Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 24 Juni 2013

Pengalaman Berkujung ke 5 Stadion di Inggris

Tiga tim Premier League, yakni Arsenal, Liverpool, dan Chelsea akan mengunjungi Tanah Air. Arsenal akan datang lebih dulu pada 14 Juli 2013, lalu disusul Liverpool tanggal 20 Juli, dan Chelsea tanggal 25 Juli. Kehadiran tiga tim ini tentunya diharapkan bisa memberikan banyak manfaat untuk sepakbola Indonesia.

Namun, sebelum tiga tim itu mendarat ke Indonesia, saya sudah berkesempatan menjajal markas mereka terlebih dahulu. Yang menarik di sana adalah adanya stadium Tour, sesuatu yang tak ada di stadion-stadion Indonesia. Jadi ada tarif untuk masuk stadion, dan di dalam stadion ada museum yang berisikan trofi juara, dan tentunya bisa menyaksikan stadion dari jarak dekat. Ruangan konferensi pers, kamar ganti home dan away juga bisa dinikmati oleh pengunjung. Dan tentunya kesempatan untuk berfoto dalam stadion. Sepertinya hal ini menarik juga bila bisa diterapkan di Indonesia, apalagi fans di sini tergolong fanatik. Bisa menambah penghasilan klub juga.

Ada apa saja di dalam tiga stadion itu. Kita mulai dari Stamford Bridge.

Bentuk stadion Stamford Bridge mungkin tidak terlalu mewah ya. Juara Eropa tapi qonaah. Hehe. Yang membuat menarik di sini adalah kehadiran tour guide. Dia itu bisa membuat suasana cair dan menyenangkan.

Semua pengunjung yang hadir duduk di tribun dalam stadion lalu diminta menjelaskan dari mana berasal dan mendukung tim mana. Dia juga menyindir beberapa rival. Bahkan sempat bilang "Tak masalah mendukung tim manapun asal bukan Juventus." Cerita lengkapnya ada di posting yang ini nih http://www.kumahaanjeun.com/2013/06/fc-internazionale-ada-di-stamford.html.




Lalu kita diajak ke ruangan konferensi pers Chelsea. Si tour guide nya seneng banget Chelsea bakal dilatih Jose Mourinho. Beberapa kali ngomong "We are champions of Europe". "Jose Mourinho will comeback, The Special One" kata gw dalam hato "iya deh iya, sakarepmu."

Lalu ada kamar ganti tandang Chelsea. Kamarnya sederhana banget. Si tour guide nya malah bilang "ini mah bagus. Kalo kamar ganti Arsenal kayak penjara" Hahahaa.. padahal pas kita ke Emirates ternyata bagusan Emirates tuh.

Kamar ganti home, berjajar semua jersey pemain dan tak lupa jersey The Special One, Jose Mourinho.







Di museum Chelsea ini tidak ada trofi juara yang dipamerkan. Mungkin karena koleksi trofinya baru dikit. Yah juara Liga Champions juga baru kemaren. Beda lah ama Inter yang udah jago dari jaman dulu #ups.

Tak ketinggalan ada megastore Chelsea. Di sini ada pernak-pernik dari mulai syal, gantungan kunci, dan juga jersey. Harganya ada yang wah, tapi beberapa juga ada yang sale kok.



Lanjut ke Emirates dulu kali ya...
Ini dia markas tim 8 tahun tanpa gelar, Arsenal. Stadionnya kalo untuk level klub, mungkin ini yang paling megah di Inggris, serius. Yah sayang aja stadion udah keren tapi trofinya paceklik hehe.

Di sini tidak ada tour guide seperti di Stamford Bridge. Jadi kita hanya mendengarkan ipod dan berjalan 
sendiri di sekitaran stadion.





Pameran trofi juara? Ada dong. Bahkan saking kurangnya trofi, Emirates Cup juga dipamerin. Beneran. #pukpuk buat fans Arsenal. Dan Arsenal sepertinya belum bisa move on dari sosok Robin van Persie. Di lorong ganti The Gunners masih ada foto RvP yang tengah merayakan gol.


Trofi Emirates Cup dipamerin juga saking jarang juara

Belum bisa move on dari Van Persie




Sama seperti di Stamford Bridge, kita juga bisa mengunjungi kamar ganti tandang, kandang, lalu tempat konferensi pers, dan juga tempat wawancara yang biasa dilakukan reporter Sky. Saya sempat bergaya seolang-olah sedang wawancara. Rekor 49 laga tak terkalahkan Arsenal juga ada loh. Ini kebanggaan banget ternyata, lengkap dengan seluruh pertandingannya.



Rekor 49 laga tak terkalahkan Arsenal

Okey lanjut aja kali ya ke Anfield. This is Anfield.
Ini adalah klub yang bersejarah di Inggris. Klub Inggris dengan trofi Liga Champions terbanyak. Jadi yah di museumnya juga koleksi trofinya banyak bener.



Ini tour guide Liverpool


Di sini ada tour guide nya juga. Tapi ga sekocak yang Chelsea sih, datar banget ini mah hehe. 
Oh iya kalo soal Liverpool kayaknya ga usah panjang lebar deh. soalnya saya sempat bahas di postingan sebelumnya http://www.kumahaanjeun.com/2013/06/fc-internazionale-ada-di-stamford.html.

Dua lagi stadion yang saya kunjungi adalah Old Trafford dan Wembley. Namun ini tidak masuk ke dalam dan hanya melihat di luar. Di setiap stadion ada megastore yang menjual pernak pernik resmi klub, walau yah made in china juga sih :D

Old Trafford mantep, keliatan megah dari luar. Ada kakek-kakek mirip Sir Alex Ferguson jualan syal di luar. Fergie pensiun langsung jualan syal hehe





Loncat di stadion Wembley


Oh iya ada yang kelupaan, ada pengalaman menarik terkait rivalitas Arsenal dan Manchester United.
Di suatu tempat di London, saya ingin membeli syal MU pesenan bos saya. Dan secara tidak sengaja bertemu dengan fans Arsenal. jeng jeng

Dia langsung bilang "You should't buy MU. You must buy this (sambil nunjuk syal Arsenal)"
Me: "No no it's just for my friend"
Dia ngomong lagi "Oh it's okay if it for your friend. But you must buy this (sambil nunjuk syal Arsenal). You must support Arsenal, not United."

Langsung si bule ngeloyor pergi. Dalam hati "untung ga diapa-apain gue." wkwkwkw

Kesimpulan dulu deh
1. Stamford Bridge. Yang menarik saat Stadium Tour adalah tour guide nya. Kalo stadionnya standar. Malah lebih mirip bangunan pertokoan. Lemari trofi juga ga ada di museumnya.
2. Emirates. Ini stadion yang paling megah. Hanya sayang tidak ada tour guide seperti di Chelsea. Pokonya stadion keren banget, yang kurang cuma trofi.
3. Anfield. Di sini kehebatan Liverpool di masa lalu begitu terasa. Trofi juara berjejer rapi, keangkerannya ada.
4. Old Trafford. Stadion bersejarah dan oke punya. Tapi saya ga masuk ke dalam, jadi no comment lah
5. Wembley. Walau hanya melihat dari luar, tapi kemegahannya terasa 


7 komentar:

  1. woa senangnya bisa tour eropa, apalagi bisa mampir ke stadion-stadion legendaris
    salam kenal
    conietta.blogspot.com

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)