Evolusi Jersey di Sepakbola


Penulis: Adrian Ratmadi

Jersey di dalam sepakbola dulu mungkin hanya sebagai pelengkap atau pun pembeda bagi kedua kesebelasan yang bertanding.

Namun seiring berjalannya waktu, seragam tempur menjadi semakin penting kehadirannya dalam kancah sepakbola. Karena jersey bisa menjadi tambang uang bagi sebuah klub di zaman now.

Jersey milik mega bintang macam CR7, Neymar ataupun Lionel Messi bisa menghasilkan uang jutaan euro bagi klub nya masing-masing. Jersey berevolusi dari tahun-ketahun mengikuti perkembangan jaman. Warna, corak, motif ,dan material bahan baku pun ikut berkembang.

Ketika permainan sepakbola mulai populer di abad ke-18, kostum bukanlah hal yang diwajibkan. Para pemain bisa menggunakan pakaian apa saja ketika bertanding. Konon, banyak masyarakat di periode itu yang menggunakan kain wol sebagai kostum meski tergolong cukup berat. Warnanya pun bermacam-macam.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kain wol dianggap tidak sesuai untuk digunakan sebagai seragam sepak bola lantaran terlalu berat dan membebani para pesepak bola jika terkena air ataupun keringat.

Sebagai salah satu cara untuk mengatasi problem tersebut, kain katun dipilih sebagai alternatif. Bahannya yang ringan dan mudah dibentuk, pada akhirnya membuat katun begitu populer untuk digunakan sebagai kostum sepakbola.

Namun lagi-lagi, perkembangan zaman dan juga teknologi, membuat para produsen perlengkapan olahraga, macam Adidas, NewBalance, Nike dan PUMA, melakukan sejumlah riset untuk mencari bahan yang lebih ringan dan nyaman untuk digunakan para pesepak bola.

Realita ini pula yang membawa kita, di hari ini, mengenal bahan dri fit, lycra dan sejenisnya, sebagai bahan untuk membuat kostum sepak bola. Bahan-bahan sintetis tersebut memang punya keunggulan masif dibanding bahan-bahan yang dipergunakan untuk merancang kostum sepak bola puluhan tahun yang lalu.
Salah satu unsur yang membuat jersey sebuah klub tampak begitu menarik dan layak dikoleksi oleh para suporter adalah desainnya yang unik. Dari masa ke masa, perkembangan desain jersey pun semakin menggeliat.

Jika dahulu mayoritas jersey berwarna polos dan berbentuk biasa, maka hari ini, kita bisa melihat bentuk yang berlainan dari setiap kostum. Misalnya saja garis sash yang melintang dari bagian pundak ke pinggang sehingga mempercantik tampilan kostum, bentuk kerah yang berlainan (bulat atau v-neck), adanya watermark atau grafis tertentu yang muncul di jersey dan masih banyak lagi.

Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir, penikmat sepak bola kerap kali mencibir desain banyak apparel raksasa dunia yang menyuplai kostum dengan desain template bagi banyak klub. Praktis, perbedaan yang tampak hanya dari warna, sponsor dan emblem.

Sebagaimana fungsi pakaian pada umumnya, kostum sepak bola juga digunakan para pesepak bola untuk melindungi tubuh agar senantiasa merasa nyaman. Ketika cuaca panas, para pemakainya tetap merasa nyaman. Sementara di keadaan dingin, pemakainya merasa hangat.

Meski dibuat dan dirancang sedemikian rupa agar kostum sepak bola sesuai dengan aktivitas yang dilakukan, fungsi utama dari kostum takkan pernah melenceng jauh dari apa yang dipaparkan di paragraf sebelumnya. Dan dengan warna yang berlainan, fungsi membedakan antara dua kesebelasan yang bertanding pun dapat dilakukan.

Segala perubahan dari tiga unsur tersebut juga membawa pencinta sepak bola merasakan momen dan era yang berlainan. Kostum-kostum nyentrik di era 1970-an dan 1980-an, adalah cenderamata yang punya aroma historis luar biasa. Pun begitu dengan jersey yang ngetop di era 1990-an, menjadi sesuatu yang punya estetika tinggi bagi mayoritas khalayak.

Dinamika permainan sepak bola memang menjadi suatu keniscayaan, baik dari sisi taktikal, aturan dan juga teknologi yang ada di dalamnya. Hal itu juga yang membuat unsur pelengkap, dalam hal ini kostum, juga merasakan hal yang sama. Berevolusi secara perlahan namun pasti.

Untuk mendapatkan produk jersey tim Eropa atau Timnas yang popular dan akan mengikuti piala dunia 2018 di Russia nanti @deluzjersey bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin mengoleksi jersey tersebut.

Harga yang bersahabat menjadi faktor pembeda dari penjual jersey lainnya.


17/18 Official : LA galaxy A S M L XL (75rb) Khasima S M L XL (75rb) Urawa red S M L XL(75rb) Gamba osaka S M L XL (75rb) Newyork city S M L XL (75rb) Roma 3rd S M L XL (75rb) Tot 3rd S M L XL (75rb) Inter 3rd S M L XL (75rb) City 3rd S M L XL (75rb) ATM 3rd S M L XL (75rb) Barca 3rd S M L XL(75rb) Psg 3rd S M L XL (75rb) Chelsea 3rd S M L XL (75rb) Chelsea home S M L XL (75rb) Arsenal Home S L (75rb) Mu home S M L XL (85) Mu away S M (85) Mu 3rd S M L XL(75) MU GK S M L XL (75) Totenham H S M L XL (75) Barca Home S M L XL (85) Barca away M L XL (75) Milan H M (75) Milan A S M L XL (75) Milan 3rd L XL (75) Madrid H S M L XL (85) Madrid A S M L XL (85) Madrid 3rd S M L XL (75) Juve 3rd S M L XL (75) Munchen H L(75) Polo CLUB @60rb MU biru (S) KIDS : (85rb) Barca H KIDS : (80rb) MU A Madrid H Inter H Milan H Celana 17/18 : M L XL @40 Chelsea 3rd Madrid H Madrid 3rd ATM Away MU 3rd Juve 3rd Chelsea home Arsenal home Arsenal away Barca 3rd ATM 3rd Psg 3rd Roma 3rd Tot 3rd Celana grade ori @45rb -puma hitam -nike -adidas strip putih Celana grade ori @50rb -under armour kantong -nike kantong JAS HUJAN adidas/nike @70rb -Hitam -merah -orange -ungu -tosca -silver -hijau stabilo -navy -benhur -turkish -marun -transparan OBRAL @80rb (S M L XL) -jaket juventus putih -jaket inter putih #listjualan #listjersey #jualjersey #jualjerseymurah #jaketgo #jaketgradeori #jualjaketbola #jaketbola
A post shared by Jersey Deluz (@deluzjersey) on

Komentar

Posting Komentar

ada komentar? silakan tuliskan.. hatur nuhun
(kalo yg nggak punya blog pilih yang name/URL, URL-nya dikosongin aja, okay?)

Postingan populer dari blog ini

Lagu-lagu Bobotoh Persib di Stadion

Pre-Season

Serunya Bisnis Online Jersey Bola