Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 16 Oktober 2013

Antara Inter dan Timnas Argentina

Inter adalah klub yang berasal dari Italia. Idealnya, tim ini diperkuat oleh pemain asal Italia. Namun, faktanya tidak demikian. Justru pemain Inter lebih banyak yang berasal dari luar Italia, terutama Argentina.

Bicara mengenai sejarah, hal tersebut sebenarnya tidak aneh. Internazionale Milan didirikan pada 9 Maret 1908. Sesuai namanya "Internazionale" klub ini memang didirikan untuk memberikan kesempatan para pemain asing untuk bergabung.

Dalam skuad Inter musim ini, hanya ada 3 pemain Italia: Luca Castellazzi, Marco Andreolli, dan Andrea Ranocchia. Dari ketiganya, hanya Ranocchia yang beberapa kali membela Gli Azzurri, itu pun beberapa kali hanya menjadi cadangan.

Argentina justru begitu kental dalam skuad La Beneamata musim ini. Saat ini ada 9 pemain asal Argentina yang membela tim Biru Hitam: Javier Zanetti, Rodrigo Palacio, Ricardo Alvarez, Mauro Icardi, Hugo Campagnaro, Esteban Cambiasso, Diego Milito, Walter Samuel, dan Juan Pablo Carrizo.

Apakah mereka membela timnas Argentina?
Menengok 2 laga Pra Piala Dunia terakhir melawan Peru dan Uruguay, ada 3 pemain Inter yang dipanggil Albiceleste. Hugo Campagnaro dan Rodrigo Palacio tampil penuh 90 menit saat melawan Uruguay. Palacio bahkan kini selalu menjadi langganan di lini depan Argentina. Satu gol dia cetak saat melawan Peru? Carlos Tevez? Tidak dipanggil tuh.


Sementara itu Mauro Icardi melakoni debutnya bersama Timnas Argentina saat menghadapi Uruguay pada 15 Oktober 2013. Dia masuk menggantikan Augusto Fernandez menit ke-82.




Sejarah Argentina di Inter
Mungkin Interisti tak asing dengan nama Helenio Herrera. Ya, pria kelahiran Buenos Aires, Argentina ini adalah salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki Inter. Membesut Nerazzurri pada 1960-1968 dia membentuk La Grande Inter, tim yang disegani di Italia, Eropa, dan dunia internasional.


Torehan gelar Herrera di Inter: 3 Scudetti Serie A 1962-63, 1964-65, 1965-66, 2 European Cup (Liga Champions) 1963-64, 1964-65, 2 Piala Intercontinental 1964-65.

Masih belum puas?
Coba lihat siapa pemain yang paling banyak memperkuat timnas Argentina. Tak lain dan tak bukan adalah Javier Zanetti. Zanetti telah 145 kali membela Albiceleste dengan torehan 5 gol. Di bawahnya ada Roberto Ayala yang 115 kali membela Argentina. Tepat di bawah Ayala ada eks pemain Inter lain, Diego Simeone. Pelatih Atletico Madrid ini tampil 106 kali bersama Argentina.

Pemain aktif saat ini dengan caps terbanyak adalah Javier Mascherano: 93 penampilan masih jauh di bawah Zanetti. Lionel Messi? Baru 83 penampilan.

Pencetak gol terbanyak Argentina saat ini juga pernah membela Inter. Gabriel Batistuta dengan torehan 56 gol dari 78 penampilan bersama Argentina. Batistuta sempat membela Inter pada 2003 sebagai pemain pinjaman dari AS Roma. Dia menyumbangkan 2 gol dari 12 penampilan untuk Inter.

Di bawah Batistuta ada Lionel Messi. Namun striker Barcelona ini baru mencetak 37 gol dari 83 penampilan. Masih perlu kerja keras untuk menyamai rekor gol Batistuta.

Tepat di bawah Messi ada Hernan Crespo. Memang gol Crespo untuk Argentina hanya 35, di bawah Messi. Namun, Crespo hanya butuh 64 laga untuk mencetak 35 gol sedangkan Messi perlu 83 pertandingan untuk 37 gol. Siapa yang lebih hebat?

Crespo membela Inter pada 2002-03, lalu kembali memperkuat Inter pada 2006 hingga 2009.



10 komentar:

  1. artikel sangat bagus,, trimakasih sudah berbagi infonya

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)