Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 03 Januari 2015

Cirebon-Jakarta dengan 7 Kereta Berbeda

Sebagai yang menjalani Long Distance Marriage, saya beberapa kali bolak-balik Jakarta-Cirebon. Paling enak ke Cirebon itu naik kereta api, karena hanya 3 jam dan cukup nyaman juga.

Untuk kereta, ada banyak pilihan loh menuju Cirebon. Kereta-kereta ke Jawa rata-rata lewat Cirebon. Ternyata saya sempat menggunakan 7 kereta berbeda dan juga sekali naik bus. Berikut rinciannya:

1. Cirebon Ekspress
Ini kereta pertama yang saya gunakan saat ke Cirebon. Waktu pertama ke Cirebon saat belum menikah saya pakai kereta ini. Dari Stasiun Gambir menuju Cirebon Kejaksan. Saya beberapa kali menggunakan kelas bisnis. Tarifnya dulu ada yang Rp100 ribu, tapi sekarang paling murah 130ribu uy.

2. Purwojaya
Ini kereta api dari stasiun Gambir menuju Cilacap. Saya sempat menggunakan kereta ini yang eksekutif. Tapi telat satu jam. Keretanya bagus, ada desain batiknya.

3. Argo Jati
Untuk yang ingin merasakan kereta eksekutif denga tariff yang tidak terlalu mahal, bisa coba ini. Dulu dapat 150 ribu, tapi sekarang jadi 180ribu. Keretanya bagus dengan bagasi mirip dengan pesawat terbang.

4. Tegal Arum
Nah, kereta ekonomi ini asyik buat yang punya uang pas-pasan. Hanya Rp25ribu. Tapi sayang sejak 2015 naik jadi 55ribu. Berangkat dari Jakarta Kota menuju Cirebon Prujakan. Kelemahannya, sehari hanya sekali jalan, jadi tidak terlalu banyak pilihan. AC dingin, walaupun ekonomi tapi recommended.

5. Gaya Baru Malam
Kereta ekonomi lain yang bisa jadi alternatif buat ke Cirebon. Tarif dulu 55ribu, tapi sekarang yang paling murah 80ribu. Dulu berangkat dari Jakarta Kota, jadi pindah ke Pasar Senen.

6. Tegal Ekspress
Kalau ga cocok dengan jadwal KA Tegal Arum,  bisa coba kereta Tegal Ekspress. Berangkat dari stasiun Pasar Senen. Alhamdulillah tarifnya tahun ini masih ada yang 55 ribu.

7. Bengawan
Alternatif lainnya kereta ekonomi Bengawan. Berangkat jam 12 siang dari Pasar Senen.

8. Naik bus
Saya sempat sekali naik bus ke Jakarta dari Cirebon. Ternyata lama banget ya, ampe 9 jam. Banyak pengamen pula. Not recommended hehe. Turunya di Terminal Pulogadung. Yang paling enak tetap naik kereta untuk ke Cirebon.

18 komentar:



  1. nice post....
    article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
    maju terus sob,,,
    kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
    dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
    oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
    Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
    yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

    BalasHapus
  2. artikel sangat bagus,, trimakasih sudah berbagi infonya

    BalasHapus

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)