain. Ia selalu membawa tas kecil yang berisi Al-Quran dan membacanya. Subha…

Terus Mencetak Gol

“Hidup seperti permainan sepak bola, menggunakan berbagai taktik untuk mencari gol sebanyak-banyaknya dan meraih kemenangan yang gemilang” (Luzman, Majalah Sabili No. 24 Th XVII 24 Juni 2010)
Bagiku sepak bola tak sekedar permainan. Olah raga ini memiliki sejuta inspirasi, termasuk mengenai mimpi. Gol (goal) dalam bahasa Inggris adalah tujuan, adalah hal yang ingin kita capai dalam hidup. Sama seperti permainan sepak bola, tujuan kita dalam hidup adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya dan meraih kemenangan yang gemilang. Saat satu mimpi telah terwujud, jangan pernah berhenti bermimpi. Teruslah bermimpi dan kejarlah mimpi itu.

Sejak kecil aku sangat senang menulis. Ibuku yang menemukan bakatku. Saat itu beliau terus melatihku untuk menjadi penulis hebat. Saat itu aku bermimpi bisa menjadi penulis dan menginspirasi banyak orang.
Sejak SMP kelas 3 aku mulai menggemari sepak bola. Menurutku sepak bola olahraga yang luar biasa yang bisa menginspirasi. Mulailah aku menulis mengenai sepak bo…

Mari Terbitkan Buku di Leutika Prio

Gambar
Bingung, itulah perasaan diriku saat itu. Betapa tidak, penerbit yang menerbitkan bukuku “Terjebak di Bawah Sadar” tiba-tiba saja menghilang tanpa jejak. Padahal aku sudah merasa cocok dengan penerbit tersebut. Hitam Putih Publisher (HPP), penerbit bukuku saat itu menawarkan berbagai kemudahan. Layanan pembuatan cover dan editing semuanya gratis, diskon khusus penulis tiap pembelian buku, dan juga kuis-kuis yang diadakan dengan hadiah diskon pembelian.

Saat itu aku juga mengikuti kuis yang diadakan Hitam Putih Publisher dan Iksank Bangsawan yaitu Gado-gado Cinta. Setelah HPP menghilang aku dan semua pemenang kebingungan. Mau diterbitkan ke mana naskah yang sudah jadi? Padahal menerbitkan buku di penerbit bukanlah perkara mudah.

Akhirnya setelah melalui berbagai pertimbangan buku Gado-gado Cinta pun diterbitkan di Leutika Prio, lini self publishing Leutika Prio. Saat itu paket yang digunakan adalah paket Rp 200.000,00. Hasilnya tak terlalu mengecewakan. Desain cover yang bagus, lay out…

Skripsi Pemain Bola Muslim

Gambar
Alhamdulillah akhirnya skripsi saya beres juga repisinya. Sekarang tinggal nunggu ijasah keluar deh. Terima kasih tentunya saya ucapkan kepada Allah SWT karena berkat kehendak-Nya saya bisa menyusun skripsi lumayan cepat juga, hanya 4 bulan. Padahal Desember baru bab 2 dan 3 tapi Februari udah wisuda. Hehehe..
Buat kedua orang tua terima kasih atas supportnya, trus buat ukhtiy Tari juga, lah jadi buat kata pengantar,, hehehe..
Apresiasi tinggi saya sampaikan kepada dosen pembimbing saya Dr. Eni Maryani, MSi dan juga Ilham Gemiharto, S.Sos, MSi. Juga pada penguji sidang kompre dan sidang skripsi yang mau meluluskan saya.. Hihi.. Sekarang lagi sibuk nyari2 kerja nih belum dapet juga. Skripsi saya judulnya Konstruksi Figur Pemain Bola Muslim dalam Rubrik "Super Ball Edisi Khusus Ramadan" di Harian Pagi Tribun Jabar. Di sini saya mau masukin latar belakangnya aja. Kalo mau lengkapnya bisa didownload langsung di sini. Yang mau presentasinya bisa di download di sini
Tapi ingat janga…

Terjebak di Bawah Sadar (Edisi Revisi)

Gambar
Akhirnya setelah menunggu beberapa lama, buku karya pertama saya "Terjebak di Bawah Sadar" bisa diterbitkan kembali. Penerbit pertama buku ini Hitam Putih Publisher menghilang secara tiba-tiba. Entah bangkrut, entah ngesot seperti pocong ngesot. hehe..

Yang jelas buku ini diterbitkan oleh Nulis Buku, sebuah self publishing yang beralamat di www.nulisbuku.com. Ada beberapa hal yang berbeda dibandingkan cetakan pertama. Dalam buku ini, kejadian demi kejadian diceritakan lebih urut, dan juga disertai hikmah di dalamnya. Covernya juga sudah berwarna. Tapi ada yang bilang cover buku ini perlu diganti, hmm ada yang bisa bantu? Cover sementara di design oleh Muhammad Hafizhuddin, saya sudah berjanji memberikannya buku kalo bisa membuatkan cover. Tunggu yah pis, duit saya masih belum ada. :P
Oh iya mungkin masih ada yang belum tahu buku apa sih ini? Oke deh saya kasih gambarannya sedikit.
Terjebak di Bawah Sadar (Edisi Revisi, cetakan pertama oleh Hitam Putih Publisher)
Oleh: Luzman Rif…