Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 02 April 2012

Profil Andrea Stramaccioni, Bukan Andrea Hirata

Inter Milan akhirnya memecat Claudio Ranieri sebagai pelatih kepala, pada Senin 26 Maret 2012 waktu setempat. Posisi Ranieri lalu digantikan oleh pelatih tim Primavera Inter, Andrea Stramaccioni. Keputusan ini hanya berselang sehari setelah Inter ditaklukkan Juventus 0-2 dalam lanjutan Serie A.

Stramaccioni sempat aktif menjadi pemain. Namun, dia menderita cedera lutut serius dan terpaksa pensiun dini. Pria 36 tahun ini lalu melanjutkan karirnya sebagai pelatih.

Stramaccioni mengawali karir sebagai pelatih di tim junior AS Roma (Allievi level) pada 2005. Dia menghabiskan waktunya selama 6 tahun di tim Ibukota Italia itu, sebelum akhirnya menjadi pelatih Inter Milan Primavera pada 2011.

Di tim Inter Primavera, Stramaccioni langsung menuai kesuksesan. Pria kelahiran Roma ini membawa Inter Primavera menjuarai NextGen Series atau Liga Champions U-19.

Pada partai final di Matchroom Stadium, London, Minggu 25 Maret 2012, Inter mengalahkan Ajax Amsterdam 5-3 lewat adu penalti. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1 selama 120 menit. Pada hari yang sama, tim senior Inter justru dipermalukan Juventus 0-2.

Kesuksesan Stramaccioni menukangi tim Primavera Inter membuat dia dipromosikan ke tim senior menggantikan posisi Ranieri. Stramaccioni kini dihadapkan tugas berat. Dia dituntut memperbaiki performa Inter yang kini masih terpuruk di posisi 8. Inter tertinggal 10 poin dari Lazio yang menghuni posisi 3, yang merupakan jatah terakhir Liga Champions untuk musim depan.

Stramaccioni tercatat sebagai pelatih kelima Inter setelah ditinggal Jose Mourinho pada 2010. Setelah Mourinho hengkang ke Real Madrid dengan mewarisi gelar treble, Inter sempat ditukangi Rafael Benitez, Leonardo, Gian Piero Gasperini, dan Claudio Ranieri.

Debut Stramaccioni di Inter pun berbuah manis. Dia membawa La Beneamata meraih kemenangan 5-4 atas Genoa. Kita lihat apakah pelatih ganteng ini bisa membawa Inter menghuni zona Liga Champions.


15 komentar:

  1. hebat juga nih pelatih Andrea Stramaccioni!

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)