Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 03 Juni 2017

Mudah dan Indahnya Berpuasa di Indonesia

Tak terasa, saat tulisan ini ditulis Ramadan tahun ini sudah memasuki hari ke-8. Bagaimana puasa kalian? Lancar kan? Alhamdulillah kalau lancar.

Sebagai umat Muslim, kita harus bersyukur bisa menjalankan ibadah puasa di Indonesia. Sebab, berpuasa di Tanah Air tergolong mudah.

Waktu berpuasa di sini tergolong singkat. Pukul 04.30 kita mulai berpuasa dan jam 18.00 kurang sudah bisa berbuka. Kurang lebih hanya 13 jam.

Kita juga berpuasa di negara mayoritas. Semua menghormati orang yang berpuasa. Tak akan kita melihat jajanan yang menggoda di pinggir jalan, atau orang yang makan di depan kita.

Cuaca di sini juga sangat mendukung. Tak terlalu panas dan terlalu dingin. Ditambah, tajil gratisan di berbagai masjid. alangkah indahnya puasa di negeri ini.

Coba bayangkan jika kita harus berpuasa di Inggris. Dulu saya punya pengalaman ke London. Di sana, azan subuh jam 3 dan magrib baru jam 9 malem. Wow, panjang sekali kalau berpuasa.

Ditambah, cuaca di sana juga saat ini memasuki musim panas. Muslim di saja juga harus kuat-kuat menahan godaan melihat orang lain yang tidak berpuasa, karena hanya menjadi minoritas.

Waktu berpuasa terpanjang di dunia adalah di Islandia. Bayangkan, di sana harus berpuasa 21 jam. Hanya ada waktu yang singkat untuk berbuka, sahur, dan shalat tarawih.

Jadi, mari kita banyak-banyak bersyukur, karena oleh Allah diberi banyak kemudahan. Jadikan Ramadan ini kesempatan untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya, karena tak ada jaminan kita bakal bertemu dengan Ramadan selanjutnya.

1 komentar:

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)