Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 27 April 2013

Mengenang Ceramah Uje: Pemabuk Juga Pasti Ingin Masuk Surga

Sosok rendah hati dan bijaksana itu telah tiada. Ustad Jeffry Albuchori  atau yang biasa disapa Uje telah meninggalkan kita semua. Jumat dini hari, 26 April 2013, Uje mengalami kecelakaan motor di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan.

Indonesia berduka. Banyak yang mengidolakan sosok ustad gaul ini. Isi ceramahnya begitu mengena dan mudah untuk diterima. Terkadang diselipi humor namun tetap mengena.

Alhamdulillah saya pernah menyaksikan ceramah beliau secara langsung. Saat itu di masjid Al Bakrie, Rasuna Epicentrum, 24 Januari 2013. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Uje sanggup mengemas ceramah dengan begitu interaktif dan menyenangkan.

Isi ceramah beliau saat itu masih lekat dalam ingatan saya. Ya, entah mengapa saya begitu ingat semua apa yang disampaikan beliau saat itu. Padahal kalau khutbah Jumat, beberapa jam yang lalu pun saya sudah lupa hehe.

Hadirin yang datang saat ceramah itu sebagian besar ibu-ibu dan ada juga anak-anak. Bukti Uje memang bisa diterima oleh semua kalangan.  Di tengah-tengah ceramah Uje melontarkan pertanyaan pada hadirin “Di sini siapa yang ingin masuk surga?”

“Semua orang juga ingin masuk surga. Malah pemabuk yang lagi sakau juga pasti ingin masuk surga. Ini cerita aja, temen. Bukan gue. Eh iya deh iya gue,” kata Uje.

“Ada temen lagi mabuk nanya ke temennya,” kata Uje dalam ceramah itu.

“Eh lu mau masuk neraka atau surga? Kata temen yang lagi sakau,”

“Ya gue walau gini juga mau masuk surga cooy, hikk,” Uje menirukan orang yang sedang mabuk.

Yah begitulah Uje. Dalam ceramah apa adanya. Namun begitu mudah diterima. Saat itu beliau bercerita sedikit mengenai masa lalunya yang kelam, yang sempat akrab dengan kehidupan malam.
Oh iya dalam ceramah itu juga Uje bercerita mengenai sosok Nabi Muhammad SAW. Nabi yang begitu mulia yang semua orang mencintainya dengan suri tauladan luar biasa.

Uje melontarkan pertanyaan pada hadirin, “Nabi Muhammad suka bohong atau tidak?” Hadirin menjawab serentak,” Tidak.” Kalau Uje??? Kata hadirin,”Sukaaaa..”

“Pengorbanan Rasulullah itu begitu luar biasa. Saat itu beliau sampai dilempari kotoran, dihina. Dakwah begitu berat. Kalau sekarang? Enak. Uje datang, disambut... Ujee... Tapi jangan nanti pas keluar dilemparin sepatu ya,”

Selamat jalan Uje. Semoga Engkau mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Aaamminn..

7 komentar:

  1. سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِمُ saya pribadi merasakan kehilangan yg sgt, smg alm. Diterima di sisiNya, آمِيّنْ... آمِيّنْ... يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّ سُبْحَانَ

    BalasHapus
  2. Subhanallah....Saya sayang kehilngan sekali sosok alm ustadz jefri al buchori...dia lah panutan kita,,,,begitu cepan beliau meninggalkan kita...semoga alm di terima di sisi allah swt aminn

    BalasHapus
  3. winda widiasari29 April 2013 23.21

    Ya namany jga orang yg soleh pasti d ambil ma Alloh lebih dlu kita za blm ttntu kya uje yg mninggalny husnulkotimah,,,selamat jaln uje moga amal ibdah mu dterima Alloh amin

    BalasHapus
  4. Semoga bermunculan uje uje yang lain yang menyeimbangkan kecintaan akan kasih sayang terhadap semua hamba Tuhan alam semesta Allah SWT yang semoga di tiap pribadi menjadi lebih santun dalam budi pekerti. Innalillahi wa Inna illaihi Roji'un. . .

    BalasHapus
  5. Subbhanallah.. Smga qta smua bsa mnjdi seprti uje..Mnggal dhari yg baik..
    smga amal ibadah uje dtrima disis Allah.. Amin

    BalasHapus
  6. Assalamualaykum.. Kalo melihat dokumentasi beliau serasa beliau masih ada,kangen dgn dakwah beliau yang khas... Smga beliau mendptkan t4 yg paling indah disiriNya.. Alfatihaah..

    BalasHapus
  7. Ya alloh trimalah amal dan ibadah uje, sya walaupun tak mengenal uje lebih dekat tpi uje klau ngaji dan ceramah nya sngt menyentuh hati sya• Sya dlu memeluk agma kristen katolik dan alhamdulilah sya sudah masuk islm• Slmat jaln uje smga amal dan ibadah mu di trima di sisi alloh awt

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)