Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 04 Juni 2013

Italia Belum Pernah Juara Tanpa Pemain Inter

Skuad akhir untuk Piala Konfederasi 2013. Dan lagi-lagi tak ada pemain Inter Milan dalam skuad Gli Azzurri. Pelatih Cesare Prandelli mencoret Andrea Ranocchia dari skuad. Ini untuk kali ketiga secara berturut-turut Italia tidak diwakili oleh satu pun pemain Inter. Sebelumnya tak ada pemain La Beneamata dalam Piala Dunia 2010 dan Euro 2012.

 Bagaimana hasilnya? Di Piala Dunia 2010, Italia selaku juara bertahan gagal lolos penyisihan grup. Pada Euro 2012 meskipun berhasil lolos ke final, pada akhirnya harus dipermalukan Spanyol 0-4. Sesuai namanya Internazionale memang lebih menginternasional dengan banyak pemain asing.

 Namun bukan berarti Inter tak pernah menyumbang untuk Italia. Faktanya no, Inter no party. Dari 5 turnamen besar yang dimenangkan Italia, semuanya ada kontribusi pemain Inter. Italia belum pernah juara tanpa pemain Inter.

 1. Piala Dunia 1934 

Dalam turnamen ini, Italia memiliki 4 pemain Inter yakni Luigi Allemandi, Armando Castellazzi, Attilio Demaria, Giuseppe Meazza. Meazza menjadi andalan utama pelatih Vittorio Pozzo dan sukses menyumbangkan dua gol. Sementara Allemandi begitu diandalkan di lini belakang.

 2. Piala Dunia 1938
Kali ini ada 5 pemain Inter yakni Giovanni Ferrari, Pietro Ferraris, Ugo Locatelli, Giuseppe Meazza, Renato Olmi. Meazza bertindak sebaai kapten tim. Peran Ferrari dan Locatelli juga begitu signifikan dalam membaa Italia juara untuk kali kedua.

 3. Piala Eropa 1968 Keberhasilan Italia merebut Piala Eropa satu-satunya hingga saat ini, tak bisa terlepas dari pemain Inter. Tercatat ada 4 pemain La Beneamata yang menghiasi skuat Ferruccio Valcareggi. Mereka adalah Tarcisio Burgnich, Angelo Domenghini, Giacinto Facchetti, dan Sandro Mazzola. Saat itu Facchetti bertindak sebagai kapten tim dan menjadi kunci rapatnya pertahanan Italia. Mazzola adalah sang kreator serangan di lini tengah.

 4. Piala Dunia 1982
Ada 5 pemain Inter yang membawa Italia menjadi juara dunia untuk kali ketiga. Pemain itu adalah Giuseppe Bergomi, Giampiero Marini, Ivano Bordon, Gabriele Oriali, dan Alessandro Altobelli. Bergomi adalah andalan Gli Azzurri di posisi bek kanan. Oriali diandalkan sebagi gelandang bertaha, Alobelli ikut mencetak 1 gol di partai final kontra Jerman Barat. 

5. Piala Dunia 2006
 Ini satu-satunya momen Italia juara yang saya saksikan langsung. Waktu Italia juara sebelumnya saya belum lahir, hehe. Di sini hanya ada satu pemain Inter yaitu Marco Materazzi. Namun peran dia begitu penting di partai final melawan Prancis. Dia mencetak gol penyama kedudukan dan juga mencetak gol saat adu penalti. Yang tak bisa dilupakan adalah provokasinya terhadap Zinedine Zidane. Meski tindakannya tak bisa dibenarkan, kartu merah yang diterima Zidane adalah salah satu kunci Italia bisa memenangkan pertandingan 

Satu lagi adalah Fabio Grosso. Meski masih tercatat sebagai pemain Palermo, namun dia sepakat bergabung dengan Inter setelah Piala Dunia. Peran Grosso begitu penting. Dia membuat Italia mendapat hadiah penalti saat melawan Australia, dan mencetak gol pembuka Italia di masa extra time saat melawan Jerman.

5 komentar:

  1. statiskik yang tak terbantahkan.. TIAMO

    BalasHapus
  2. Igoy Prayoga19 Juni 2013 17.18

    No Inter No Party

    BalasHapus
  3. Semua orang tau, hanya pemain terbaik yang dipanggil ke tim nasional.... Kalo memang pemain Inter Milan asal Italia mainnya bagus.... Pasti masuk Timnas.... Jadi jangan salahin pelatih timnasnya.... Toh Ranocchia sudah masuk training camp.... Setelah semua membela negara, pasti faktor klub asal jadi nomer kesekian, liat saja timnas Spanyol.... Dominasi Rival Barca dan Madrid jadi tak terbantahkan..... Intinya hanya pemain yg terbaik dan pantas yg bisa membela timnas....

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)