Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 01 April 2011

Panasnya Derby Milan

Derby Della Madoninna antara AC Milan dan Inter Milan selalu menampilkan drama, emosi, dan juga sejarah yang panjang. Kedua tim selalu bersaing ketat untuk menjadi yang terbaik baik untuk tingkat Italia, Eropa, dan juga dunia.

Luzman Rifqi Karami

Pertandingan derby antara AC Milan kontra Inter Milan Minggu (3/4) nanti akan menjadi pertandingan yang ditunggu-tunggu. Pertandinga tersebut adalah partai yang ke-275 dalam rivalry tim sekota tersebut dari semua kompetisi. Memang ada banyak derby di Italia seperti Derby Della Capitale antara Lazio dan AS Roma atau derby Turin antara Juventus dan Torino. Namun derby Milan atau dikenal dengan Derby Della Madoninna memiliki sejarah dan rivalitas yang panjang. Berikut ini sejarah derby Milan yang selalu berlangsung sengit.

Beberapa dekade yang lalu, kota Milan hanya memiliki satu klub. Pada 16 Desember 1899, Alfred Edward mendirikan Milan Cricket and Football Club. Saat masih belum terpecah menjadi dua klub, klub ini pernah tiga kali memenangkan kejuaraan Italia yang masih berlaku sistem regional yakni pada 1901, 1906, dan 1907.
Sejarah persaingan klub sekota ini dimulai ketika anggota Milan FC memisahkan diri. Mereka memprotes terlalu banyaknya campur tangan dan pengaruh Inggris. Pada 9 Maret 1908, sekelompok pria Italia dan Swiss yang kerap bertemu di ruang belakang Restoran Orologio akhirnya bersepakat memisahkan diri. Dipimpin Giovanni Paramithhiotti, mereka membentuk klub baru Internazionale Milano. Nama “Internazionale” dipilih karena klub membuka diri terhadap siapapun untuk mencatatkan diri sebagai anggota.
Sejak itu, persaingan dua klub sekota dimulai. Pada lima tahun pertama, Milan FC masih mendominasi dengan serangkaian kemenangan. Dan baru terputus ketika Internazionale mengalahkan mereka 5-0 pada kejuaraan tahun 1910. Pada masa itu, Internazionale mulai populer disebut “Inter” saja. Karena berasal dari Milan, orang kemudian akrab menyebutnya Inter Milan. Nama itulah yang kemudian dikenal sampai sekarang. Inter kemudian banyak diasosiasikan sebagai klub bagi masyarakat menengah ke atas warga Milan. Adapun Milan FC —kemudian berubah jadi AC Milan— lebih banyak didukung masyarakat kelas pekerja.
Namun “kategorisasi” ini tak bertahan lama. Pada dekade 1980-2000-an ini, kian sulit membuat definisi tentang rivalitas mereka. Pendukung “Nerazzurri —julukan Inter— maupun “Rossoneri’, sebutan AC Milan, tak pernah betul-betul bisa diidentifikasi berdasarkan kelas sosial maupun lokasi geografisnya. Bahkan dalam satu keluarga warga Milan pun bisa terjadi perbedaan dukungan.

Kedua klub ini terus bersaing menjadi yang terbaik di Italia, Eropa, dan juga dunia. Di tingkat domestik, Inter unggul dari saudara tuanya dengan 29 gelar berbanding 27 gelar. Namun untuk tingkat Eropa, Rossoneri masih unggul dengan 14 gelar berbanding 6 gelar milik Nerazzurri. Begitu pun untuk trofi Piala Interkontinental atau Piala Dunia Antar Klub, Milan sudah meraih 4 sedangkan Inter baru 3. Hal yang tak bisa diraih Rossoneri tapi bisa dilakukan Nerazzuri adalah rekor quintuple atau lima gelar dalam satu musim. Pada musim 2009-10 Inter meraih lima gelar sekaligus yakni scudetto, Liga Champions, Coppa Italia, serta ditambah trofi SuperCoppa Italia dan Piala Dunia Antarklub.

Dalam rekor pertemuan di kancah Serie A atau top flight Italia, Inter Milan sedikit lebih unggul dengan 64 kemenangan, 52 seri dan sisa 59 laga dimenangkan AC Milan. Namun, secara keseluruhan, dari 274 pertemuan di berbagai even, baik itu yang resmi atau hanya sekelas persahabatan, Milan masih unggul atas Inter dalam head-to-head. Milan memenangi 107 laga, dan 72 partai berakhir seri. Sisanya [95 laga] menjadi milik Inter. Milan juga lebih produktif dalam menjebol gawang Inter dengan perbandingan total 432-404.
Tak jarang skor yang terjadi berlangsung mencolok seperti pada 2009 lalu saat Inter menaklukkan Milan dengan skor 4-0. Berikut ini skor derby yang berakhir besar untuk Milan dan Inter.

Milan

Inter
  • Milan 0–5 Inter -  6 Februari 1910 (Serie-A)
  • Inter 5-1 Milan - 17 Februari 1910  (Serie-A)
  • Inter 5-2 Milan -  22 Februari 1914 (Serie-A)
  • Inter 5-4 Milan  - 6 November 1932 (Serie-A)
  • Inter 6-5 Milan -  6 November 1949  (Serie-A)
  • Inter 5-2 Milan - 28 Maret 1965  (Serie-A)
  • Inter 4-0 Milan  - 2 April 1967  (Serie-A)
  • Milan 1–5 Inter - 24 Maret 1974 (Serie-A)
  • Milan 0–4 Inter -  29 Agustus 2009 (Serie-A)

8 komentar:

  1. KLIK DISINI untuk shio & nomor jitu

    BalasHapus
  2. Informative article, exactly what I needed.

    Feel free to surf to my web site :: clash of clan free gems No hack

    BalasHapus
  3. Ӏ ggo to see day-tο-day a feww sjtes and infoгmation sites tօ read posts, bսt this web sire offers feature based articles.


    Ӎy blog: fitted bedroom furniture (happyn.net)

    BalasHapus
  4. Yоur styyle is very unique compared to other folks І've read stuff
    from. I ɑppreciate you for posting ԝhen ƴou have the opportunity,
    Guess I'll јust book mark tҺis web site.


    Here is my weblog :: injustice hack download (diigo.com)

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)